Info Kuliner

Mantabnya Kopi Joss ala Lik Man Samping Stasiun Tugu

Info Kuliner – Jangan pernah menyebut diri anda sebagai pecinta kopi sejati kalau belum pernah mencoba Kopi Joss ala Lik Man. Walaupun...

Written by Yoko Widito · 1 min read >
kopi-joss-yogyakarta

Info Kuliner – Jangan pernah menyebut diri anda sebagai pecinta kopi sejati kalau belum pernah mencoba Kopi Joss ala Lik Man. Walaupun tempatnya sederhana tapi angkringan ini seringkali menjadi tempat para tokoh terpandang di Indonesia melewatkan malam nya di Yogyakarta.

10 Hal Ini Yang Bikin Yogyakarta Terlalu Istimewa Untuk Dilupakan-1

Lik Man bernama asli Siswo Raharjo, ia adalah putra Mbah Pairo, pedagang angkringan pertama di Yogyakarta sekaligus angkringan legendaris karena sudah buka dan berjualan sejak tahun 1950. Warung yang dulunya disebut dengan “ting ting hik” dan mempunyai konsep angkringan yang memiliki maksud nangkring alias duduk duduk santai ini kemudian banyak ditiru oleh pedagang lainnya hingga menjamur seperti sekarang ini. Lik Man sendiri mulai berjualan pada tahun 1969.

Kopi Jos Lik Man

kopi-joss-yogyakarta

Ada banyak menu yang disajikan disini, mulai dari nasi kucing dengan lauk oseng oseng tempe dan sambal teri hingga gorengan. Makanan tradisional jadah juga bisa anda dapatkan disini. Namun yang paling spesial adalah Kopi Joss yang harganya tidak lebih dari Rp. 5ribu. Walapun harganya yang murah, tapi yang anda dapatkan adalah kopi nikmat kelas dunia, karena kenikmatan kopi ini sudah mendunia. Di luar negeri Kopi Joss ini terkenal dengan nama The Charcoal Coffe.

Kopi ini terasa sangat istimewa, karena menggunakan biji kopi yang berasal dari sekitar Jogja dan diolah dengan cara yang tradisional. Biji kopi disangrai sebelum ditumbuk halus, kemudian disimpan dalam tempat yang tertutup rapat untuk mempertahankan rasa dan aroma kopi.

Air yang digunakan untuk menyeduh pun juga dimasak dengan menggunakan arang, sehingga menciptakan aroma rasa yang berbeda dibandingkan memasak dengan cara yang lain.

Baca jugaTempat Wisata di Pangandaran yang Wajib di Kunjungi

Selanjutnya yang membuat kopi ini menjadi semakin spesial adalah, setelah selesai menyeduh kopi dengan air panas, Lik Man kemudian mengambil sebuah arah yang menyala panas kemudian dimasukkan ke dalam gelas kopi. Sebelum dimasukkan ke dalam gelas, Lik Man mengetuk ngetukkan arang sehingga debu arang yang menempel bersih seluruhnya. Disinilah akan terdengar bunyi Jossss yang cukup jelas, konon inilah sebabnya mengapa kopi ini bisa dinamakan Kopi Joss.

Manfaat Untuk Kesehatan

kopi-joss-yogyakarta-1

Ternyata Kopi Joss ini juga membawa dampak kesehatan bagi tubuh. Arangyang dimaksudkan agar kopi panas lebih awet ternyata dapat menetralisir kandungan kafein dalam kopi dan dapat menghilangkan kembung serta sakit perut. Penelitian ini sendiri dilakukan oleh para Mahasiswa dari UGM.

Ini dikarenakan arang yang dibakar pada suhu tinggi akan merubah arang menjadi karbon aktif. Karbon aktif sendiri sudah banyak dikenal sebagai obat alami untuk menangkal racun, karena sifatnya yang mengikat kafein, polutan dan racun yang ada di dalam secangkir Kopi Joss. Karbon aktif ini juga akan masuk ke dalam tubuh sehingga dapat mengikat racun dan polutan yang ada di dalam tubuh juga.

Nah, daripada mengkonsumsi obat arang, lebih baik minum Kopi Joss yang lebih nikmat ini bukan?

sang-legenda-ronde-yogya-2

Sang Legenda Ronde Jogja, Mbah Payem

Dwi in Info Kuliner
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *