Info Kuliner

Makanan Khas Riau Yang Tidak Ada Di Kota Lain

Makanan khas harus dimiliki oleh setiap provinsi dan budaya masyarakat di Indonesia. Mulai dari membuatnya mudah hingga sulit. Makanan atau masakan khas...

Written by Bambang Winarso · 2 min read >
ikan selais pedas

Makanan khas harus dimiliki oleh setiap provinsi dan budaya masyarakat di Indonesia. Mulai dari membuatnya mudah hingga sulit. Makanan atau masakan khas pada umumnya memang berasal dari daerah tetapi ada juga dari adopsi daerah lain yang dicirikan oleh daerah tersebut.

Sama seperti hidangan dan makanan khas Jawa, Batak, Bugis, Minang, orang Riau yang umumnya dikenal Melayu juga memiliki makanan atau hidangan khas, termasuk:

1.Sup Tunjang

sup tunjang riau

Ke Riau tidak lengkap jika kita belum mencicipi Sum Tukung di Pekanbaru. Sup ini memiliki saus yang sangat lezat dengan potongan sayuran lengkap dan bawang goreng yang melimpah. Jangan lupa daun bawang yang diiris tipis juga mewarnai kaldu sup ini. Yang istimewa adalah tulang dalam sup yang berlimpah dibungkus dengan daging lunak.

Toko sup Tokong paling terkenal di Riau adalah Sup Tukung Pertama yang terletak di Jalan Pinang I no 36, Wonorejo, Pekanbaru. Dikatakan bahwa ini adalah kedai minuman yang paling legendaris di Riau untuk mencicipi Sup Tukung. Untuk menambah rasa sup ini, kita bisa memberikan saus sambal yang disediakan oleh pemilik warung. Harganya Rp 17 ribu per porsi.

2.Asam Pedas Baung

asam-pedas-ikan-baung

Ikan baung biasanya digoreng dulu sebelum diberi saus santan yang memiliki rasa pedas dan asam. Bumbunya sendiri menggunakan berbagai bumbu seperti bawang, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, dan serai serta cabai dan tomat. Rasa asam dihasilkan dari penggunaan candis atau air asam sebagai perendam dan ikan.

Hidangan ikan baung pedas dan asam ini biasanya disajikan dengan kembang kol dan udang goreng dan jangan lupa nasi yang masih panas. Kita bisa menikmati kuliner ini di Pondok Pedas Pedas Baung di Jalan Jend Sudirman, Tengkerang Tengah, Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau. Letaknya di tengah kota sehingga mudah dijangkau.

3.Mie Tarempa

mie tarempa-infomudah

Tidak kalah pedas dan gurih dari kuliner sebelumnya, mie tarempa juga termasuk dalam deretan makanan khas Riau dengan rasa pedas dan sering dicari oleh wisatawan.

Mie tarempa sendiri adalah mie datar yang biasanya dimasak dengan campuran tuna dan kecambah yang dibumbui dengan bumbu pedas ala Riau. Mie ini sendiri memiliki tiga jenis olahan yaitu tarempa kering, basah dan lembab.

Satu porsi Mie Tarempa biasanya dihargai Rp. 20 ribu. Sebenarnya, kuliner ini khas dari Kabupaten Anambas dan Tanjung Pinang, jadi jika Anda ingin mencicipi hidangan asli, Anda bisa datang ke sana. Jika Anda tidak ingin repot, kita dapat membelinya di Gempa Mie Sungai di Komplek Graha mas Blok J No. 10-11, Sei Panas, Sungai Panas, Kota Batam.

4.Roti Jala

roti jala riau

Roti jala adalah hidangan yang sering menghiasi meja orang Riau saat pernikahan dan acara penting. Roti jala ini berbentuk adonan tepung terigu yang berbentuk seperti jaring dan kemudian dipadatkan seperti roti biasa. Hidangan ini biasanya disajikan dengan keripik ayam dan sambal atau kaldu santan lainnya. Hidangan ini disajikan oleh berbagai restoran khas Riau.

5.Ikan Selais Pedas

ikan selais pedas

Orang-orang Riau biasa suka kuliner gurih dan pedas. Ikan Selais Asap Pedas yang sering menjadi oleh-oleh wisatawan biasanya diolah menjadi kuliner super pedas. Ikan Selais Asap Pedas sering menjadi makanan pendamping utama sehingga tidak terlalu banyak restoran yang menjadikan kuliner ini sebagai menu utama. Tetapi setiap restoran harus memiliki menu ini. Jadi kita masih bisa memesan menu ini.

6.Mie Sagu

mie sagu riau

Namanya juga mie sagu, mie ini memang dibuat dari tepung sagu yang dibuat di daerah Selatpanjang, Riau. Mie ini biasanya diproses dengan berbagai sayuran seperti wortel yang diiris tipis, sawi, kecambah, dan daging. Rasanya manis dan pedas. Agar pengunjung dapat merasakan tingkat pedas yang disukai, pengunjung dapat meminta tambahan irisan cabai hijau yang biasanya menjadi pendamping mie ini. Mie ini jarang ditemukan di daerah lain, jadi jika Anda ingin mencicipinya, Anda harus pergi ke daerah Selatpanjang di kabupaten Pulau Meranti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *