Info Kuliner

10 Makanan tradisional Jepang yang paling terkenal

Makanan tradisional Jepang sangat terkenal karena variasi menunya yang sangat beragam dan rasanya yang khas.Yang paling menarik dari makanan Jepang adalah tampilannya...

Written by Bambang Winarso · 3 min read >
tempura-makanan-tradisional-jepang-infomudah

Makanan tradisional Jepang sangat terkenal karena variasi menunya yang sangat beragam dan rasanya yang khas.Yang paling menarik dari makanan Jepang adalah tampilannya dan penataannya yang sangat cantik dan mengundang selera. Berikut adalah 10 Makanan tradisional Jepang yang paling terkenal :

1.Sushi

sushi-makanan-tradisional-jepang-infomudah

Sushi adalah salah satu makanan pertama yang terlintas dalam pikiran ketika kita berpikir tentang masakan Jepang karena Popularitasnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Kata ‘sushi’ artinya makanan yang dibuat dengan nasi Jepang yang telah dibumbui dengan cuka beras. Ada beberapa jenis sushi yang umum yaitu makizushi merupakan nasi sushi dan isian yang digulung dalam rumput laut nori, sushi nigiri adalah yang berbentuk, gundukan nasi sushi seukuran gigitan dengan irisan tunggal ikan mentah atau sejenisnya yang letakkan di atasnya,dan inarizushi adalah nasi sushi yang diisi di dalam kantong inari atau sejenis tahu goreng yang dibumbui. Sushi adalah salah satu Makanan tradisional Jepang yang paling terkenal.

2.Mie Udon Jepang

udon-makanan-tradisional-jepang-infomudah

Salah satu dari tiga Jenis mie utama yang biasa dimakan di Jepang; mie udon tebal, kenyal, dan secara tradisional terbuat dari tepung terigu dan air garam. Udon dapat disajikan dalam beberapa cara berbeda seperti dicampur ke dalam adonan yang digoreng, ditambahkan ke hot pot, disajikan dingin dengan sup tsuyu atau tentsuyu di samping untuk dicelupkan, tetapi paling umum digunakan dalam sup mie, di mana disajikan dalam kaldu sup gurih dengan toping yang berbeda. Beberapa hidangan sup mie udon yang paling umum adalah kitsune udon yaitu mie dengan tahu goreng aburaage diatasnya, tempura udon dengan toping tempura makanan laut dan sayuran yang digoreng tepung, dan chikara udon dengan mochi panggang dan kue beras sebagai toping.

3.Tempura

tempura-makanan-tradisional-jepang-infomudah

Jika Anda penggemar makanan gorengan yang renyah, maka Anda akan menyukai tempura. Tempura adalah potongan atau irisan daging, ikan, dan sayuran yang dilumuri dengan adonan tepung khusus tempura dan digoreng hingga menjadi renyah dan berwarna ke-emasan. Tidak seperti di Indonesia, di mana gorengan cenderung dibuat dari sayuran kol dan wortel, tempura cenderung dibuat dari seafood seperti udang, cumi, atau sayuran seperti labu, lobak, dan ubi jalar. Tempura dapat dimakan langsung, terkadang dengan sedikit parutan lobak dan dicelupkan kedalam kecap jepang, atau disajikan di atas mangkuk nasi atau mie rebus. Tempura juga merupakan Makanan tradisional Jepang yang paling terkenal.

4.Sashimi

sashimi-makanan-tradisional-jepang-infomudah

Sashimi Mungkin salah satu Makanan tradisional Jepang paling kontroversial di semua masakan Jepang, sashimi adalah ikan mentah atau daging yang telah dipotong menjadi irisan tipis dan biasanya disajikan dengan lobak daikon, acar jahe, wasabi dan kecap. Sashimi berbeda dari sushi karena semua sushi dibuat dengan nasi cuka dan tidak selalu mengandung ikan mentah, sedangkan sashimi hampir seluruhnya adalah ikan mentah dan tidak pernah disajikan dengan nasi. Untuk membuat sashimi harus menggunakan ikan yang sesegar mungkin untuk meminimalkan risiko kontaminasi dan juga karena ikan segar membuat rasa sashimi menjadi lebih enak.

5.Ramen

ramen-makanan-tradisional-jepang-infomudah

Ramen adalah hidangan sup mie yang terdiri dari mie gandum yang dikenal sebagai ‘mie ramen’, kaldu gurih yang terbuat dari kecap, garam, miso, dan tulang daging sapi atau babi dan topping daging atau sayuran seperti irisan daging, rumput laut nori, bawang merah, daun bawang, rebung, dan lainnya. Ramen adalah salah satu hidangan favorit orang Jepang saat ini, harganya sangat murah dan banyak tersedia di restoran dan bar ramen yang ada di hampir setiap sudut jalan. Ramen adalah salah satu Makanan tradisional Jepang yang paling terkenal.

6.Oden

oden-makanan-tradisional-jepang-infomudah

Musim dingin Jepang yang dingin tidak akan lengkap tanpa oden. Hidangan hot pot musim dingin ini biasa disebut nabemono, dibuat dengan mengambil berbagai macam sayuran dan protein seperti kue ikan olahan, kue beras mochi, telur rebus, lobak daikon, mie konjak dan tahu lalu merebusnya dalam kaldu ringan yang dibumbui dengan kecap asin dan kaldu sop dashi dalam panci panas besar di tengah meja. Kita dapat mengambil apapun yang kita suka dan menikmati dengan mustard karashi dan bumbu lainnya. Selain sebagai makanan utama yang lezat, panci panas yang mendidih juga berfungsi sebagai pemanas umum di malam hari yang dingin.

7.Sukiyaki

sukiyaki-makanan-tradisional-jepang-infomudah

Seperti oden, sukiyaki adalah hidangan hot pot nabemono Jepang yang paling sering dinikmati selama musim dingin. Sukiyaki hot pot disiapkan dengan membakar irisan daging sapi di hot pot, kemudian menambahkan kaldu sukiyaki yang dibuat dari kecap, sake, anggur beras aren dan gula dan berbagai sayuran, mie,tahu dan berbagai makanan olahan lain. Nama ‘sukiyaki’ berarti ‘memasak apa yang Anda suka’ dengan menggunakan bahan apa pun yang Anda inginkan.

8.Sup Miso

miso-makanan-tradisional-jepang-infomudah

Makanan tradisional Jepang paling sering sering dikonsumsi dan selalu disajikan setiap hari adalah sup miso. Terbuat dari kombinasi pasta miso yaitu makanan tradisional Jepang yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi dan kaldu dashi, sup miso disajikan sebagai lauk dengan sarapan, makan siang dan makan malam bergaya Jepang tradisional. Rasa gurih yang kompleks membantu meningkatkan rasa umami dari hidangan utama yang disajikan. Untuk memberikan sup miso sedikit lebih banyak isi, beberapa topping pelengkap biasanya ditambahkan ke dalamnya, seperti bawang hijau, rumput laut wakame, dan tahu.

9.Soba

soba-makanan-tradisional-jepang-infomudah

Mie soba sehat Atau dikenal sebagai ‘soba’ adalah salah satu dari tiga varietas mie utama yang paling sering dimakan di Jepang. Tidak seperti udon dan ramen, mie soba dibuat dari tepung soba. Memiliki rasa yang agak bersahaja seperti kacang dan untuk menambah aroma bisa dicampur dengan bawang putih dan wijen. Soba dapat disajikan panas dalam sup dengan topping daun bawang, serpihan agetama tempura, kue ikan kamaboko atau mochi panggang, bisa juga disajikan dingin dengan kecap asin dan hiasan bawang hijau, parutan rumput laut nori, dan wasabi. Soba merupakan salah satu Makanan tradisional Jepang yang paling terkenal.

9.Nikujaga

nikujaga-makanan-tradisional-jepang-infomudah

Nikujaga adalah Hidangan lezat yang terdiri sari daging, kentang, dan berbagai macam sayuran yang direbus dalam kecap, sake, mirin, dan gula. Semur daging dan kentang Nikujaga adalah salah satu koleksi hidangan tradisiomal Jepang yang disebut ‘nimono’ yang artinya ‘barang yang direbus’. Meskipun nikujaga tersedia di banyak restoran Jepang, tetapi juga dianggap sebagai hidangan rumahan yang berbeda dalam rasa dari rumah tangga ke rumah tangga. Untuk merasakan nikujaga Jepang yang otentik, hal terbaik untuk dilakukan adalah diundang ke rumah teman Jepang dan mengajukan permintaan kepada koki keluarga.

10.Natto

 natto-makanan-tradisional-jepang-infomudah

Makanan tradisional Jepang ini dibuat dengan memfermentasi kacang kedelai dalam jenis bakteri khusus yang diproduksi secara alami di saluran pencernaan manusia. Natto memiliki aroma yang kuat mirip dengan Tauco, serta tekstur lengket dan berlendir yang banyak ditemukan tidak menyenangkan. Namun, banyak orang menyukai kacang kedelai fermentasi ini karena rasa asin , gurih umami penuh dan nilai gizinya yang cukup. Orang Jepang biasanya mencampurnya dengan nasi sebagai menu sarapan sederhana.

Demikianlah artikel mengenai 10 Makanan tradisional Jepang yang paling terkenal. Semoga bisa membantu anda dalam memilih menu makanan terbaik untuk keluarga.

sang-legenda-ronde-yogya-2

Sang Legenda Ronde Jogja, Mbah Payem

Dwi in Info Kuliner
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *