Info IT

Tips Riset Kata Kunci Untuk Pemula

Riset Kata Kunci akan selalu menjadi bagian integral dari strategi SEO apa pun.  Hal ini memengaruhi hampir semua tugas SEO lainnya seperti...

Written by Dwi · 3 min read >
tips riset kata kunci untuk pemula

Riset Kata Kunci akan selalu menjadi bagian integral dari strategi SEO apa pun.  Hal ini memengaruhi hampir semua tugas SEO lainnya seperti Konten, Struktur Situs Web, Pembuatan Tautan, dan Pekerjaan SEO On-page.

 Berikut adalah beberapa tips riset kata kunci untuk pemula dengan cara termudah namun sangat efektif :

Tool Untuk Riset Kata Kunci

Ada banyak sekali tool yang tersedia di internet untuk riset kata kunci, dan semuanya bagus.

Berikut adalah beberapa tool gratis terbaik untuk Anda gunakan berdasarkan kinerja, efisiensi, dan hasilnya.

1.    Google Keyword Planner

Google Keyword Planner sejauh ini merupakan alat paling canggih dan populer untuk Riset Kata Kunci.  Dikembangkan oleh Google, ada banyak sekali fitur dan manfaat menggunakan alat ini.

 2. Ubersuggest

Jika Anda ingin menghilangkan kerumitan penggunaan Google Keyword Planner, alat ini adalah alternatif terbaik untuk Anda.  Sangat mudah digunakan tanpa penyiapan apa pun, Anda dapat langsung menemukan ide kata kunci yang sangat baik.

3.  SEMRush

Versi berbayar SEMRush jauh lebih baik daripada alat lainnya.  Dengan menggunakan SEMRush, Anda dapat langsung menemukan kata kunci yang sudah diperingkat pesaing Anda, menghemat banyak waktu dan tenaga Anda.

Jenis Kata Kunci

Strategi SEO yang produktif adalah memilih kombinasi kata kunci terbaik berdasarkan Jenis, Panjang, dan efeknya.

Kata Kunci Informasi

Pengguna dengan maksud informasional ingin menemukan lebih banyak informasi tentang suatu subjek.  Kata kunci informasional digunakan oleh pengguna untuk mendidik atau memperbarui diri mereka sendiri tentang topik tertentu.  Contoh dari pencarian informasi adalah “jenis deposito bank”.

Kata Kunci Navigasi

Kueri penelusuran navigasi membantu menemukan halaman atau situs web dengan memasukkan kata kunci merek alih-alih memasukkan URL target di kotak alamat secara langsung.  Contoh kueri navigasi adalah “login Facebook”.

Kata kunci ini berada di tengah-tengah perjalanan pembeli.  Mereka tidak bersifat informasional,  juga tidak Transaksional.  Tetapi Anda dapat menargetkan beberapa kata kunci tersebut pada awalnya untuk memberi website Anda optimasi SEO awal.

Kata Kunci Transaksional

Kueri transaksional adalah kueri yang dilakukan dengan tujuan untuk membeli produk atau layanan.  Kueri transaksional mungkin tidak selalu menyiratkan pembelian tetapi lebih menunjukkan kesiapan pengguna untuk melakukan konversi.

Kata kunci ini sangat mudah diketahui karena niat penelusuran yang jelas. Pengguna telah memutuskan bahwa mereka ingin menggunakan jasa tertentu dan mencari harga, penawaran, atau layanan jasa terbaik.

tips riset kata kunci untuk pemula

Faktor Kata Kunci

Riset kata kunci mencakup beberapa faktor penting seperti :

Persaingan Kata Kunci

Ini menunjukkan kepada kita betapa sulitnya beberapa kata kunci untuk menentukan peringkat pada hasil pencarian.  Persaingan tinggi itu adalah semakin sulit untuk menentukan peringkat untuk kata kunci apa pun.  Cobalah untuk fokus pada <1000 pencarian rata-rata bulanan jika Anda ingin mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian Google.

Kepadatan Kata Kunci

Berapa kali kata kunci Anda muncul di halaman web, posting, atau video Anda disebut sebagai kepadatan kata kunci.  Google menganggapnya sebagai spam jika Anda menggunakan kata kunci yang sama berulang kali.  Jadi cobalah untuk memastikan untuk menjaga kepadatan kata kunci Anda antara 1 hingga 2% untuk secara alami menentukan peringkat kata kunci Anda. Sebagai aturan praktis, Anda dapat menggunakan kata kunci utama untuk setiap 200 kata.  Lebih baik lagi menggunakan “kata kunci yang relevan” untuk ide kata kunci utama Anda untuk mendapatkan lebih banyak trafik dari hasil penelusuran Google.

Kata Kunci Panjang

Kata kunci panjang adalah kata kunci yang umumnya lebih spesifik dan mencakup 3 hingga 4 kata.

Inilah yang menentukan volume dan jenis trafik yang Anda dapatkan dari mesin pencari.  Tidak masalah untuk item kata kunci mana yang ingin Anda rangking, Anda perlu melakukan analisis penelitian kata kunci yang tepat untuk mendatangkan pengunjung yang tepat ke postingan blog Anda.

Tips Riset Kata Kunci Untuk Pemula

Bagaimana melakukan tips riset kata kunci untuk pemula seperti seorang profesional pada tahun 2021

Anda sekarang harus mengikuti seperangkat aturan tertentu untuk mengungguli pesaing  dalam hasil pencarian untuk kata kunci yang Anda inginkan.

Berikut rumus 3 langkah yang harus dilakukan untuk menemukan kata kunci yang menguntungkan untuk postingan blog.

Riset Kata Kunci

Munculkan ide kata kunci relevan yang sangat bertarget dengan niche Anda.  Berikut aturan pertama SEO: selalu arahkan pengunjung yang ditargetkan ke halaman web Anda.  Anda harus terlebih dahulu mendapatkan saran kata kunci sebelum berpikir untuk meningkatkan trafik organik.

Langkah pertama untuk meningkatkan trafik pencarian Anda adalah penelitian kata kunci.  Menemukan kata kunci menguntungkan yang meningkatkan peringkat mesin pencari Anda secara keseluruhan.

Mengevaluasi Kata Kunci

Setelah Anda memiliki daftar kata kunci untuk posting Anda yang akan datang, Anda kemudian dapat mulai mengevaluasinya untuk menganalisis persaingan kata kunci.  Itu selalu lebih baik untuk menargetkan kata kunci dengan persaingan yang lebih sedikit terutama bila situs web Anda masih baru. Ini merupakan salah satu tips riset kata kunci untuk pemula yang terbaik.

Memperluas Kata Kunci Yang Dipilih

Setelah Anda mengevaluasi persaingan kata kunci, perluas kata kunci yang Anda inginkan menjadi kata kunci panjang.  Sebelum melakukan penelitian kata kunci, pastikan untuk menggunakan kata kunci panjang.

  •  Sepak bola: Kata kunci pendek
  •  Pemain sepak bola: Kata kunci sedang
  •  Pemain sepak bola di Indonesia : Kata kunci panjang

Ketika Anda melakukan penelitian kata kunci, pastikan untuk memasukkan kata kunci panjang untuk meningkatkan trafik organik Anda.

Rasio klik-tayang situs web Anda dapat meningkat dengan penggunaan kata kunci panjang.  Itulah alasan mengapa sebaiknya mulai menggunakan kata kunci panjang saat melakukan penelitian kata kunci. Ini merupakan salah satu tips riset kata kunci untuk pemula yang terbaik.

Seimbangkan Volume Kata Kunci Dengan Peringkat Kesulitan

kata kunci mana yang akan menerima lalu lintas paling banyak sementara tidak terlalu kompetitif sehingga Anda memiliki sedikit peluang untuk mendapatkan peringkat.  Anda akan lebih mudah memberi peringkat untuk kata kunci yang lebih tepat, seperti “Restoran Jepang di Jakarta ” dibandingkan hanya “restoran”, jadi bidik kata kunci yang panjangnya dua hingga empat kata. Ini merupakan salah satu tips riset kata kunci untuk pemula yang terbaik.

Pilih Kata Kunci yang Relevan

Kata kunci pilihan Anda harus sangat relevan dengan konten di situs Anda.  Jangan mencoba menargetkan nama merek pesaing, misalnya

Petakan Kata Kunci Anda ke Halaman Website

Halaman mana yang akan Anda gunakan untuk menargetkan kata kunci yang mana?  Buka situs Anda dan pilih dua atau tiga kata kunci yang relevan dari daftar Anda untuk setiap halaman. Ini merupakan salah satu tips riset kata kunci untuk pemula yang terbaik.

Konten Baru

Anda mungkin menemukan ada halaman yang kontennya belum Anda miliki, yang perlu Anda tulis.  Riset kata kunci dapat menjadi sumber inspirasi yang bagus untuk posting blog dan konten baru lainnya.

Memang tidak mudah memilih kata kunci yang memiliki volume penelusuran tertinggi.  Ini akan menjadi yang paling kompetitif, dan penelusuran istilah ini cenderung didominasi oleh merek besar dengan sumber daya yang kuat. Jadi pilihlah sesuai dengan tips riset kata kunci untuk pemula diatas untuk mendapatkan lebih banyak trafik organik untuk website Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *