Info IT

Tidak Perlu Ketik Ulang, Begini Cara Mengubah Text Menjadi Tabel dan Sebaliknya Di Word 2013

Info IT – Sebagai manusia wajar saja jika anda melupakan sesuatu, misalnya menuliskan suatu teks dalam bentuk paragraf biasa padahal seharusnya teks...

Written by Rachmad · 1 min read >
cara-merubah-text-jadi-tabel-word-2013-infomudah

Info IT – Sebagai manusia wajar saja jika anda melupakan sesuatu, misalnya menuliskan suatu teks dalam bentuk paragraf biasa padahal seharusnya teks tersebut ditulis dalam format tabel.

Namun, bagaimana cara mengatasinya jika anda sudah terlanjur mengetik banyak kata di lembar dokumen Word sementara teks seharusnya ditulis dalam bentuk tabel ? Berikut ini adalah serangkaian Cara Mengubah Text Menjadi Tabel dan Sebaliknya Di Word 2013 yang bisa anda praktekkan di rumah.

cara-mengubah-text-menjadi-tabel-dan-sebaliknya-di-word-2013_01

Tidak perlu diketik ulang, data yang sudah anda ketik pada lembar kerja Microsoft Word bisa langsung dikonversikan ke dalam bentuk tabel. Bagaimana caranya ?

Pertama,  pisahkan dulu data yang telah anda ketik menggunakan tombol Tabs.

cara-mengubah-text-menjadi-tabel-dan-sebaliknya-di-word-2013_02

Misalnya terdapat dua kolom, yakni kolom Nama Bulan dan Jumlah Hari dimana masing – masing kolom memiliki jumlah baris yang sama, yakni 6 baris.

Pisahkan kolom Nama Bulan dan Jumlah Hari berikut baris di bawahnya dengan spasi dengan cara menekan tombol Tabs.

cara-mengubah-text-menjadi-tabel-dan-sebaliknya-di-word-2013_03

Setelah itu, blok semua data tersebut dengan cara klik kiri pada awal teks (kolom nama Bulan) lalu tahan sambil seret pointer hingga akhir teks (kolom jumlah Hari). Anda juga bisa menggunakan kombinasi antara tombol CTRL dan A untuk memblok seluruh isi dokumen secara cepat.

Setelah semua data di blok, kombinasikan tombol CTRL + SHIFT + * untuk memunculkan simbol paragraf dan simbol tersembunyi lainnya di dalam suatu teks.

cara-mengubah-text-menjadi-tabel-dan-sebaliknya-di-word-2013_04

Jika anda melihat tanda panah berada di antara dua kolom (Nama Bulan dan Jumlah Hari), maka itu tandanya teks tersebut sudah siap untuk dikonversikan ke dalam bentuk tabel.

Pilih tab Insert lalu klik Table kemudian klik opsi Convert Text To Table yang berada tepat bawah opsi Draw Table.

cara-mengubah-text-menjadi-tabel-dan-sebaliknya-di-word-2013_05

Kemudian akan muncul kotak pengaturan berjudul Convert Text To Table yang memberikan kebebasan pada anda untuk mengatur Table Size,  Autofit Behavior, dan Separate Text At.

Isi Number Of Columns dengan angka 2, lalu pada bagian autofit behavior pilih Fixed Columns Width dan pilih Auto. Kemudian, pilih opsi Tabs pada menu Separate Text At.

cara-mengubah-text-menjadi-tabel-dan-sebaliknya-di-word-2013_06

Jika sudah diatur, klik OK. Perlu diketahui bahwa selama mengaplikasikan langkah – langkah di atas, data harus dalam kondisi terblok. Jika karena suatu ketidaksengajaan, blok hilang, maka anda harus kembali memblok seluruh teks tersebut sebelum melanjutkan langkah ke tahap selanjutnya.

Jika langkah yang anda lakukan benar, maka seharusnya teks berhasil dikonversikan ke dalam format 2 kolom. Selesai.

cara-mengubah-text-menjadi-tabel-dan-sebaliknya-di-word-2013_07

Bagaimana caranya mengonversikan data yang sudah terlanjur di tulis dalam bentuk tabel menjadi ke dalam format paragraf biasa ?

Pertama – tama, blok seluruh tabel yang ingin anda ubah ke dalam bentuk paragraf biasa tersebut dengan cara mengombinasikan tombol CTRL dan A atau bisa juga menggunakan cara blok manual menggunakan mouse / touchpad.

Baca jugaCara Memberi Watermark Sebuah Dokumen Pada Word 2013

Kemudian pilih Tab Layout yang berada di sebelah kanan tab Design, lalu pilih opsi Convert to Text pada menu Data.

cara-mengubah-text-menjadi-tabel-dan-sebaliknya-di-word-2013_08

Akan muncul kotak dialog berjudul Convert Table To Text yang terdiri dari beberapa opsi yang harus anda pilih sebelum mengklik OK. Pilih Tabs dan beri centang kotak Convert Rested Table. Jika sudah, klik OK.

Selesai. Teks yang tadinya berbentuk tabel kini sudah berhasil diubah ke dalam bentuk paragraf. Bagaimana ? Mudah bukan ?

5 Daftar VPN Terbaik 2019

Rachmad in Info IT
  ·   2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *