Info IT

Panduan Cara Membuat Akun Paypal Bagi Pemula

Paypal adalah alat pembayaran online nomor 1 yang sudah banyak dipercaya dan banyak digunakan untuk melakukan pembelian online di marketplace. Tingkat kepercayaan...

Written by Yoko Widito · 2 min read >
cara buat akun paypal-1

Paypal adalah alat pembayaran online nomor 1 yang sudah banyak dipercaya dan banyak digunakan untuk melakukan pembelian online di marketplace. Tingkat kepercayaan ini terus meningkat seiring dengan berbagai perkembangan dan perbaikan yang dilakukan oleh pihak paypal, salah satunya adalah bisa melakukan verifikasi paypal tanpa melakukan kartu kredit.

Kalau jaman dulu pengguna paypal ingin melakukan verifikasi mereka harus menggunakan kartu kredit, ini kemudian meningkatkan penggunaan VCC (Virtual Credit Card) yang justru merugikan para pengguna Paypal itu sendiri. Mulai dari tingkat keamanan yang dipertanyakan, exchange rate yang terlalu tinggi hingga resiko akun terkena ban dari pihak paypal yang memang jelas jelas melarang penggunaan VCC.

Atas dasar inilah kemudian beberapa tahun belakangan ini Paypal melakukan pembaruan supaya bisa melakukan verifikasi tanpa menggunakan kartu kredit, seperti menggunakan debit card ataupun bank lokal. Pembaruan ini tepatnya dilakukan sejak eBay memutuskan untuk membuat Paypal menjadi sebuah perusahaan mandiri yang bisa digunakan di banyak marketplace, ternyata ini banyak disukai oleh pengguna, hingga akhirnya dalam beberapa tahun belakangan tingkat penggunaan Paypal semakin meningkat mengalahkan beberapa pesaingnya seperti salah satunya adalah Skrill.

Cara Mudah Membuat Akun Paypal 

Sebenarnya tidak sulit dalam membuat akun paypal tanpa menggunakan kartu kredit, supaya bisa lebih jelas Anda bisa melihat dalam langkah langkah yang akan kami sajikan dengan rinci dibawah ini

Daftar Paypal

cara buat akun paypal-1

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke situs resmi di paypal.com. Setelah itu Anda bisa lakukan pendaftaran dengan klik pada Daftar atau Sign Up yang terletak pada pojok kanan atas.

Tujuan pembuatan akun

cara buat akun paypal-2

Langkah selanjutnya adalah, apa tujuan pembuatan akun Paypal Anda, apakah untuk melakukan pembelanjaan online atau untuk menerima pembayaran. Seperti yang sudah diketahui Paypal juga digunakan oleh seller dan juga pekerja jasa yang menerima pembayaran pekerjaannya. 

Isi biodata

cara buat akun paypal-3

Setelah menentukan apa tujuan pembuatan akun, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengisi detail biodata yang diminta termasuk nomer identitas tanda pengenal yang digunakan, KTP, SIM ataupun tanda pengenal lainnya.

 Saldo

cara buat akun paypal-4

Setelah selesai membuat akun Paypal, Anda bisa mengisi saldo dengan melalui tombol Wallet yang ada pada menu diatas. Untuk mengisi saldo Anda bisa menggunakan rekening bank lokal ataupun kartu kredit.

Verifikasi

cara buat akun paypal-5

Sebenarnya bisa saja Anda menggunakan Paypal tanpa harus melakukan verifikasi, namun fitur yang akan Anda dapatkan akan sangat dibatasi. Jadi supaya bisa menggunakan Paypal secara menyeluruh Anda bisa melakukan verifikasi terhadap akun Anda, baik itu akun Anda yang bertujuan untuk melakukan pembelanjaan ataupun yang untuk menerima pembayaran.

Untuk cara melakuakan verifikasi akun, langkah sederhananya akan kami ulas berikut ini. Kami tetap tidak menyarankan Anda menggunakan VCC untuk melakukan verifikasi akun paypal, karena tanpa mempunyai kartu kreditpun Anda tetap bisa melakukan verifikasi.

Verifikasi akun paypal menggunakan kartu kredit

  1. Klik Wallet
  2. Klik kartu yang perlu diverifikasi.
  3. Klik link konfirmasi kartu Anda, namun apabila Anda tidak melihat adanya link maka Anda bisa skip proses ini
  4. Baca syarat dan ketentuan pada halaman konfirmasi kartu kredit, apabila sudah memahami dan menyetujui Anda bisa 
  5. PayPal akan mengirimkan biaya $ 1,95 USD ke kartu Anda. Setelah kartu dikonfirmasi, Paypal akan segera mengembalikan kartu tersebut. 
  6. Cek pada tagihan online Anda, akan ada 4 digit kode dan kata PAYPAL
  7. Masukkan 4 digit kode tersebut untuk mengkonfirmasi kartu.
  8. Setelah akun terkonfirmasi, Paypal akan mengembalikan dana tersebut. 

Verifikasi akun paypal menggunakan rekening bank

  1. Login ke akun Paypal
  2. Pilih Add a bank account or card pada bagian Banks and Cards
  3. Masukkan Nama Bank
  4. Masukkan Kode Bank, apabila Anda tidak mengerti kode bank yang digunakan Anda bisa bertanya ke Bank Anda atau bisa browsing mengenai kode bank yang digunakan.
  5. Masukkan nomor rekening
  6. Pilih Account Name, bisnis atau personal
  7. Klik Link Your Bank
manfaat pertanian presisi

Manfaat Pertanian Presisi

Agung Sanjaya in Info IT
  ·   4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *