Info IT

Mengenal Engagement Rate di Instagram

Saat ini Instagram menjadi salah satu bagian dari strategi digital marketing yang benar benar memiliki kekuatan yang sangat besar.  Instagram tidak saja...

Written by Yoko Widito · 2 min read >
mengenal-engagement-rate-instagram-1

Saat ini Instagram menjadi salah satu bagian dari strategi digital marketing yang benar benar memiliki kekuatan yang sangat besar.  Instagram tidak saja digunakan untuk memperkenalkan bisnis, namun Instagram sangat berguna sebagai sebuah media untuk melakukan perkenalan produk kepada public dan juga walaupun tidak bisa melakukan transaksi secara langung namun tidak jarang juga Instagram juga digunakan sabagai sarana media penjualan.

Ini dikarenakan Instagram adalah sebuah media sosial yang memiliki basis foto sehingga mempermudah seorang audience meilhat barang yang diperkenalkan, apalagi kalau seorang penjual dapat menata produknya dengan baik termasuk didalamnya informasi informasi mengenai promo.

mengenal-engagement-rate-instagram-1

Namun sayangnya masih banyak penjual yang masih terkesan asal asalan dalam menggunakan Instagram, padahal di dalamya terdapat cukup banyak data yang bisa digunakan untuk menentukan strategi apa yang akan dilakukan selanjutnya. Termasuk di dalamnya adalah Engagement Rate.

Dalam pengertian yang sederhana, engagement adalah komunikasi dua arah. Jadi engagement rate adalah sebuah angka yang menunjukkan bagaimana follower Instagram terlibat secara aktif dan langsung. Dalam fitur interaksi Instagram ada tiga hal yang membuat engagement rate menjadi naik, yaitu view, like dan komen. Tiga elemen inilah yang mempengaruhi secara langsung pertumbuhan sebuah akun  Instagram.

Kenapa ini menjadi sangat penting?

Kalau hari ini sebuah akun Instagram di follow 2 orang orang, lalu hari selanjutnya bertambah menjadi 4 orang dan satu minggu kemudian diikuti 12 pengguna, dengan keadaan ini belum tentu akun Instagram tersebut memiliki performa yang baik. Nah disinilah akan kita pelajari mengapa engagement rate sebuah akun Instagram menjadi sangat penting.

Ini dikarenakan semakin tinggi angka engagement rate artinya semakin baik pula kualitas akun Instagram tersebut karena feedback yang didapatkan dari audience juga akan semakin tinggi, ini akan mempermudah untuk melakukan sebuah analisa dalam memenangkan penjualan produk di Instagram. Dimana ini artinya akan semakin tinggi pula peluang untuk naiknya pembelian sebuah produk, karena otomatis publikasi mengenai sebuah produk akan meningkat. Dan juga pemilik akun Instagram akan membuat produknya semakin dekat dengan konsumen yang otomatis membuat kesempatan mendapatkan loyalitas konsumen menjadi semakin meningkat.

Inilah mengapa seorang influencer benar benar menjaga angka engagement rate mereka supaya tetap dalam angka yang baik. Dalam setiap konten seorang influencer akan bisa dilihat bagaimana respon yang diberikan audience terhadap sebuah konten. Termasuk di dalamnya sebuah pujian, kritikan dan juga beberapa respon lainnya baik itu positif dan negatif. Dari sinilah seorang influencer membangun sebuah kualitas yang mempengaruhi angka engagement rate.

Yang pasti engagement rate bukan saja untuk meningkatkan like saja, namun ini adalah sebuah metric terbaik yang dimiliki Instagram yang dapat membuat anda mengetahui bagaimana sebuah konten melakukan resonansi terhadap audiens seorang influencer. Seberapa banyak follower yang akan tertarik dengan konten seorang influencer tersebut dan apakah mereka ingin terlibat di dalamnya atau tidak.

Bagaimana menghitung engagement rate Instagram

mengenal-engagement-rate-instagram-2

Sampai sejauh ini masih sedikit sekali yang peduli dengan engagement ini, mereka hanya memperdulikan seberapa banyak jumlah follower mereka di Instagram. Sehingga tidak banyak yang tahu juga bagaimana menghitung sebuah engagement rate Instagram.

Formula menghitung engagement rate akun Instagram :

[LIKES + COMMENTS] : FOLLOWER =  ENGAGEMENT RATE

Fungsinya sangat banyak, dengan mengetahui seberapa tinggi engagement rate maka seorang pemilik akun Instagram akan mengetahui seberapa besar pengaruh akun tersebut terhadap follower. Namun kalau tidak mau repot menghitung dan mengukur engagement Instagram secara manual, sekarang sudah banyak aplikasi yang menyediakan perhitungan engagement secara otomatis.

Prooyo, iconosquarewebsta, atau ink361 adalah beberapa aplikasi gratisan yang bisa digunakan untuk menghitung seberapa tinggi engagement rate yang dimiliki sebuah akun Instagram dengan sangat mudah. Yang perlu dilakukan adalah mendaftar dan login, setelah itu bisa dilihat data data dari Instagram yang kemudian ditampilkan disana.

Setelah mengetahui mengenai cara perhitungan engagement rate baik secara manual dan otomatis ini kemudian akan muncul sebuah pertanyaan. Berapa nilai engagement rate yang baik di Instagram?

Setelah mendapatkan angka dari hasil perhitungan berdasarkan metode diatas, sekarang adalah waktunya untuk mengalanisa apa sebenarnya arti dari angka engagement rate. Apakah angka itu bagus atau jelek? Berikut ini adalah standar yang biasa digunakan sehingga hasilnya dapat dibandingkan.

Less than 1% = low engagement rate

Between 1% and 3.5% = average/good engagement rate

Between 3.5% and 6% = high engagement rate

Above 6% = very high engagement rate

Dalam angka yang biasa ditemui, rata rata pada umumnya antara 1%-3% adalah angka yang cukup baik. Angka ini akan seringkali kita temukan pada seorang influencer. Kalau engagement rate diatas 3% itu artinya kualitas sebuah akun Instagram sangat baik dan apabila dibawah 1% artinya audience secara keseluruhan tidak terlalu terlibat dengan konten konten yang dimiliki.

Baca juga : Cara Berjualan di Instagram Untuk Pemula

Perlu diingat, kalau ada beberapa hal yang mempengaruhi keterlibatan audience di Instagram. Seperti misalnya waktu / timing saat melakukan posting, frekuensi posting, jumlah follower, pesan yang disampaikan dalam sebuah konten dan alogaritma Instagram.

Jadi saat seseorang memutuskan untuk melakukan kerja sama dengan seorang influencer, maka engagement rate ini adalah salah satu metrik penting yang tidak boleh diabaikan dalam memilih seorang influencer karena akan mempengaruhi campaign.

5 Daftar VPN Terbaik 2019

Rachmad in Info IT
  ·   2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *