Info IT

Manfaat Teknologi WiFi

Tetap terhubung dengan rekan-rekan Anda melalui jaringan nirkabel bersama memberi Anda lebih banyak kebebasan, terutama ketika Anda mobile dan dapat bertransaksi proses...

Written by Bambang Winarso · 3 min read >
manfaat-wifi

Tetap terhubung dengan rekan-rekan Anda melalui jaringan nirkabel bersama memberi Anda lebih banyak kebebasan, terutama ketika Anda mobile dan dapat bertransaksi proses bisnis melalui telepon atau tablet, bukan komputer.  Ini menjadikan Wireless LAN sebagai metode platform-netral, yang sangat bermanfaat.

Apa Manfaat Teknologi WiFi?

Jaringan nirkabel memberi Anda banyak peluang serta kebebasan untuk menggunakan internet dan aksesibilitas.  Apa pun perangkat yang Anda gunakan, Anda harus memiliki router nirkabel dan antena reseptor.  Berikut ini beberapa Manfaat Teknologi WiFi dari jaringan kabel yang perlu Anda ketahui.

manfaat-wifi

1.Jaringan WiFi Nyaman

Melalui jaringan nirkabel, banyak pengguna dapat terhubung dengan router atau melalui teknologi hotspot tanpa konfigurasi apa pun.  Ini memberi Anda kemudahan penggunaan dan akses ke jaringan yang tersedia.  Menghubungkan ke jaringan seperti itu membutuhkan waktu beberapa detik.  Kemampuan ini untuk terhubung melalui jaringan nirkabel benar-benar menggantikan jaringan kabel, yang membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengonfigurasi dan memungkinkan koneksi dalam lingkungan multi-pengguna.

2.Fleksibilitas di tempat kerja

Salah satu manfaat paling signifikan dari WiFi adalah fleksibilitas yang ditawarkannya di tempat kerja.  Anda tidak tinggal di satu lokasi untuk bekerja.  Menemukan kabel jaringan atau RJ-45 untuk menyambungkan Laptop atau Desktop Anda mungkin tidak praktis pada waktu-waktu tertentu.  Satu perangkat WiFi yang dipasang di tempat kerja Anda melayani setiap pengguna yang memungkinkan proses kerja berlanjut tanpa hambatan.

3.Meningkatkan Produktivitas

Karyawan yang terhubung ke LAN Nirkabel dapat dengan mudah mempertahankan pekerjaan mereka karena mereka tidak perlu membuang waktu karena masalah konektivitas server atau LAN.  Ada sedikit kemungkinan memiliki konflik IP jaringan jika beberapa pengguna mengakses jaringan yang sama.  Anda dapat melakukan pekerjaan Anda seperti mengirim email, mengadakan konferensi, mungkin dari mana saja.  Ini juga memengaruhi produktivitas Anda saat Anda tepat waktu mencapai target dan pekerjaan Anda.

4.WiFi memberi Anda Mobilitas

 Anda bisa membawa pekerjaan Anda ke mana saja, dari kantor, ke kafetaria.  Sekarang Anda tidak memiliki keterbatasan untuk duduk di depan komputer Anda untuk menyelesaikan tugas.  Anda dapat mengurus berbagai hal melalui ponsel juga.  Konektivitas WiFi memungkinkan Anda bertransaksi melalui ponsel karena teknologi berfungsi dengan baik untuk setiap perangkat pintar yang terintegrasi dengan jaringan WiFi di sekitar Anda.  Anda dapat mengirim email, melakukan transaksi perbankan, dan memeriksa laporan pekerjaan saat Anda bepergian.

5.Penyebaran WiFi Mudah di Infrastruktur

Satu Titik Akses WiFi menguntungkan Anda dalam membersihkan paket dan rencana pemasangan kabel dan sakelar di tempat kerja.  Apa yang akan terjadi jika ruangan Anda dipindahkan dari lokasi Anda saat ini dan harus terhubung  dengan koneksi LAN baru.  Membayangkan peta dan memasang jaringan kabel yang rumit bisa sulit dibandingkan dengan hanya memasang perangkat nirkabel di ruangan tersebut.

6.WiFi Hemat Biaya

Manfaat nyata dari Wireless LAN adalah paling sedikit pengeluaran untuk pemasangan jaringan baru.  Anda dapat mengurangi biaya kabel, biaya tenaga kerja, dan menghemat waktu, yang paling penting, karena prosesnya melibatkan ketiganya, hal ini sangat memengaruhi anggaran perusahaan Anda.

7.Ekspansi dan Penambahan

Anda dapat menambahkan pengguna baru kapan saja dalam beberapa saat di jaringan WiFi.  Yang perlu Anda lakukan adalah memberikan akses kepada pengguna atau pengguna dengan kredensial LAN Nirkabel untuk menjadikan mereka pengguna yang diotorisasi.  Ini juga meminimalkan waktu dan upaya Anda memasukkan kabel dan menambahkan konektor untuk pengguna.

8.LAN Nirkabel Mudah dirawat dan dipindahkan

Jaringan LAN nirkabel mudah dipelihara dan dipindahkan walaupun Anda berencana untuk memindahkan perusahaan Anda ke gedung atau tempat lain.  Pekerjaan Anda masih tidak terpengaruh, bahkan jika bangunan Anda sedang mengalami renovasi dan rekonstruksi.  Anda masih dapat melakukan proses kerja Anda tanpa khawatir tentang masalah kabel dan konektivitas.  Kemampuan ini juga memungkinkan Anda menghemat banyak waktu, uang, dan tenaga, membantu Anda untuk fokus pada bisnis dan tugas-tugas yang relevan.

Apa Kelemahan dari WiFi?

Teknologi LAN nirkabel selalu praktis, namun ada beberapa batasan WiFi yang mungkin harus Anda hadapi.  Berikut adalah jenis masalah yang mungkin Anda temui secara umum.

1.Masalah Keamanan

Sebagian besar jaringan WiFi terbuka tidak aman untuk terhubung karena Anda tidak tahu tipe pengguna yang terhubung dengan jaringan itu. Jaringan WiFi publik paling rentan terhadap peretasan.  Peretas dapat menyamar sebagai Id jaringan mereka, yang mungkin juga merugikan Anda atau bisnis Anda.  Karena itu, disarankan untuk menjalankan bisnis Anda hanya di jaringan pribadi atau bisnis.

2.Rentang Terbatas – Kekurangan WiFi

Kelemahan kedua LAN Nirkabel yang paling umum adalah masalah jangkauan.  Karena bangunan itu memiliki struktur bertingkat.  Kisaran WiFi biasa di gedung adalah sekitar 100 hingga 150 meter.  Jangkauan dan kekuatan perangkat WiFi akan melemah saat Anda bergerak lebih jauh dari lokasi titik akses.  Jika Anda tidak berada dalam jangkauan jaringan, Anda tidak akan dapat terhubung ke jaringan Anda dan dapat mengganggu alur kerja Anda.

3.Gangguan Sinyal

Frekuensi umum yang digunakan perangkat Wi-Fi adalah 2,4 GHz, yang dapat terganggu atau dihalang-halangi karena adanya perangkat elektromagnetik atau dinding lain antara Anda dan sumber WiFi.  Masalah sinyal ini dapat menyebabkan masalah konektivitas atau dapat menyebabkan kekuatan sinyal lemah dan menurunkan kecepatan.  Mentransfer file besar melalui jaringan menjadi berisiko pada saat-saat seperti itu.  Data lebih cenderung menjadi rusak selama transfer dalam skenario seperti itu.

4.Penggunaan Bandwidth

Jumlah perangkat yang terhubung berbanding terbalik dengan bandwidth.  Itu berarti, semakin banyak perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi tunggal, semakin lemah bandwidth yang didapat.  Ini juga salah satu kelemahan WiFi di tempat kerja.  Lebih banyak pengguna berarti, batas kecepatan terbatas dan lambatnya alur kerja.

5.Lebih lambat, kontras dengan LAN

LAN nirkabel lebih lambat dari jaringan kabel di tempat kerja atau di rumah.  Sebagian besar sinyal nirkabel didistribusikan atau dihilangkan karena perangkat lain atau karena sumber EMF eksternal.  Namun, tidak demikian halnya dengan jaringan kabel.  Sebuah studi bernama “WiFi di Rumah”  juga menemukan bahwa koneksi Internet WiFi bisa hingga 30% lebih lambat daripada jaringan kabel.

6.Efek WiFi pada Kesehatan

Menurut temuan terbaru yang dipublikasikan di Science Direct, WiFi menyebabkan stres oksidatif, kerusakan sperma, dan efek neuropsikiatri pada kesehatan manusia.  Bahaya kesehatan WiFi lainnya termasuk Apoptosis, kerusakan DNA seluler, perubahan endokrin, dan kelebihan kalsium.  Efek-efek ini sama dengan yang disebabkan oleh EMF atau Frekuensi Microwave.

Bisakah gelombang WiFi berbahaya?

Router nirkabel termasuk Bluetooth dan sistem nirkabel serupa memancarkan radiasi elektromagnetik dalam frekuensi rendah-gigahertz.  Level ini dianggap berpotensi berbahaya bagi manusia.  Paparan Frekuensi Elektromagnetik untuk jangka waktu lama dapat membahayakan kesehatan Anda.

Apa batasan utama WiFi?

WiFi memiliki satu dan banyak batasan, yaitu, Anda dapat menggunakan Sinyal WiFi dalam kisaran terbatas yaitu 100 hingga 150 meter, gangguan fisiologis karena perangkat elektronik lainnya, dan bandwidth yang relatif rendah ketika banyak pengguna terhubung.

 Apakah WiFi berbahaya bagi kesehatan?

Wifi sebagai peningkatan risiko kankerSebagai banyak penelitian dan penelitian masih terjadi pada risiko potensial paparan WiFi, beberapa penelitian telah menemukan bahwa WiFi mengarah ke Stres Oksidatif, kerusakan DNA, perubahan endokrin, dan Apoptosis.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Teknologi WiFi,  semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *