Info IT

Manfaat Teknologi NFC Dan Aplikasinya

Di masa sekarang, NFC (Near Field Communication) telah menjadi bagian depan industri perangkat seluler.  NFC memiliki banyak keunggulan di hampir setiap industri...

Written by Bambang Winarso · 3 min read >
manfaat nfc dan aplikasinya

Di masa sekarang, NFC (Near Field Communication) telah menjadi bagian depan industri perangkat seluler.  NFC memiliki banyak keunggulan di hampir setiap industri sehingga pemindaian menjadi mudah melalui perangkat seluler.

 Berikut adalah Manfaat Teknologi NFC dan Aplikasinya dari berbagai industri seperti:

– Dapatkan informasi dengan menyentuh poster pintar.

  • Menggunakan ponsel NFC sebagai tiket acara.

– Mengatur kantor nirkabel di rumah hanya dengan satu sentuhan.

– Mencetak dari kamera dengan meletakkannya di dekat printer.

  • Naik bus dengan hanya melambaikan telepon NFC Anda.
  • Berbagi kartu nama hanya dengan satu sentuhan.
  • Membayar barang / barang dengan ketukan ponsel NFC.

 Pembayaran NFC telah muncul sebagai perangkat mobile masa depan, ia memiliki kelebihan dan kekurangan.

manfaat nfc dan aplikasinya

 Manfaat Teknologi NFC dan Aplikasinya sesuai dengan kasus penggunaannya  :

1.NFC untuk Pembayaran Tanpa Tunai

 Nyaman:

Kenyamanan pembayaran adalah salah satu keuntungan terbesar dari teknologi ini.  NFC membuatnya sangat mudah bagi pelanggan untuk melakukan pembayaran instan melalui smartphone dan tablet mereka, menggunakan dompet ponsel mereka.

 Proses pembayaran sangat mudah dipahami dan digunakan.  Ini juga membantu pelanggan untuk melakukan transaksi keuangan dengan hanya menyentuh dan mengetuk layar mereka.

 Serbaguna:

NFC sangat serbaguna karena mencakup berbagai industri dan layanan yang berbeda.  Cara pembayaran dapat digunakan untuk mobile banking, memesan kursi restoran, tiket film, memesan tiket kereta, mendapatkan pembaruan real-time tentang pengeluaran, mengumpulkan dan menebus poin hadiah, kupon, dll.

 Pengalaman Pengguna yang Hebat:

Teknologi NFC bermanfaat bagi perusahaan karena organisasi siap beradaptasi dengan teknologi terbaru yang dinamis dan progresif.

 Menggunakan teknologi NFC juga membantu melayani pelanggan dengan lebih baik dengan memberi mereka cara pembayaran yang mudah dan bebas repot.  Menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi yang memungkinkan memperoleh loyalitas pelanggan dan juga menarik pelanggan baru. Ini merupakan salah satu Manfaat Teknologi NFC dan Aplikasinya yang terbaik.

2.NFC dalam Pelacakan Aset

 Pengembalian Aset:

Sistem pelacakan aset NFC memberikan cara inovatif untuk memastikan bahwa barang yang diambil dari toko aset dikembalikan atau tidak.

 Setiap kali aset meninggalkan area penyimpanan, data dimasukkan bersama dengan nama karyawan yang ditugaskan dan detailnya.  Setelah aset dikembalikan detailnya akan otomatis tercatat.

 Keamanan Aset:

Dengan tag NFC terlampir di fasilitas penyimpanan, kantor, dan ruang lainnya, pastikan panel keamanan memeriksa setiap area secara teratur saat berpatroli.

 Setiap kali pada pemeriksaan fisik suatu ruangan, dapat menggunakan telepon untuk mengetuk tag NFC dan membuktikan bahwa semua aset telah ada.

 Antarmuka Web:

 Antarmuka web memungkinkan Anda untuk memeriksa operator dan semua objek atau orang yang dipantau.  Anda dapat dengan mudah mengawasi semua tugas Anda dengan itu Anda juga dapat menetapkan tenggang waktu.

 Kecepatan Pemindaian:

 Tag NFC lebih cepat berfungsi.  Anda hanya perlu mendekatkan ponsel Anda ke satu tag NFC untuk merekam pemantauan dan secara otomatis mengirim peringatan, jika diperlukan.  Semua pembaruan secara real-time.  Semuanya tersimpan di cloud.  Anda dapat mengekspor laporan dengan cara yang lebih cepat. Ini merupakan salah satu Manfaat Teknologi NFC dan Aplikasinya yang sangat penting.

3.NFC untuk merekam Waktu & Kehadiran

 Seamless:

Enkripsi tingkat tinggi NFC memungkinkan lembaga dan organisasi untuk menggunakannya sebagai semacam sistem keamanan karena akan memberikan pembaruan ID akurat pada orang yang masuk dan keluar tempat.

 Karyawan organisasi menggunakan teknologi NFC untuk berinteraksi secara mulus di lingkungan kantor, berbagi informasi real-time tentang jam kerja dan kehadiran satu sama lain.

 Aman:

Menggunakan dompet seluler, sampai batas tertentu, lebih aman daripada menggunakan kartu kredit fisik.  Jika terjadi pencurian perangkat seluler, informasi kartu kredit pengguna dilindungi kata sandi dan PIN.  Ini menambah lapisan keamanan tambahan.

 Selain itu, kartu pembayaran berkemampuan NFC dibuat agar lebih aman daripada garis magnetik kartu kredit biasa.  Saat menggunakan sistem pembayaran ini, penjual tidak akan memiliki akses fisik ke informasi kartu kredit pelanggan.

 Peningkatan Produktivitas:

 NFC meningkatkan efisiensi & produktivitas dalam organisasi dengan menghasilkan lebih banyak pendapatan karena berpotensi menarik lebih banyak pelanggan, juga dapat digunakan untuk komunikasi staf di tempat kerja dan cocok untuk berbagai industri. Ini merupakan salah satu Manfaat Teknologi NFC dan Aplikasinya yang paling utama.

4.NFC untuk Transportasi

 Untuk Wisatawan :

Ponsel berkemampuan NFC memiliki keunggulan besar dibandingkan tiket kertas.  Tiket bisa disimpan di telepon yang secara inheren lebih tahan lama, sulit hilang, dan lebih ramah lingkungan daripada tiket kertas.

 Selain itu, dapat lebih nyaman daripada kartu plastik.  Wisatawan hanya perlu mengetuk tag informasi yang tertanam di poster pintar untuk mengunduh data terkait seperti jadwal kereta, informasi tentang tempat wisata terdekat, ini semua meningkatkan pengalaman perjalanan orang tersebut.

 NFC juga dapat berkomunikasi dengan reader saat ini untuk memungkinkan berbagai layanan seperti menyewa sepeda, membuka loker penyimpanan, dll.

 Untuk Operator Transportasi:

Program NFC telah berhasil memuaskan pelanggan / wisatawan karena solusi pembayaran tiket dan pembayaran yang mudah dan tanpa kontak.  Dalam sistem gerbang tertutup, penggunaan telah meningkat, dan waktu naik bus juga meningkat.

 Operator transportasi diuntungkan dari berkurangnya biaya operasi dan pemeliharaan dengan memotong dari tiket kertas, mesin tiket, penjual tiket, dan penjual tiket.

 Perangkat seluler memungkinkan operator untuk menyediakan layanan tambahan seperti pengaturan bahasa, iklan, dan peluang promosi, informasi pariwisata, skema loyalitas, dan pemasaran langsung. Ini merupakan salah satu Manfaat Teknologi NFC dan Aplikasinya yang terbaik.

5.NFC di Industri Farmasi

 Untuk Autoinjectors:

 Label-NFC untuk autoinjectors dikombinasikan dengan aplikasi smartphone yang sesuai yang memberi tahu pengguna bahwa produk tersebut asli.

 Label ini melilit autoinjector termasuk tutupnya, ia memiliki chip NFC terintegrasi yang mudah dibaca dengan aplikasi smartphone.

 Verifikasi Produk:

Sebelum membuka tutup segel untuk pertama kali, pasien dapat memverifikasi apakah produk tersebut asli atau tidak dan menerima konfirmasi tentang hal tersebut.

 Setelah membuka tutup dan label dan membaca chip NFC sekali lagi, pasien akan menerima peringatan pada smartphone mereka yang menunjukkan apakah produk sebelumnya dibuka atau dirusak, memungkinkan pasien untuk dengan mudah dan cepat memeriksa keutuhan alat bantu injeksi mereka dari mana saja di mana saja  waktu. Ini merupakan salah satu Manfaat Teknologi NFC dan Aplikasinya yang sangat penting.

 NFC (Near Field Communication) telah mulai membentuk masa depan gadget elektronik dalam kehidupan manusia.  Ketika harga pembuatan chip akan turun, ponsel yang mendukung NFC akan menjadi standar dan aplikasi mereka akan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan.

 Di zaman sekarang, transaksi digital sangat umum sehingga kita dapat membeli setiap hal kecil dengan transaksi online.  Dengan teknologi yang berkembang orang hanya khawatir tentang keamanan data pribadi yang disimpan pada perangkat NFC mereka.

 Tetap saja, Manfaat Teknologi NFC dan Aplikasinya yang harus dimiliki di smartphone dan orang-orang hanya perlu sedikit pengetahuan untuk membuat mereka lebih sadar tentang cara kerjanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *