Info IT

Manfaat Teknologi Bluetooth dan Aplikasinya

Teknologi Bluetooth adalah teknologi radio yang digunakan dan memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat tanpa kabel tetapi menggunakan bandwidth bebas biaya dari 2,4...

Written by Bambang Winarso · 3 min read >
teknologi bluetooth dan aplikasinya-infomudah

Teknologi Bluetooth adalah teknologi radio yang digunakan dan memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat tanpa kabel tetapi menggunakan bandwidth bebas biaya dari 2,4 GHz, serta untuk mentransfer data antara perangkat yang dipasangkan, namun memiliki batasan dalam jarak operasi.

Teknologi nirkabel Bluetooth memungkinkan kita untuk berbagi data, suara, musik, video, dan banyak informasi di antara perangkat berpasangan. Perangkat ini dibangun ke dalam banyak produk, mulai dari ponsel, mobil hingga perangkat medis dan komputer.  Anda dapat mencetak dokumen dan gambar dengan Bluetooth, jadi, Anda harus memilih printer yang mendukung perangkat Bluetooth , dan Anda dapat berbicara dengan teman-teman Anda saat mengobrol melalui headset Bluetooth.

 Pentingnya Bluetooth

Teknologi Bluetooth adalah teknologi komunikasi nirkabel jarak pendek terstandarisasi yang menggunakan frekuensi radio berdaya rendah dengan biaya rendah, interoperable & menyedot energi yang sangat sedikit. Ini adalah sistem komunikasi nirkabel khusus yang memungkinkan perangkat elektronik yang sangat berbeda untuk berkomunikasi dengan  satu sama lain, Sebagian besar kendaraan baru memiliki konektivitas Bluetooth.

Smartphone menggunakan teknologi Bluetooth untuk berkomunikasi dengan perangkat lain, dan komputer pribadi portabel atau laptop adalah yang pertama menggunakan teknologi Bluetooth.  Bluetooth dapat bekerja di antara dua perangkat yang diaktifkan dan tidak memerlukan peralatan jaringan tambahan seperti router atau modem, jadi, ini adalah pilihan populer untuk mengirim data antara elektronik seluler dalam jarak dekat.

Anda dapat membuat ponsel, laptop, tablet, dan stereo mobil saling berkomunikasi dengan teknologi nirkabel Bluetooth, Anda dapat menghubungkan perangkat Anda tanpa kabel dan Anda dapat bergerak dengan jaringan Anda dengan mudah karena jangkauan transmisi Bluetooth sekitar 10 meter.

teknologi bluetooth dan aplikasinya-infomudah

Kemampuan Teknologi Bluetooth

Teknologi Bluetooth memiliki kemampuan penambatan data dan aplikasi yang memungkinkan handset untuk berbagi koneksi Internet dengan perangkat yang terhubung, Jadi, Anda dapat menjawab email dengan laptop karena teknologi Bluetooth sangat berguna dalam komunikasi nirkabel.  Radio FM, ponsel & televisi semuanya menggunakan gelombang radio untuk mengirim informasi secara nirkabel, Dan sementara teknologi Bluetooth juga menggunakan gelombang radio, tetapi mentransmisikannya dalam jarak yang lebih pendek.

Teknologi Bluetooth beroperasi pada gelombang industri, ilmiah dan medis (ISM) yang tidak berlisensi pada 2,4 hingga 2,485 GHz dengan menggunakan spektrum spread, frekuensi hopping, sinyal dupleks penuh pada tingkat nominal 1600 hop / detik.

Radio dan siaran TV dapat dikirim dalam jarak ratusan kilometer, sedangkab teknologi Bluetooth mengirimkan informasi dalam Personal Area Network atau “PAN” (alias ruang pribadi Anda sendiri) pada jarak hingga 100 meter tergantung pada  implementasi perangkat.

Teknologi Bluetooth adalah pengganti nirkabel untuk kabel telepon, headset, keyboard dan mouse dan Smartphone, PC dan tablet yang semuanya mendukung teknologi Bluetooth.

Teknologi Bluetooth juga berkembang di industri otomotif di mana pengemudi dapat memantau informasi penting seperti diagnostik kendaraan, lalu lintas, dan bahkan kesehatan pengemudi, semuanya dalam waktu real-time.  Bluetooth dapat melakukan transfer file atau bahkan sinkronisasi pada laptop, dan Anda dapat memilih untuk mengirim file atau menelusuri perangkat dengan mudah dan cepat. Jadi, teknologi Bluetooth dapat membuat hidup Anda lebih mudah.

Car Whispering melibatkan penggunaan perangkat lunak yang memungkinkan peretas untuk mengirim dan menerima audio ke dan dari sistem stereo mobil berkemampuan Bluetooth, Jadi, produsen perangkat berkemampuan Bluetooth meningkatkan keamanan untuk memastikan bahwa penyimpangan keamanan Bluetooth ini tidak muncul dengan produk mereka untuk melindungi dari kerentanan tersebut dan bentuk lainnya.

Di bawah ini adalah 10 Manfaat Teknologi Bluetooth dan alasan menggunakan teknologi ini.

1.Teknologi Nirkabel

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, ada banyak manfaat menggunakan gadget WiFi.  bersama dengan meningkatkan perlindungan jaringan tanpa kabel,  nirkabel juga memberi Anda banyak keuntungan lainnya.  Saat melakukan tur bersama dengan PC Anda atau gadget nirkabel lainnya, Anda mungkin tidak perlu khawatir tentang membawa kabel koneksi. Ini merupakan salah satu Manfaat Teknologi Bluetooth dan aplikasinya yang terbaik.

2.Bluetooth sebenarnya lebih murah

Bluetooth adalah teknologi yang murah karena dapat digunakan tanpa memerlukan perangkat tambahan,  hal ini sangat menguntungkan bagi korporasi. Penghematan finansial ini kemudian dapat diterapkan baik di kantor ataupun rumah Anda.

3.Bluetooth otomatis

Bluetooth tidak pernah membuat koneksi atau menekan tombol apa pun.  ketika dua atau lebih perangkat masing-masing berada dalam jarak 30 cm, peralatan tersebut secara robotik mulai berkomunikasi tanpa Anda harus melakukan apa pun. Ini merupakan salah satu Manfaat Teknologi Bluetooth dan aplikasinya yang sangat penting.

4.Protokol standar

Bluetooth adalah produk nirkabel standar, yang memiliki tingkat kompatibilitas yang tinggi di antara gadget.  Bluetooth akan menghubungkan perangkat ke setiap peralatan , bahkan jika itu bukan model yang sama.

5.Gangguan rendah

 Perangkat Bluetooth hampir selalu menghindari gangguan dari gadget nirkabel lainnya.  Bluetooth memanfaatkan pendekatan yang disebut frekuensi hopping, dan juga merupakan perangkat nirkabel yang hemat energi. Ini merupakan salah satu Manfaat Teknologi Bluetooth dan aplikasinya yang utama.

6.Konsumsi energi yang rendah

Sebagai hasil dari penggunaan Bluetooth memiliki indikator listrik yang rendah, perangkat memerlukan sedikit atau tidak ada energi dan dapat menggunakan baterai atau daya listrik rendah untuk saling berkomunikasi. Hal ini merupakan keuntungan luar biasa untuk gadget seluler, karena Bluetooth mungkin tidak menguras baterai.

7.Berbagi suara dan fakta

Teknologi Bluetooth akan memungkinkan gadget yang saling terhubung untuk berbagi statistik dan komunikasi suara.  Yang luar biasa untuk telepon seluler dan headset, karena Bluetooth menyederhanakan penggunaan dan komunikasi pada ponsel Anda. Ini merupakan salah satu Manfaat Teknologi Bluetooth dan aplikasinya yang terbaik.

8.PAN Instan (Personal Area Network)

Anda dapat menghubungkan sebanyak tujuh perangkat Bluetooth berbeda untuk masing-masing saling berkomunikasi dalam jarak 1 m atau lebih, Hal ini membentuk piconet atau PAN. Untuk satu kamar, Anda juga dapat menginstal lebih dari satu piconet. Ini merupakan salah satu Manfaat Teknologi Bluetooth dan aplikasinya yang sangat penting.

9.Dapat ditingkatkan

Salah satu manfaat Bluetooth adalah Upgradeable yang merupakan hal biasa untuk Bluetooth.  Ada versi Bluetooth yang lebih modern yang menawarkan banyak keuntungan baru dan selalu cocok dengan variasi yang lebih lama.

10.Teknologi yang bertahan lama

Bluetooth adalah teknologi internasional umum seperti wi-fi.  Hal ini menjadikan Bluetooth sangat populer, Anda dapat mengandalkannya selama bertahun-tahun untuk menggunakannya.  Saat ini semakin banyak perangkat yang menggunakan teknologi Bluetooth. Produsen melihat ini sebagai peluang dan memproduksi perangkat seluler dengan teknologi yang sama, hal ini menjadikan Bluetooth sebagai solusi untuk jaringan Nirkabe lokal. Ini merupakan salah satu Manfaat Teknologi Bluetooth dan aplikasinya yang terbaik.

Secara keseluruhan, Manfaat Teknologi Bluetooth dan aplikasinya memungkinkan Anda untuk mensimulasikan suasana kerja intranet kantor kecil dengan menyambungkan elektronik yang kompatibel dan menjaga mereka di bawah kendali Anda sehingga hal ini dapat digunakan untuk membuat sistem bebas kabel di tempat kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *