Info IT

Manfaat Teknologi 5G Untuk Konsumen dan Operator

Broadband nirkabel generasi kelima atau 5G adalah kemajuan terbaru dalam teknologi seluler.  5G akan sangat meningkatkan kecepatan dan daya tanggap jaringan nirkabel...

Written by Irfan · 3 min read >
manfaat-teknologi-5g-infomudah

Broadband nirkabel generasi kelima atau 5G adalah kemajuan terbaru dalam teknologi seluler.  5G akan sangat meningkatkan kecepatan dan daya tanggap jaringan nirkabel dan memperluasnya untuk memungkinkan ratusan ribu koneksi.  5G menawarkan kapasitas yang lebih besar, kecepatan data yang lebih tinggi, dan latensi yang jauh lebih rendah — dan itu akan mendukung inovasi lebih lanjut seperti internet of things (IoT) dan menciptakan dunia yang lebih cerdas, lebih terhubung.

Berapa lama untuk tiba teknologi 5G?

Peluncuran 5G secara resmi dijadwalkan untuk tahun 2020, tetapi pengembangannya telah berlangsung dengan baik selama beberapa waktu dengan banyak perusahaan yang telah memperkenalkan versi awal perangkat, aplikasi, dan jaringan 5G.  Namun, masih perlu beberapa tahun sebelum kita melihat potensi penuh dan manfaat 5G.

Fitur 5G yang paling banyak dibahas adalah peningkatan kecepatan dan bandwidth.  Dengan kecepatan data hingga 10 Gbps, 5G akan menghadirkan peningkatan 10 kali hingga 100 kali lipat dari teknologi 4G LTE yang ada.  Cellular sekarang menjadi teknologi potensial untuk otomatisasi kantor cabang karena koneksi WAN akhirnya memiliki bandwidth yang cukup.  Untuk bisnis, manfaat nyata 5G mungkin bukan bandwidth sebenarnya, tetapi tekanan yang diberikan 5G pada harga pasar konektivitas WAN yang sudah ada.

manfaat-teknologi-5g-infomudah

Manfaat Teknologi 5G untuk Bisnis dan Perusahaan

 Latensi rendah 5G, serendah 1 milidetik, akan menjadi kunci lain untuk penggunaan WAN.  Pelanggan menggunakan MPLS atau jalur khusus saat ini terutama untuk latensi rendah dalam aplikasi lini bisnis.  Latensi rendah 5G dapat membawa fleksibilitas tambahan yang memungkinkan bisnis membuang beberapa infrastruktur MPLS kantor cabang mereka demi koneksi 5G yang lebih murah dan lebih fleksibel ke cabang.  Ini terutama berlaku di infrastruktur ritel atau bersama atau lingkungan yang sangat terpencil. Ini merupakan salah satu Manfaat Teknologi 5G yang paling utama.

 Kepadatan 5G akan memungkinkan perangkat yang terhubung hingga 100 kali lebih banyak di area fisik yang sama dengan 4G LTE yang beroperasi saat ini, dengan tetap mempertahankan ketersediaan 99,999%.  Meskipun kepadatan ini dapat membawa keuntungan bisnis bagi tenaga kerja seluler, manfaat sebenarnya adalah meningkatkan ukuran pasar pelanggan seluler.  E-commerce seluler tumbuh lebih cepat daripada e-commerce tradisional dan berbasis komputer.  Lebih banyak pelanggan daripada sebelumnya menggunakan teknologi seluler untuk berbelanja online, jadi kepadatan yang lebih besar meningkatkan pasar yang bisa ditangani secara keseluruhan.

 Diperkirakan 90% pengurangan konsumsi daya untuk perangkat berarti penghematan daya kecil di level ponsel cerdas.  Tapi, dari perspektif infrastruktur, terutama untuk perangkat IoT, penghematan daya bisa signifikan.  Menggabungkan perangkat IoT dengan komunikasi seluler 5G berarti overhead daya yang lebih rendah dalam desain dan konsumsi aktual.  Perangkat jarak jauh dapat diperkirakan akan bertahan lebih lama secara signifikan saat menggunakan baterai saja.  Beberapa perkiraan bahkan menunjukkan bahwa masa pakai baterai jarak jauh 10 tahun mungkin dapat dicapai untuk perangkat sensor berbasis IoT yang digunakan di lokasi terpencil. Ini merupakan salah satu Manfaat Teknologi 5G yang sangat penting.

 Keamanan selalu menjadi perhatian bagi perangkat seluler dan perangkat IoT karena yang terakhir hidup di ujung jaringan perusahaan.  Dengan 5G, keamanan yang lebih kuat dari 4G LTE akan tersedia untuk para desainer, termasuk modul keamanan perangkat keras, layanan manajemen utama, over the air, elemen aman dan lainnya.  Ini akan membantu memastikan bahwa data yang dikirimkan melalui jaringan 5G aman sementara juga mengeraskan titik akhir jaringan. Ini merupakan salah satu Manfaat Teknologi 5G yang terbaik.

 3 Manfaat Teknologi 5G Untuk Konsumen

  1. Kendaraan yang terhubung

 Dengan 5G, muncul kecepatan dan konektivitas yang belum pernah ada sebelumnya, ini adalah teknologi yang dibutuhkan untuk membuat mobil otonom, atau mengemudi sendiri menjadi kenyataan.  Jaringan 5G memiliki apa yang diperlukan untuk memungkinkan komunikasi dan pemrosesan data yang lebih cepat dari sebelumnya antara kendaraan, jaringan, infrastruktur, dan bahkan pejalan kaki.  Dengan kata lain, jaringan 5G akan memfasilitasi komunikasi antara segala sesuatu di jalan, dari tiang lampu sampai pompa bensin untuk kepentingan keselamatan dan manajemen lalu lintas. Ini merupakan salah satu Manfaat Teknologi 5G yang sangat penting.

  1. Smartphone

Teknologi 5G merupakan Perubahan besar untuk smartphone  dan perangkat 5G akan segera menjadi norma.  Keuntungan utama 5G daripada 4G untuk pengguna adalah jangkauan yang lebih baik, misalnya sinyal akan mengenai tempat yang sebelumnya sulit dijangkau dengan koneksi yang dijamin sebagai bagian dari paket layanan.  Terlebih lagi, pelanggan pada akhirnya akan mendapatkan kualitas luar biasa yang mereka harapkan pada perangkat mereka, dengan unduhan yang diprediksi tidak akan memiliki penundaan. Ini merupakan salah satu Manfaat Teknologi 5G yang paling utama.

  1. Streaming dan hiburan

Teknologi 5G menawarkan keunggulan yang mencolok dibandingkan teknologi sebelumnya, dengan kapasitas yang hampir tak terbatas dan waktu jeda yang singkat.  Selain kualitas yang lebih baik dan streaming yang jauh lebih cepat, 5G menjanjikan pengalaman mendalam yang revolusioner, termasuk konten digital multisensor berkat peningkatan kapasitas yang akan mendukung teknologi seperti  virtual reality, augmented reality dan 3D. Ini merupakan salah satu Manfaat Teknologi 5G yang terbaik.

Memberikan pengalaman 5G kepada konsumen

Layanan dan aplikasi 5G adalah tambang emas potensial untuk operator telekomunikasi. Tetapi dengan ekspektasi konsumen yang terus tumbuh, bagaimana operator memastikan mereka memberikan pengalaman 5G dan memanfaatkan aliran pendapatan baru. Teknologi 5G menjanjikan berbagai kasus penggunaan termasuk IoT, IoT industri, kota pintar dan transportasi dan video real-time, tetapi menjamin kinerja layanan dan aplikasi baru ini akan membutuhkan solusi jaminan layanan tanpa cacat.  Dan untuk mendukung berbagai kasus penggunaan industri ini, operator harus mengubah arsitektur jaringan mereka.

 Inovasi 5G dan tuntutan beragam layanan juga menghadirkan kompleksitas jaringan dan operasional yang signifikan.  Operator telekomunikasi harus menerapkan otomatisasi jaringan tingkat tinggi untuk mengatasi kompleksitas 5G ini dan mengendalikan biaya operasional.  Pendekatan otomatisasi jaringan yang dipimpin oleh jaminan dapat membantu operator untuk mengoperasikan 5G dengan maksimal.

Kita baru mulai melihat manfaat teknologi 5G, dengan pengembangan awal dan kasus penggunaan baru saja diluncurkan.  Kecepatan 5G yang luar biasa, kapasitas yang lebih besar, dan konektivitas yang hampir tak terbatas akan memungkinkan konsumen menikmati dunia yang lebih cerdas, lebih terhubung dengan layanan seluler yang lebih baik, jalan yang lebih aman, dan hiburan yang spektakuler.  5G juga merupakan potensi besar untuk aliran pendapatan baru bagi operator.

Dipuji sebagai revolusi teknologi berikutnya, 5G menjanjikan keuntungan yang akan menyentuh setiap bidang pengalaman manusia, dari keamanan hingga hiburan dan seterusnya.

Dengan memaksimalkan Manfaat Teknologi 5G, Kita akan lihat apa yang dilakukan operator seluler untuk memfasilitasi kedatangannya dan memastikan operator dapat memperoleh manfaat penuh dengan solusi jaminan layanan mutakhir.

manfaat pertanian presisi

Manfaat Pertanian Presisi

Agung Sanjaya in Info IT
  ·   4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *