Info IT

Manfaat Pertanian Presisi

Permintaan akan makanan di seluruh dunia terus meningkat.  Masuk akal jika produsen memanfaatkan alat yang membuat mereka lebih efisien, dan lebih produktif. ...

Written by Agung Sanjaya · 4 min read >
manfaat pertanian presisi

Permintaan akan makanan di seluruh dunia terus meningkat.  Masuk akal jika produsen memanfaatkan alat yang membuat mereka lebih efisien, dan lebih produktif.  Pertanian presisi adalah salah satu cara yang memberikan data dan pengetahuan yang dibutuhkan petani untuk benar-benar mengoptimalkan operasi pertanian mereka.

Teknologi merupakan aspek penting dari kehidupan petani modern, karena membuat pekerjaan mereka konsisten, kompetitif dengan teknologi maju yang dikembangkan lapangan.  Secara khusus, pertanian presisi adalah bentuk pertanian modern yang menggunakan teknologi inovatif termasuk robot, sensor, dan pemetaan GPS.  Teknologi ini menganalisis data dan mengelola pertanian dengan cara tertentu, yang ditargetkan pada tanaman tersebut dan kondisi lingkungan.  Pertanian presisi memiliki banyak manfaat, dan berdampak positif pada bidang pertanian dalam beberapa hal.

Manfaat Pertanian Presisi

Banyak sekali manfaat yang didapat dari teknologi pertanian presisi, beberapa diantaranya adalah :

Operasi Hemat Biaya

Jika digunakan dengan baik, Pertanian presisi memiliki potensi untuk berdampak besar pada keuntungan petani.  Karena penggunaan sumber daya seperti pupuk, bahan kimia, atau pestisida jauh lebih tepat sasaran, berarti limbah jauh lebih sedikit daripada pendekatan penyemprotan selimut alternatif.  Dengan kejelasan yang lebih baik tentang berapa banyak dari setiap sumber daya yang dibutuhkan, petani memiliki indikasi yang lebih baik tentang pengeluaran yang diproyeksikan, dan dapat menganggarkan sesuai kebutuhan. Ini merupakan salah satu manfaat pertanian presisi yang terbaik.

Hasil Yang Lebih Tinggi

Pertumbuhan tanaman yang lebih baik dan kondisi yang dioptimalkan tidak mengherankan menghasilkan hasil yang lebih tinggi.  Alat pertanian presisi memberi Anda kemampuan untuk memberikan tanaman apa yang mereka butuhkan, persis seperti yang mereka butuhkan.  Ambil contoh, penerapan pupuk.  Teknologi pertanian presisi akan mengukur dan memperhitungkan variasi tanah, dan kemudian menyesuaikan penggunaan pupuk yang sesuai.  Alat pemetaan biomassa juga memungkinkan untuk membuat tanaman yang sangat terlokalisasi dan rencana nutrisi yang secara tepat mengatasi variabilitas, dan karena itu meningkatkan kemungkinan tanaman akan menghasilkan panenan yang besar.

Kualitas Produksi Lebih Baik

Pengguna pertanian presisi juga lebih cenderung melihat produk berkualitas lebih baik dari setiap hasil.  Melalui pemantauan tanah, irigasi, dan pengolahan tanah yang lebih akurat, tanaman akan lebih cenderung berkembang.  Dengan akses ke informasi waktu nyata, lebih mudah untuk mengambil masalah yang dapat berdampak pada produksi, dan oleh karena itu dengan cepat mengambil tindakan untuk membuat penyesuaian yang diperlukan. Ini merupakan salah satu manfaat pertanian presisi yang terbaik.

Profitabilitas yang lebih besar

Meskipun pertanian masih dalam tahap volatilitas cuaca, perubahan pasar dan harga komoditas, semakin banyak variabel yang dapat dikurangi, semakin baik.  Mengambil keputusa dengan bantuan teknologi dapat membantu peluang untuk panen yang sukses. Ini merupakan salah satu manfaat pertanian presisi yang terbaik.

Mengurangi Kerusakan Lingkungan

Penerapan sumber daya yang berkurang dan lebih akurat juga menghasilkan dampak lingkungan yang tidak terlalu merusak.  Studi menunjukkan bahwa praktik pertanian presisi memiliki kontribusi positif terhadap pengurangan gas rumah kaca.  Pengelolaan hara dan irigasi yang lebih baik juga secara dramatis mengurangi limbah yang tidak perlu sementara pengelolaan tanah yang lebih baik dalam jangka panjang dapat berarti kebutuhan untuk menggunakan bahan kimia dapat berkurang seiring waktu. Ini merupakan salah satu manfaat pertanian presisi yang terbaik.

Pengambilan keputusan yang lebih terinformasi

Pengetahuan dan intuisi bisa membantu Anda sejauh ini, tetapi data tidak berbohong.  Informasi yang dapat diperoleh petani dari rangkaian alat canggih akan menghilangkan dugaan dari operasi – hal-hal seperti rotasi tanaman, waktu tanam, pemanenan, dan pengelolaan tanah.  Platform perangkat lunak yang ramah pengguna memvisualisasikan data, membuatnya mudah untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang kinerja pertanian, mengidentifikasi tren, dan menangkap varians.

Baca juga : Apa Itu Pertanian Presisi

Dengan informasi ini di ujung jari, Petani memiliki posisi yang lebih baik untuk membuat keputusan yang lebih tepat tentang apa yang terjadi baik di pertanian maupun di kantor.  Petani yang memanfaatkan wawasan ahli agronomi atau penasihat juga dapat dengan mudah membagikan data ini – di mana pun mereka berada.  Pengambilan keputusan tidak hanya lebih pintar, tetapi juga lebih cepat. Ini merupakan salah satu manfaat pertanian presisi yang terbaik.

Dampak Positif Teknologi Pertanian Presisi

Meningkatkan Hasil

Presisi ag dapat membantu meningkatkan hasil ladang dengan menganalisis tanah secara rinci.  Dengan menggunakan pemetaan GPS, misalnya, seorang petani dapat menentukan wilayah mana yang memiliki potensi tertinggi dan dapat memilih untuk mengembangkan lahan tersebut untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Salah satu metode penting dalam presisi ag untuk optimasi hasil adalah pengambilan sampel tanah.  Pengambilan sampel tanah melibatkan melihat senyawa di dalam tanah dan menarik kesimpulan dari temuan ini .  Pada saat pengambilan sampel tanah dilakukan pemeriksaan kadar fosfor dan kalium dalam tanah, terdeteksi pH tanah, dan dapat ditentukan luas lahan yang optimal.

Baca juga : Cara Kerja Pertanian Presisi

Melihat areal yang optimal menunjukkan kepada petani dimana hasil yang optimal akan dihasilkan.  Namun, contoh tanah ini juga memberikan informasi berharga tentang daerah dengan hasil yang lebih rendah.  Melihat tingkat area yang kurang dapat membantu petani memahami apa yang dapat dilakukan pada bagian lahan tersebut agar dapat menghasilkan lebih banyak.  Karena banyaknya data yang dapat dikumpulkan dengan menggunakan metode presisi ag, metode pertanian digital ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan hasil.

Ramah Lingkungan Dan Berkelanjutan.

Keuntungan lain dari pertanian presisi adalah bahwa ini merupakan praktik pertanian yang berkelanjutan.  Precision ag mengurangi pemborosan input termasuk pupuk, benih, dan pestisida karena input hanya didistribusikan di area tertentu yang ditargetkan.  Ini berarti lebih sedikit limbah yang dihasilkan dan lebih sedikit resistensi pestisida pada tanaman.  Salah satu organisasi nirlaba yang bersemangat tentang ketahanan pangan, kesehatan tanaman, dan lingkungan dalam hal pertanian digital adalah Institut Nutrisi Tanaman Internasional.  Situs web mereka memiliki banyak publikasi yang membahas tentang presisi dan mempromosikan nutrisi tanaman.

Baca juga : Contoh Aplikasi Pertanian Presisi

Contoh metode presisi ag yang berkelanjutan adalah manajemen khusus lokasi yang didasarkan pada gagasan bahwa tindakan pertanian harus dilakukan di tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat.  Teknik ini memahami konsep alokasi temporal dan spasial.  Juga, ini berfokus pada informasi tahap perkembangan di bidang pertanian.  Untuk tanaman, petani akan melihat gaya hidup tanaman, dan dari segi hewan, mereka akan menggunakan sistem barcode untuk memantau kesehatan ternak.

Dengan melihat tahapan perkembangan tanaman, petani dapat fokus memanen pangan pada saat-saat tersebut.  Ini memperhatikan lingkungan, karena pertanian terutama akan dilakukan selama musim efektif dan bila perlu.  Kemampuan yang dimiliki presisi ag untuk memengaruhi lingkungan dengan cara yang positif, tanpa mengorbankan kesuksesan, adalah manfaat lain dari pertanian presisi.

Efisien

Pertanian presisi efisien.  Dengan penerapan otomasi, ag presisi mengurangi kebutuhan akan tenaga kerja manual dan mempromosikan pemanfaatan penuh kenyamanan teknologi.  Secara khusus, sensor, pemetaan GPS, dan drone telah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap efisiensi pertanian.

Baca juga : Keuntungan dan Kerugian Pertanian Presisi

Dengan otomatisasi yang ditingkatkan, petani dapat menggunakan drone yang dilengkapi kamera untuk memantau tanaman mereka dan membuat drone mereka memindai hektar lahan pada satu waktu (Ling dan Bextine 2017).  Mereka juga dapat mendistribusikan air, pupuk, dan input lainnya ke tanaman mereka secara langsung melalui perangkat elektronik mereka.  Dengan mendapatkan data secara elektronik, petani dapat dengan mudah menerima informasi penting tentang kesehatan dan produktivitas tanaman, memberi mereka lebih banyak waktu untuk menentukan perbaikan apa yang perlu dilakukan.  Selain itu, kamera dan teknologi pemindaian ini membuat pertanian jauh lebih realistis dan akurat, karena petani tidak akan dapat menganalisis hektar lahan dengan cepat dan efektif sendiri.

Drone terus menjadi semakin berharga di bidang ini.  Halaman blog drone memposting artikel tentang perusahaan pertanian digital Micasense.  Micasense menciptakan drone baru untuk pertanian presisi.  Munculnya artikel ini adalah pengingat yang baik tentang perkembangan berkelanjutan dari teknologi presisi ag, dan pentingnya investasi ini.  Selain itu, karena manfaat teknologi presisi ag pada kehidupan petani, presisi ag akan terus menjadi penting di lapangan.

Sangat jelas bahwa ada banyak manfaat untuk presisi ag.  Ini secara keseluruhan dapat membuat pertanian lebih mudah dan lebih praktis, tanpa mengorbankan integritas lingkungan.  Untuk alasan ini, presisi ag harus terus diinvestasikan dan diteliti untuk tetap menjadi aspek sentral dari pertanian digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *