Info IT

Manfaat Aset Digital

Sejak awal milenium, media digital telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari.  Hidup di dunia digital berarti kita melihat ‘aset digital’...

Written by Irfan · 4 min read >
Manfaat Aset Digital

Sejak awal milenium, media digital telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari.  Hidup di dunia digital berarti kita melihat ‘aset digital’ di mana-mana.  Baik itu foto di perangkat seluler atau film yang kita streaming di layanan seperti Netflix, kita berinteraksi dengan aset ini setiap hari.  Ratusan hingga ribuan kali, aset ini adalah bagian penting dari pengalaman sehari-hari kita.

Apa itu Aset Digital

Mendefinisikan ‘aset digital’ itu rumit bagi sebagian orang, dengan banyak yang percaya bahwa mereka hanya berupa foto dan video.  Saat ini , orang mulai menyertakan berbagai file digital lainnya dalam definisi mereka, seperti dokumen, presentasi, dan spreadsheet.

Untuk menggambarkannya dengan cara yang sesederhana mungkin, aset digital adalah konten yang tunduk pada penyimpanan digital.  Aset ini adalah segala sesuatu yang ada dalam format biner dan dilengkapi dengan hak untuk digunakan.  Data yang gagal untuk memiliki hak tersebut secara teknis bukanlah aset.

Aset digital termasuk – tetapi tidak terbatas pada – dokumen digital, konten audio, akun sosial media, mata uang digital, website dan video.  Atau, data yang sedang, atau akan, disimpan di peralatan digital.  Contoh peralatan ini adalah komputer pribadi, laptop, tablet, pemutar media portabel, perangkat penyimpanan, dan perangkat telekomunikasi.

Data biner adalah satu-satunya bentuk data yang dapat langsung dipahami dan dijalankan oleh komputer.  Oleh karena itu, inilah fitur penentu yang secara efektif membuat aset menjadi digital.  Dari sini, kami memiliki tiga karakteristik utama yang memenuhi syarat aset digital:

  • Harus bersifat digital
  • Harus dapat diidentifikasi secara unik
  • Memberikan nilai yang cukup besar bagi perusahaan

Memang, definisi resmi dari aset digital terus berubah.  Format digital baru sedang bermunculan dalam bisnis, sehingga interpretasi aset digital sering kali beradaptasi dengan perubahan ini.  Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa format file hanyalah salah satu bagian dari definisi.

Apa perbedaan utamanya?

Secara umum, jenis file digital yang paling umum adalah foto, video, file audio, website,  akun sosial media dan dokumen Word, di antara beberapa lainnya.  Ini menimbulkan pertanyaan tentang apa perbedaan antara aset digital dan gambar atau dokumen lain.

Sederhananya, kuncinya di sini adalah apakah aset tersebut menambah nilai bagi perusahaan atau tidak.  Ini, seperti yang mungkin Anda ingat, adalah salah satu dari tiga karakteristik penentu aset digital.

Mari gunakan gambar dari jepretan foto sebagai contoh.  Misalkan seseorang menggunakan gambar ini dalam kampanye media sosial yang mempromosikan acara yang akan datang dan mendorong pendaftaran.  Dalam kasus khusus ini, gambar tersebut secara teknis akan menjadi aset digital.  Sebaliknya, anggaplah bahwa screenshot kasar dikirim ke klien potensial dalam email satu kali.  Dalam konteks ini, gambar tersebut memiliki nilai jangka panjang minimal, sehingga mungkin tidak akan dianggap sebagai aset digital.

Manfaat Aset Digital

Pengelolaan Aset Digital

Semua aset digital memberikan nilai tertentu, tetapi tidak semua aset digital memiliki nilai yang sama.  Faktanya, ada beberapa yang tidak tergantikan dan memiliki nilai yang melebihi biaya pembuatannya.  Pikirkan tentang aset digital yang secara praktis tidak mungkin dibuat ulang, seperti foto atau video yang merekam acara sekali seumur hidup.  Aset ini jauh lebih berharga bagi perusahaan atau individu daripada aset yang mungkin membutuhkan waktu untuk dibuat kembali.

Foto stok misalnya.  Kita membayar biaya lisensi untuk hak menggunakan foto stok, tetapi sebenarnya lebih mudah menemukan opsi alternatif.  Yang harus Anda lakukan adalah mencari foto lain yang memiliki tema serupa dan membayar biaya lisensi.

Di sisi lain, ada aset yang jauh lebih sulit untuk diciptakan kembali sehingga memiliki nilai yang lebih besar.  Panduan pengguna digital 100 halaman untuk program perangkat lunak yang berisi larik diagram dan konten lainnya, misalnya, akan cukup rumit untuk dibuat ulang.

Baca jugaApa Itu Aset Digital Yang Penting Bagi Perusahaan

Saat ini, perusahaan sangat bergantung pada aset digital untuk memberikan dampak yang kuat pada perilaku pembelian.  Apalagi mereka perlu membangun brand awareness.  Aset digital biasanya memberikan representasi visual dari produk atau layanan.  Terlebih lagi, mereka memungkinkan untuk terhubung dengan dan melibatkan audiens target melalui berbagai saluran dan media.  Intinya, aset digital adalah fondasi dari seluruh identitas merek.  Mulai dari logo perusahaan hingga salinan iklan , manajemen aset digital yang memadai sangatlah penting.

Membuatnya mudah ditemukan

Tentu, menginvestasikan waktu dalam pembuatan aset digital itu sangat penting.  Namun, intinya adalah bahwa aset itu hanya berharga jika orang lain dapat menemukannya.  Saat bekerja dengan banyak aset digital, sangat penting untuk mengambil langkah yang tepat untuk memastikan bahwa aset tersebut dapat ditemukan.  Selain itu, memastikan bahwa mereka dapat memiliki manajemen yang efisien.

Biasanya, ini dilakukan dengan penggunaan dua hal yang konsisten.  Yang pertama adalah metadata (kata kunci, judul, nama fotografer, dll.) Dan yang kedua adalah taksonomi cerdas (yaitu struktur kategori).

‘Metadata’ adalah data yang memberikan informasi mengenai data terpisah.  Dengan kata lain, ini adalah data tentang data.  Ini menyediakan berbagai macam informasi mengenai aset, terutama di luar nama file dasarnya.  Selanjutnya Anda bisa membaginya menjadi dua jenis:

Metadata teknis: Sering kali, ini secara otomatis ditampilkan, seperti resolusi, nama fotografer, dimensi, dan ukuran

Metadata deskriptif: Ini menjelaskan sumber daya untuk tujuan utama penemuan, seperti judul, deskripsi informatif, dan kata kunci.

Taksonomi’ adalah kombinasi yang terdiri dari kategori, kata kunci, atribut, dan berbagai metadata lainnya.  Secara khusus, metadata yang berguna dalam mengatur dan mendeskripsikan sekelompok aset digital.  Dengan memanfaatkan taksonomi, pengguna akan memiliki kemampuan untuk menelusuri aset secara intuitif dalam sistem manajemen aset digital.  Ini sangat membantu ketika mereka tidak 100% yakin tentang apa yang mereka cari.

Eksekusi bentuk dasar ini bisa dilakukan di rumah.  Namun, sebagian besar perusahaan memanfaatkan sepenuhnya sistem manajemen aset digital.  Dengan tol tersebut, perusahaan dapat mengambil kendali penuh atas aset digital mereka dan memberi orang yang membutuhkan akses instan.

Manfaat Aset Digital

Manfaat utama berinvestasi dalam aset digital adalah keuntungan finansial yang besar yang terkait dengannya.  Aset digital dapat memungkinkan investor untuk menghasilkan pengembalian dua digit dalam persentase.  Misalnya, pengembalian dari aset digital dapat menghasilkan pengembalian setinggi 35 persen hingga 40 persen per tahun.  Sulit untuk menemukan cara investasi tradisional yang dapat menghasilkan seperti itu dalam kurun waktu yang singkat.

Arus Pendapatan Abadi

Investasi dalam aset digital menawarkan cara untuk menghasilkan aliran pendapatan pasif.  Investor yang mengincar kemandirian finansial sebagian besar bisa mendapatkan keuntungan dari aset digital.  Aset digital tertentu, seperti website, tidak membutuhkan banyak pekerjaan dari pihak investor.  Di sisi lain, pengembalian dari investasi ke situs web ini dapat terbayar selama bertahun-tahun yang akan datang.

Lebih Baik Tahan Investasi

Dalam kasus kelas aset tradisional, sulit untuk mengetahui apa yang mungkin terjadi.  Baik itu volatilitas pasar atau tingkat pengangguran, investor mungkin merasa kehilangan kendali atas aset mereka.  Namun, investasi pada aset digital memungkinkan investor memiliki kendali yang lebih baik.

Aset digital tentu saja merupakan alternatif yang lebih baik daripada alat investasi tradisional dan sudah memengaruhi rangkaian investor saat ini.

Pada intinya, aset digital berfungsi sebagai representasi visual dari apa yang ditawarkan merek.  Bertindak sebagai pendorong utama keterlibatan online, aset digital adalah indikasi hubungan antara perusahaan dan pelanggan.  Selain itu, mereka memungkinkan interaksi dengan pelanggan kapan mereka suka, di mana mereka suka, dan dengan cara yang mereka suka.

Secara keseluruhan, aset digital menjadi alat penting dari loyalitas merek.  Ingat, bagaimanapun, bahwa aset hanya berharga jika orang lain dapat menemukannya dan menggunakannya secara efisien.

tips riset kata kunci untuk pemula

Tips Riset Kata Kunci Untuk Pemula

Dwi in Info IT
  ·   3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *