Info IT

Keuntungan dan Kerugian Pertanian Presisi

Cabang pertanian yang sama sekali baru, “pertanian presisi” atau “pertanian cerdas” berbasis IoT kini telah diperkenalkan.  Ini adalah hasil dari kemajuan berkelanjutan...

Written by Agung Sanjaya · 4 min read >
keuntungan pertanian presisi

Cabang pertanian yang sama sekali baru, “pertanian presisi” atau “pertanian cerdas” berbasis IoT kini telah diperkenalkan.  Ini adalah hasil dari kemajuan berkelanjutan di sektor teknologi.  Biasanya, orang tidak akan menyangka bahwa, di bidang pertanian,  akan menemukan hal-hal seperti IoT dan teknologi pintar populer lainnya.  Namun, dalam cabang pertanian yang cukup menarik ini, yang juga biasa disebut dengan “pertanian cerdas”, petani memiliki kebebasan untuk menggunakan sensor dan banyak materi berteknologi tinggi lainnya seperti Internet of Things (IoT) / seluler yang dirancang oleh sangat cerdas.  ilmuwan untuk mempermudah, bukan untuk petani saja, tetapi untuk populasi dunia pada umumnya.

Perangkat berteknologi tinggi ini dapat membantu menandai pekarangan, merasakan tanah tempat tanaman  tumbuh, memantau jumlah nutrisi yang mereka dapatkan, melestarikan sumber daya penting seperti pupuk dan air yang dibutuhkan tanaman Anda untuk tumbuh dengan sehat, dan juga mempertahankan lingkungan yang aman.  lingkungan Hidup.

Namun, sama pentingnya dengan bertani, ini juga merupakan salah satu kegiatan yang paling sulit dilakukan di seluruh dunia, terutama jika tidak dilakukan dengan cara yang benar.  Itu membutuhkan kesabaran yang luar biasa, ketekunan dan, yang terpenting, perhatian terbesar.  Karena tanpa ini, tidak akan pernah ada proses pertanian yang berhasil.  Jika kita tidak ingin negara menjadi kelaparan, kita perlu terus-menerus menemukan cara untuk mengekang bencana saat ini dan masa depan di sektor ini.

Dan salah satu metode bertani yang telah dirancang oleh para ilmuwan cerdas untuk membantu para petani jatuh dalam pertanian cerdas ini.  Untuk mengurangi risiko dampak negatif terhadap lahan pertanian kita karena ketergantungan kita yang tidak proporsional pada input berbasis agro, seperti pestisida, pupuk kimia, teknologi padat modal dan sebagainya, metode pertanian yang relatif baru ini dirancang.

Pertanian cerdas atau pertanian cerdas berbasis IoT dapat menjadi perubahan besar bagi perekonomian negara-negara di seluruh dunia.  Pada saat yang sama, pengoperasiannya juga bisa sangat sulit dan mahal.  Dibutuhkan pengetahuan teknis untuk mengatur metode ini dan menjaganya tetap bekerja lembur.

Keuntungan Teknologi Pertanian Presisi

 Salah satu hal yang sangat baik tentang cabang pertanian ini adalah memungkinkan adanya Penginderaan Tanah.  Aspek pertanian cerdas ini memberi ruang bagi Anda sebagai petani untuk menguji tanah Anda guna mendapatkan informasi dan juga mengukurnya untuk berbagai unsur penting dan bergizi yang diperlukan untuk mengamankan kesehatan yang baik dari hasil pertanian.

Penginderaan tanah juga digunakan untuk mengontrol aplikasi peralatan laju variabel waktu nyata dengan tepat.  Hal ini memungkinkan untuk memahami skala lahan, membuat petani menggunakan cara yang efektif untuk melestarikan sumber daya pertanian yang diperlukan seperti air, pupuk, dan sebagainya.  Jadi, dengan ini, kita hanya perlu menggunakan pupuk dan pestisida di mana kita perlu mengaplikasikannya agar tidak berdampak negatif pada tanaman.  Petani juga bisa menghemat benih, pupuk, air, dll., Dan bahkan memaksimalkan hasil di penghujung hari.

Petani juga mendapatkan informasi penting tentang jumlah udara dan tingkat udara, suara, kelembapan, dan suhu lingkungan.

Pertanian presisi adalah pilihan yang bagus jika ingin menghemat biaya listrik.  Ini memungkinkan penggunaan alat bertenaga surya seperti pompa yang menghemat pengeluaran.  Ini hemat biaya karena agak mengurangi pengeluaran yang biasanya dihasilkan oleh petani dalam memelihara teknologi padat modal mereka.

Pertanian presisi memanfaatkan AI untuk meningkatkan proses pemantauan nirkabel, regulasi, dan pengumpulan data.  Dengan input ini di pertanian, semua berkat pertanian cerdas, kita dapat yakin akan produksi dan pengiriman tanaman berkualitas tinggi.

Keuntungan Pertanian Presisi

Pertanian presisi memiliki banyak keuntungan yang diberikan oleh perangkat pintar bagi konsumen.  Banyak perangkat rumah tangga sekarang terhubung melalui Wi-Fi atau Bluetooth.  Rumah pintar memungkinkan pemilik rumah untuk menyederhanakan tugas-tugas umum, seperti mematikan lampu dan menurunkan suhu di malam hari.

Teknologi terbaru untuk pertanian presisi juga membantu menyederhanakan tugas-tugas umum.  Namun, ada banyak alasan tambahan untuk menerapkan teknologi pertanian baru, antara lain:

Peningkatan efisiensi

Karena adopsi teknologi baru yang terbatas dalam industri pertanian, tidak banyak studi kasus.  Karena semakin banyak petani mulai menggunakan peralatan pertanian presisi, keuntungan tambahan dapat ditemukan. Ini merupakan salah satu keuntungan pertanian presisi yang terbaik.

Analisis Data Terperinci

Menggunakan sensor untuk memantau tanah, tanaman, cuaca, atau ternak memberi petani lebih banyak data untuk membuat keputusan yang lebih tepat.  Ini adalah jantung dari pertanian presisi.  Membuat penghitungan yang tepat untuk mengakomodasi perubahan cuaca dan faktor lain memerlukan akses ke lebih banyak data. Ini merupakan salah satu keuntungan pertanian presisi yang terbaik.

Traktor, tills, dan peralatan lainnya dapat dihubungkan ke perangkat yang mengirimkan data ke database pusat.  Perangkat lunak komputer kemudian digunakan untuk menganalisis data, menyajikan kepada petani gambaran rinci tentang masalah yang memengaruhi efisiensi pertanian mereka. Ini merupakan salah satu keuntungan pertanian presisi yang terbaik.

Hasil Tanaman Lebih Tinggi

Dengan melihat lebih dekat kondisi tanah, pertumbuhan tanaman, dan cuaca, petani dapat memperoleh hasil yang lebih tinggi.  Secara tradisional, petani membuat keputusan terkait dengan penanaman, pengairan, pemupukan, dan panen berdasarkan data historis dan kondisi wilayah.

Sensor, alat pemetaan, dan perangkat lunak analitik memudahkan petani untuk mengubah operasi mereka berdasarkan cuaca atau perubahan tanah.  Para petani sekarang dapat memantau seluruh ladang dari jarak jauh dan mengubah pengiriman air, pestisida, atau pupuk tanpa meninggalkan rumah.  Data diperbarui secara waktu nyata, memastikan akurasi yang lebih baik dan pengambilan keputusan yang tepat. Ini merupakan salah satu keuntungan pertanian presisi yang terbaik.

Mengurangi Limbah

Salah satu manfaat terpenting dari pertanian presisi adalah kemampuannya untuk mengurangi limbah.  Dengan data yang akurat tentang kondisi tanah dan tanaman, petani dapat menyesuaikan penggunaan sumber daya untuk membatasi dosis pupuk atau pestisida yang tidak perlu.

Baca juga : Contoh Aplikasi Pertanian Presisi

Menggunakan lebih sedikit pestisida dan lebih sedikit pupuk dapat memperbaiki kondisi tanah, karena produk ini sering kali mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat meresap ke dalam tanah.  Ini mengharuskan petani untuk merotasi ladang dan tanaman.  Mempertahankan kualitas tanah dapat membatasi praktik-praktik ini, memberikan dorongan tambahan untuk efisiensi secara keseluruhan. Ini merupakan salah satu keuntungan pertanian presisi yang terbaik.

Lebih Sedikit Pekerjaan Manual

Mengotomatiskan tugas mengurangi kebutuhan tenaga kerja manual di pertanian.  Sementara peternakan akan selalu membutuhkan manusia untuk menangani tugas-tugas tertentu, lebih banyak tugas dilakukan oleh peralatan otomatis.

 Mekanisasi menyebabkan pengurangan besar tenaga kerja pertanian mulai tahun 1950-an.  Penurunan terus berlanjut hingga saat ini, dengan berkurangnya kebutuhan akan tenaga kerja musiman dan penurunan hasil pertanian.  Tenaga kerja pertanian diperkirakan akan terus menyusut selama beberapa dekade mendatang. Ini merupakan salah satu keuntungan pertanian presisi yang terbaik.

Baca juga : Cara Kerja Pertanian Presisi

Dengan kurangnya minat pada pertanian sebagai karier, pertanian mungkin perlu mengandalkan peralatan otomatis untuk menggantikan tenaga kerja manual.

 Peningkatan Efisiensi

Kombinasi keuntungan yang dibahas mengarah pada peningkatan efisiensi.  Dengan pengeluaran yang lebih sedikit, pemborosan, dan kerusakan tanaman atau ternak, pertanian menjadi lebih menguntungkan.

Pertanian yang menguntungkan tidak terlalu bergantung pada subsidi pemerintah, yang dapat membantu meningkatkan pengeluaran pemerintah di bidang lain yang menguntungkan petani.  Misalnya, hal ini dapat menyebabkan peningkatan dana untuk program pemerintah guna membantu penerapan teknologi baru. Ini merupakan salah satu keuntungan pertanian presisi yang terbaik.

Kekurangan Pertanian Presisi

Salah satu kelemahan besar dari pertanian presisi adalah membutuhkan koneksi internet tanpa batas atau berkelanjutan agar berhasil.  Artinya di masyarakat pedesaan, terutama di negara berkembang di mana kita memiliki produksi tanaman massal, sama sekali tidak mungkin menerapkan metode pertanian ini.  Di tempat-tempat di mana koneksi internet sangat lambat, pertanian cerdas akan menjadi hal yang mustahil.

 Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pertanian cerdas memanfaatkan teknologi tinggi yang membutuhkan keterampilan teknis dan ketepatan untuk membuatnya sukses.  Ini membutuhkan pemahaman tentang robotika dan TIK.  Namun, banyak petani yang tidak memiliki keterampilan tersebut.  Bahkan menemukan seseorang dengan kemampuan teknis ini sulit atau bahkan paling mahal didapat.  Dan ini bisa menjadi faktor yang menghambat banyak petani menjanjikan untuk mengadopsinya.

Sementara beberapa teknologi yang digunakan untuk pertanian dan pertanian presisi sudah tersedia, beberapa tetap mahal dan sulit diterapkan.  Mengganti praktik yang ada juga merupakan proses yang memakan waktu, terutama dengan pertanian yang lebih besar.

Baca juga : Apa Itu Pertanian Presisi

Bahkan jika sebuah peternakan memiliki sumber daya untuk mengadopsi teknologi presisi, mereka mungkin tidak memiliki infrastruktur pada tempatnya.  Jumlah sensor, drone, dan perangkat yang terhubung dengan WiFi dibatasi berdasarkan keandalan jaringan nirkabel.  Di sebagian besar daerah pedesaan, petani terjebak dengan jaringan seluler yang sudah ketinggalan zaman.

 Untuk meningkatkan adopsi teknologi pertanian presisi, petani mungkin memerlukan akses ke jaringan yang lebih cepat yang dapat menangani transmisi data dalam jumlah besar.

manfaat pertanian presisi

Manfaat Pertanian Presisi

Agung Sanjaya in Info IT
  ·   4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *