Info IT

Jenis-Jenis Teknologi Wireless dan Aplikasinya

 Istilah Wireless mengacu pada komunikasi atau transmisi informasi dengan jarak tertentu tanpa menggunakan kabel atau konduktor listrik lainnya. Komunikasi nirkabel adalah salah...

Written by Irfan · 3 min read >
jenis-teknologi-wireless-infomudah

 Istilah Wireless mengacu pada komunikasi atau transmisi informasi dengan jarak tertentu tanpa menggunakan kabel atau konduktor listrik lainnya. Komunikasi nirkabel adalah salah satu media penting transmisi data atau informasi ke perangkat lain. Komunikasi diatur dan informasi ditransmisikan melalui udara, tanpa memerlukan kabel apa pun, dengan menggunakan gelombang elektromagnetik seperti frekuensi radio, inframerah, satelit, dll., Di jaringan teknologi komunikasi nirkabel.

Jenis Teknologi Wireless

Saat ini, teknologi komunikasi Wireless telah menjadi bagian integral dari beberapa jenis perangkat komunikasi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi bahkan dari tempat yang jauh sekalipun. Perangkat yang digunakan untuk komunikasi nirkabel adalah telepon tanpa kabel, ponsel, unit GPS, teknologi zigbee, bagian-bagian komputer nirkabel, dan televisi satelit, dll.

Berikut adalah Jenis-Jenis Teknologi Wireless dan Aplikasinya :

Satelit

 Satelit adalah salah satu teknologi Wireless, yang banyak tersebar di seluruh dunia. Satelit yang digunakan dalam mode komunikasi ini, berkomunikasi langsung dengan satelit yang mengorbit melalui sinyal radio. Ponsel dan modem satelit portabel memiliki kemampuan penyiaran yang lebih kuat daripada perangkat seluler karena memiliki kisaran tinggi, selain lebih mahal dalam hal biaya, daripada rekan-rekan mereka. Misalnya, untuk melengkapi kapal melalui komunikasi satelit, sistem komunikasi tradisional ditautkan ke satu satelit, yang memungkinkan banyak pengguna untuk berbagi peralatan siaran yang sama. Ini merupakan salah satu Jenis-Jenis Teknologi  Wireless dan Aplikasinya yang terbaik.

Jaringan Wireless WLAN

 Teknologi jaringan Wireless menghubungkan beberapa komputer, sistem dan perangkat bersama tanpa memerlukan kabel : jaringan area lokal Wireless atau WLAN berada di bawah Wi-Fi.

WiMAX

Ada sistem broadband Wireless yang menawarkan jaring web cepat tanpa terhubung melalui kabel atau DSL (contoh broadband Wireless adalah WiMAX). Meskipun Wimax berpotensi memberikan kecepatan data lebih dari 30 megabit per detik, namun penyedia menawarkan nilai data rata-rata 6 Mbps dan sering menghasilkan lebih sedikit, membuat layanan lebih lambat dari broadband berkabel. Biaya aktual data yang tersedia menggunakan WiMAX secara luas bervariasi dengan jarak dari pemancar. WiMAX juga merupakan salah satu versi 4G Wireless yang tersedia di ponsel sebagai teknologi 4G Sprint. Ini merupakan salah satu Jenis-Jenis Teknologi  Wireless dan Aplikasinya yang sangat penting.

jenis-teknologi-wireless-infomudah

Jaringan Wireless Wi-Fi

 Wi-Fi adalah bentuk komunikasi Wireless berdaya rendah yang digunakan oleh banyak perangkat elektronik seperti laptop, sistem, ponsel pintar, dll. Dalam pengaturan Wi-Fi, router Wireless berfungsi sebagai hub komunikasi. Jaringan-jaringan ini sangat terbatas dalam jangkauan karena rendahnya daya transmisi yang memungkinkan pengguna untuk terhubung hanya dalam jarak dekat dengan router atau pengulang sinyal. Wi-Fi adalah umum dalam aplikasi jaringan rumah yang menyediakan portabilitas tanpa perlu kabel. Jaringan Wi-Fi perlu diamankan dengan kata sandi untuk tujuan keamanan agar tidak diakses oleh orang lain. Ini merupakan salah satu Jenis-Jenis Teknologi  Wireless dan Aplikasinya yang paling utama.

Keuntungan :

Kemudahan Integrasi dan Kenyamanan

Sifat nirkabel dari jaringan tersebut memungkinkan pengguna untuk mengakses sumber daya jaringan dari hampir semua lokasi yang nyaman.

Mobilitas

Dengan munculnya jaringan nirkabel publik, pengguna dapat mengakses Internet bahkan di luar lingkungan kerja normal mereka.

Ekspansi

Jaringan nirkabel mampu melayani jumlah klien yang tiba-tiba dengan peralatan yang ada. Dalam jaringan kabel, klien tambahan membutuhkan kabel tambahan.

Kerugian :

LAN nirkabel mungkin tidak diinginkan karena sejumlah alasan. Transmisi frekuensi radio dan sinyal jaringan nirkabel mengalami berbagai gangguan termasuk efek propagasi yang kompleks yang berada di luar kendali administrator jaringan.

 Masalah keamanan

Jaringan nirkabel dapat memilih untuk memanfaatkan beberapa berbagai teknologi enkripsi. Rentang akan tidak cukup untuk struktur yang lebih besar dan untuk meningkatkan jangkauannya, repeater atau titik akses tambahan harus dibeli. Kecepatan pada sebagian besar jaringan nirkabel akan lebih lambat daripada jaringan kabel umum paling lambat. Pemasangan jaringan nirkabel berbasis infrastruktur adalah kompleks untuk diatur.

Teknologi Bluetooth

Teknologi Bluetooth memungkinkan Anda untuk menghubungkan berbagai perangkat elektronik yang berbeda secara nirkabel ke sistem untuk transfer dan berbagi data dan ini adalah fungsi utama Bluetooth. Ponsel terhubung ke telinga hands-free, keyboard nirkabel, mouse dan mike ke laptop dengan bantuan Bluetooth karena mentransmisikan informasi dari satu perangkat ke perangkat lain. Teknologi Bluetooth memiliki banyak fungsi, dan digunakan paling umum di pasar komunikasi nirkabel.

Teknologi Bluetooth menggunakan gelombang radio untuk berkomunikasi antar perangkat. Sebagian besar gelombang radio ini memiliki kisaran 5-15 meter. Menurut situs web Bluetooth resmi, Bluetooth menggunakan sinyal daya rendah dengan kisaran maksimum 15 meter dengan kecepatan yang cukup untuk memungkinkan transmisi data. Proses pasangan mengidentifikasi dan menghubungkan dua perangkat satu sama lain. Ini juga mencegah gangguan dari perangkat Bluetooth non-berpasangan lainnya di area tersebut. Ini menggunakan daya maksimum hanya ketika diperlukan, sehingga melestarikan masa pakai baterai. Ini merupakan salah satu Jenis-Jenis Teknologi  Wireless dan Aplikasinya yang terbaik.

Zigbee

Zigbee adalah standar komunikasi Wireless yang dirancang untuk mengatasi kebutuhan unik daya rendah, sensor nirkabel berbiaya rendah, dan jaringan kontrol. Zigbee dapat digunakan hampir di mana saja, karena mudah untuk mengimplementasikan dan membutuhkan sedikit daya untuk beroperasi. Zigbee telah dikembangkan melihat ke dalam kebutuhan komunikasi data dengan struktur sederhana seperti data dari sensor.    Perangkat ZIGBEE dirancang untuk konsumsi daya rendah. Zigbee digunakan dalam aplikasi komersial seperti merasakan dan memonitor aplikasi. Zigbee menggunakan daya yang sangat rendah dan daya baterai perangkat yang sangat panjang. Zigbee memberikan fleksibilitas untuk melakukan lebih banyak dengan kinerja nirkabel dan operasi baterai yang andal. Ini merupakan salah satu Jenis-Jenis Teknologi  Wireless dan Aplikasinya yang sangat penting.

Keuntungan dan Kerugian

Keuntungan

Dengan teknologi komunikasi Wireless Setiap informasi dapat disampaikan atau ditransmisikan dengan cepat dan dengan kecepatan tinggi. Internet dapat diakses dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu membawa kabel atau kabel dan meningkatkan akses dan produktivitas yang mudah. Bermanfaat untuk dokter, pekerja, dan profesional lainnya yang bekerja di daerah terpencil karena mereka dapat berhubungan dengan pusat-pusat medis melalui komunikasi nirkabel. Situasi darurat dapat diperingatkan melalui komunikasi nirkabel. Daerah yang terkena dampak dapat diberikan dukungan dengan bantuan peringatan ini melalui komunikasi nirkabel. Jaringan nirkabel lebih murah untuk instalasi dan pemeliharaan.

Kekurangan

Peretas dapat dengan mudah menangkap sinyal nirkabel yang menyebar melalui udara. Sangat penting untuk mengamankan jaringan nirkabel sehingga informasi tidak dapat dieksploitasi oleh pengguna yang tidak sah, dan ini juga meningkatkan risiko kehilangan data atau informasi.

Dengan demikian, jaringan nirkabel adalah salah satu teknologi pertumbuhan tercepat di pasar telekomunikasi. WiMAX, Bluetooth, Wi-Fi, Femtocell dan 4G adalah beberapa standar paling signifikan dari teknologi nirkabel untuk generasi berikutnya. Radio, ponsel, internet, dll., Semua menggunakan kemajuan teknologi dalam sistem transmisi data nirkabel yang membawa gelombang elektromagnetik yang tidak terlihat untuk mengirimkan data jarak jauh dalam waktu singkat.

Demikianlah informasi tentang  Jenis-Jenis Teknologi Wireless dan Aplikasinya, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

manfaat pertanian presisi

Manfaat Pertanian Presisi

Agung Sanjaya in Info IT
  ·   4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *