Info IT

Jenis-Jenis Aset Digital

Bagi kebanyakan orang, mungkin yang terbayang sebagai aset adalah uang atau barang seperti tanah dan kendaraan,  padahal banyak juga aset yang tidak...

Written by Irfan · 3 min read >
Jenis-Jenis Aset Digital

Bagi kebanyakan orang, mungkin yang terbayang sebagai aset adalah uang atau barang seperti tanah dan kendaraan,  padahal banyak juga aset yang tidak berbentuk uang atau barang. Selama sesuatu itu memiliki nilai ekonomi atau bisa dijadikan uang, maka hal tersebut bisa disebut aset. Bakat atau keahlian misalnya, kedua hal tersebut bisa juga disebut aset yang berharga karena menghasilkan uang.

Di era digital seperti sekarang ini, hampir semua hal sudah menggunakan teknologi digital, termasuk aset yang merupakan harta yang sangat bernilai. Aset dalam bentuk digital biasanya disebut dengan aset digital.

Aset digital adalah segala sesuatu yang memiliki manfaat ekonomi di masa depan yang berbentuk digital  atau tersimpan dalam bentuk file digital yang dapat dibaca oleh sistem komputer atau perangkat digital lainnya.

Jenis-Jenis Aset Digital

Ada banyak jenis Aset Digital  dan jumlahnya semakin meningkat sesuai dengan perkembangan teknologi. Secara umum aset digital dapat dibagi menjadi dua yaitu :

A. Aset Digital Pribadi

Aset digital pribadi adalah aset digital yang dimiliki oleh perorangan dan digunakan untuk kepentingan pribadi seperti di bawah ini :

Website atau Blog

Website atau blog merupakan sebuah aset digital yang sangat betharga. Website yang memiliki banyak pengunjung bisa menghasilkan uang, bahkan bisa dijual dengan harga yang cukup mahal. Website merupakan salah satu aset digital yang sangat liquid, sangat mudah laku di pasaran.

Akun Sosial Media

Akun Sosial Media seperti Facebook, Instagram dan Tik Tok juga merupakan Aset Digital yang cukup berharga dan dapat menghasilkan rupiah.

Channel Youtube

Saat ini banyak orang yang mendapat banyak penghasilan dari youtube. Itulah sebabnya Channel Youtube merupakan aset diigital yang sangat berharga.

Akun Gmail atau Email lainnya

Akun Email juga merupakan aset digital karena merupakan hal yang penting dalam bisnis digital.

Akun Marketplace

Akun marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee, lazada dan lain-lain dimana pengguna bisa membuka toko untuk berjualan online bisa dikatagorikan sebagai aset digital.

Ebook

Ebook yang bermanfaat sering kali bisa dijual dan menjadi aset digital yang cukup menjanjikan.

Materi Kursus Online

Materi kursus online atau webinar juga merupakan aset digital yang sangat berharga. Materi kursus online bisa berupa ebook, video atau file audio.

Akun CPA

CPA merupakan salah satu jenis bisnis onliine yang yang bisa menghasilkan uang dengan cepat seperti program afiliasi amazon, ali express, clickbank, Comission Junction, CPA Lead.

Akun Adsense

Akun adsense saat ini adalah aset digital yang banyak dicari orang dan sangat laku di pasaran,  harganya bahkan bisa mencapai jutaan rupiah.

Landing Pages

Landing pages sangat penting dalam bisnis online,  Dengan landing pages yang berkualitas, Lead atau calon buyer bisa tertarik untuk membeli sebuah produk atau jasa.

Baca juga : Apa Itu Aset Digital Yang Penting Bagi Perusahaan

Hasil Fotografi

Hasil fotografi berupa foto atau video juga merupakan aset yang dapat menghasilkan uang. Banyak orang yang melakukan bisnis online dengan menjual foto kepada perorangan atau perusahaan, Ada juga yang menyimpan foto di situs stok fotografi seperti shutterstock dan mendapat royalty dari foto yang diunggah oleh pengguna.

Aplikasi Ponsel

Aplikasi ponsel merupakan salah satu aset digital yang cukup berharga, selain karena bisa menghasilkan uang dari iklan,  Aplikasi ponsel yang berkualitas kadang bisa dibeli oleh perusahaan besar dengan nilai yang fantastis.

Cryptocurrency atau mata uang digital

Krypto atau mata uang digital seperti bitcoin adalah aset digital masa depan yang sangat berharga. Banyak orang saat ini melakukan investasi dengan cara membeli mata uang digital sebagai aset masa depan.

Jenis-Jenis Aset Digital

B. Aset Digital Organisasi atau Perusahaan

 Perusahaan adalah salah satu organisasi yang memiliki banyak aset berharga, baik berupa uang, surat berharga, mesin dan juga aset digital. Berikut adalah aset digital yang biasanya dimiliki perusahaan  :

Dokumen atau file digital

Dokumen seperti Spreadsheet excel atau file words atau data pdf milik perusahaan biasanya merupakan data yang penting seperti data customer, spesifikasi produk, strategi bisnis dan lain-lain. Data tersebut merupakan aset digital karena membantu perusahaan dalam membuat atau memasarkan produk.

Foto atau Gambar

Gambar dan Foto seperti foto produk atau bahan promosi juga merupakan aset digital perusahaan yang sangat berharga.

Video

Perusahaan atau Organisasi biasanya memiliki banyak video untuk bahan promosi ataupun penjelasan tentang company profile,  spesifikasi produk ataupun proses produksi. Video tersebut merupakan aset digital perusahaan yang harus dirawat dan dijaga.

Gambar atau Desain Produk

Gambar atau Desain Produk yang digunakan untuk memproduksi bagian-bagian produk adalah aset digital perusahaan yang sangat penting. Gambar detail produk biasanya berbentuk file CAD baik 2D ataupun 3D.

Dokumen Hak Cipta atau Paten

Dokumen Hak Cipta atau Paten juga merupakan aset digital perusahaan yang sangat berharga. Data ini sangat penting dan biasanya bersifat rahasia.

File Presentasi atau PPT

File Presentasi sangat penting bagi perusahaan karena biasanya berisi data-data yang mendukung penjualan dan menentukan dalam memenangkan tender sebuah proyek. Tidak heran jika file presentasi atau PPT juga dikatagorikan sebagai aset digital perusahaan.

Merek dan Logo

Merek dan Logo perusahaan sangat penting dalam menjalankan bisnis perusahaaan karena merupakan tanda pengenal dari produk yang dijual. Kedua hal tersebut merupakan aset digital yang sangat penting.

Cara Mengelola Aset Digital

Semua Aset Digital membutuhkan pengelolaan yang baik dan benar. Aset Digital Pribadi yang tidak terlalu banyak mungkin bisa dikelola secara manual dengan mudah,  tetapi Aset Digital perusahaan yang jumlahnya terkadang bisa mencapai ribuan item mebutuhkan pengelolaan khusus. Salah satu cara untuk mengelola Aset Digital perusahaan adalah dengan menggunakan software atau aplikasi Digital Aset Management atau biasa disebut DAM.

Manajemen aset digital (DAM)

 Sebagai disiplin dan teknologi, manajemen aset digital (DAM) adalah tentang faktor-faktor berikut:

  • Kontrol yang solid
  • Fleksibilitas
  • Portabilitas
  • Mengakses
  • Pelanggan
  • Mitra
  • Pemasok

Pelaporan aset digital yang ada di antara banyak organisasi

Perhatian utama DAM adalah dengan pengiriman konten yang tepat kepada orang yang tepat.  Terlebih lagi, di semua perangkat dan sebagian besar dalam waktu nyata.  Selain itu, dengan kemampuan untuk melacak dan mengukur keterlibatan aset digital di seluruh perusahaan, serta potensi jangkauan global.

Baca juga : Manfaat Aset Digital

DAM adalah Sistem manajemen aset digital dalam bentuk yang paling sederhana menyediakan repositori yang aman bagi pengguna.  Salah satu yang secara efektif memfasilitasi pembuatan, pengelolaan, organisasi, produksi, distribusi, dan akhirnya memonetisasi file media.  Ini adalah file yang, tentu saja, dihitung sebagai aset digital.

Mirip dengan teknologi manajemen konten lainnya, sistem DAM menawarkan layanan perpustakaan dasar.  Untuk menguraikan, lokasi yang sering (sering terpusat) dan aman bagi Anda untuk menyimpan, mengatur, dan mengambil file.  Selain itu, ia menyediakan layanan proses inti, seperti fasilitas khusus untuk file multimedia dan metadatanya.  Khususnya, penanganan, manipulasi, konversi, keamanan, transfer, dan pemrosesannya.

Sebagian besar sistem DAM sekarang dapat diintegrasikan dengan alat dan sistem lain.  Untuk pemasar konten, ini terbukti sangat berguna.  Tidak ada keraguan mengenai apakah Anda mengakses versi logo atau aset yang sah atau terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *