Info IT

Fungsi VPN Untuk Apa? Berikut Penjelasannya

fungsi VPN untuk apa? Diantaranya adalah sebagai proses terjadinya koneksi jaringan internet. Jadi untuk Anda yang sering melakukan browsing di internet baik...

Written by Irfan · 1 min read >
fungsi vpn apa

fungsi VPN untuk apa? Diantaranya adalah sebagai proses terjadinya koneksi jaringan internet. Jadi untuk Anda yang sering melakukan browsing di internet baik itu melalui komputer atau[un smartphone pasti pernah mendengar yang namanya VPN. Nah, untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

Fungsi VPN Untuk Apa?

Untuk Anda yang belum paham apa itu VPN Anda wajib membaca ulasan berikut ini. VPN atau sering disingkat dengan istilah Virtual Private Network adalah teknologi sebuah jaringan yang bisa menciptakan koneksi  jaringan, untuk keamanannya Anda tidak perlu khawatir karena sudah pasti aman.

Jadi, selama ini kita dimudahkan ketika mencari berita juga berkat VPN ini, karena Vpn selalu menyediakan jaringan operator untuk memberikan koneksi internet bagi penggunanya. VPN ternyata lebih banyak digunakan oleh perusahaan besar maupun lembaga negara  dan pendidikan. Ketika seseorang menggunakan VPN mereka akan selalu terhubung walaupun jaraknya sangat jauh bahkan sudah masuk ke daerah-daerah.

Namun tidak bisa dipungkiri di zaman yang serba maju seperti sekarang ini sudah banyak pengguna VPN pribadi, hal ini dilakukan supaya mereka selalu terkoneksi dengan jaringan internet  dan tetap aman IP dan DNS nya. Dengan begitu perangkat yang mereka gunakan juga tidak bisa diketahui ini tentunya disebabkan oleh banyaknya penyedia vpn yang gratis.

Apa Saja Fungsi Dari VPN?

Seperti yang sudah kita bahas di atas, jika manfaat VPN adalah untuk menyembunyikan data pribadi para pengguna jaringan internet ataupun web server. Namun, semakin maju teknologi bertambah pula manfaat VPN diantaranya adalah dapat menyembunyikan alamat IP.

Semua komputer yang anda miliki tentunya sudah dilengkapi dengan IP. IP sendiri sudah seperti nama manusia. Jika Kamu sudah menggunakan VPN Kamu bisa menyembunyikan nama asli dan menggunakan nama samara.

Jadi, ketika anda menggunakan VPN data anda dijamin aman, termasuk file yang Anda download, karena sudah dilindungi oleh enkripsi server dari VPN. Walaupun Anda mengakses melalui web browser, tahapan tersebut pasti akan melewati server VPN terlebih dahulu.

Menggunakan VPN membuat kita bisa mengakses semua situs yang di privat, dengan begitu penyedia layanan tidak akan mengetahui apa yang sedang kita akses. Karena jika kita menggunakan kartu internet otomatis mereka akan memiliki data akses Anda.

Vpn Apa Bisa Mempercepat Koneksi Internet?

Banyak orang salah dalam menilai jika kita menggunakan VPN maka akses internet bisa menjadi lancar. Faktanya tidak begitu. VPN berfungsi sebagai pelindung jaringan pribadi, jadi private network Anda dengan otomatis bisa terlindungi baik itu data yang dikirim atau diterima. Untuk kecepatan koneksi internet itu sama saja ketika Anda tidak menggunakan vpn.

Cara Mudah Setting VPN Pada Perangkat Keras Komputer Dan Android

Bagi Anda yang ingin memasang VPN anda bisa melakukan dengan cara manual. Jadi Anda bisa menambah VPN di komputer maupun  ponsel android Anda sendiri. Untuk pemasangan secara otomatis anda bisa menggunakan software dari aplikasi tambahan yang bisa diunduh.

Untuk aplikasi VPN bisa Anda dapatkan di mesin pencari. Sayangnya tidak semua paket VPN itu gratis, ada juga yang premium atau bahkan prabayar. Namun fitur tersebut tentunya mempunyai kelebihan yang tidak bisa Anda dapatkan pada vpn gratis. Jadi pertimbangkan terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk mengunduh aplikasi tersebut, karena jika anda salah pilih otomatis Anda akan mendapatkan kerugian.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai fungsi VPN untuk apa. Semoga dapat bermanfaat!

manfaat pertanian presisi

Manfaat Pertanian Presisi

Agung Sanjaya in Info IT
  ·   4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *