Info IT

Contoh Aplikasi Pertanian Presisi

Dengan pertanian presisi, petani dapat mewujudkan impian mereka menjadi kenyataan tentang peningkatan hasil pertanian yang terjamin hingga 5-6 kali per hektar dengan...

Written by Agung Sanjaya · 4 min read >
pertanian presisi

Dengan pertanian presisi, petani dapat mewujudkan impian mereka menjadi kenyataan tentang peningkatan hasil pertanian yang terjamin hingga 5-6 kali per hektar dengan merangkul dan mengadopsi teknologi pintar masa depan ke dalam praktik pertanian, dengan demikian, memanfaatkan setiap hektar semaksimal mungkin.  Tidak seperti sebelumnya, teknologi saat ini memberdayakan petani untuk melakukan lompatan besar, sehingga secara dramatis meningkatkan kualitas hidup mereka.  Dari sudut pandang petani, ini adalah keajaiban besar yang terjadi di lahan pertanian kecil mereka.

Kita berkembang dari budaya makanan organik menjadi pertanian presisi cerdas yang didukung AI & budaya pertanian terhubung cerdas di mana teknologi mendikte dan memberdayakan petani dengan cara yang benar-benar bermanfaat.  Sejak berabad-abad, para petani di seluruh dunia, terutama di negara-negara Asia, telah berjuang keras melawan berbagai faktor eksternal dan internal seperti cuaca yang tidak terduga, masalah hama, kekurangan air atau bahkan kekeringan.  Sekarang, tren tersebut dapat dibalik dengan AI dan Big Data Analytics, yang telah muncul sebagai metode nyata yang menguntungkan komunitas petani.

Ini mengoptimalkan setiap inci lahan pertanian dan secara teknis menyiratkan bahwa tidak ada bagian dari lahan pertanian yang tidak digunakan atau dibiarkan terbuang seperti yang terjadi dengan pertanian tradisional.  Teknologi pintar saat ini memastikan setiap tanaman dipindai untuk kesehatan & pelacakan pertumbuhan, dan masalah hama yang ada diidentifikasi dan diberitahukan kepada petani – sesuatu yang tidak mungkin dilakukan dengan metode pertanian tradisional.

AI yang digabungkan dengan ML, Big Data Analytics, dan perangkat smart edge bertenaga IoT seperti GPS, drone, sensor, lampu RFID & LED banyak digunakan dalam pemantauan ternak, budidaya ikan, dan rumah kaca pintar.

Yang menarik adalah adopsi teknologi Blockchain revolusioner di bidang pertanian.  Blockchain sekarang memastikan transparansi, waktu pemrosesan lebih cepat, jeda waktu nol sambil menjunjung tinggi akuntabilitas yang unggul, semua atribut berkontribusi pada optimalisasi menyeluruh dari rantai pasokan petani yang menghasilkan nilai tambah.

Contoh Aplikasi Pertanian Presisi

Ingatlah bahwa ini hanyalah beberapa contoh teknologi untuk pertanian presisi.  Di tahun-tahun mendatang, perusahaan teknologi kemungkinan akan memperkenalkan cara baru untuk merampingkan operasi pertanian.

Pemantauan Tanaman

Teknologi pertanian presisi dan praktik manajemen spesifik lokasi dapat membantu petani memantau ladang dengan lebih akurat.  Contoh teknologi yang tersedia untuk pemantauan tanaman termasuk sistem GPS, sensor tanah, dan kamera resolusi tinggi.  Petani dapat melihat berbagai bidang dan melacak tingkat pertumbuhan secara real time. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi pertanian presisi yang tetbaik.

Pemantauan Ternak

Bersamaan dengan pemantauan tanaman, teknologi pertanian presisi terbaru mempermudah pemantauan ternak.  Pemetaan GPS dan drone dapat melacak kawanan dan mencari tempat terbaik untuk merumput.

Beberapa startup teknologi saat ini sedang mengerjakan perangkat untuk memantau kesehatan ternak.  Misalnya, satu perusahaan membuat kalung pintar untuk sapi, menyediakan statistik penting untuk diagnosis kesehatan yang lebih baik. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi pertanian presisi yang tetbaik.

 Pemantauan Iklim

Data GPS, drone, dan sensor membantu mengawasi kondisi cuaca dengan lebih baik.  Menganalisis curah hujan saat ini, cuaca buruk, dan kondisi iklim lainnya meningkatkan produktivitas.  Petani dapat menyesuaikan penggunaan air dan pupuk berdasarkan data cuaca real-time. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi pertanian presisi yang tetbaik.

 Pengelolaan Tanah

Menempatkan sensor di tanah membantu petani memantau tingkat pH, nutrisi, dan kelembaban.  Hal ini dapat menghasilkan praktik irigasi yang lebih baik, meningkatkan ketersediaan lahan untuk pertanian.  Menggunakan persentase yang lebih besar dari areal yang tersedia meningkatkan hasil, menambah total produksi pangan. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi pertanian presisi yang tetbaik.

 Otomatisasi

Traktor otomatis dan peralatan pertanian terbaru jauh lebih canggih dan mampu menangani tugas-tugas kompleks.  Para petani pada akhirnya dapat menanam benih, memupuk ladang, dan memanen tanaman tanpa perlu tenaga kerja manual.

Otomasi adalah bidang pertanian presisi yang berkembang, dengan banyak perusahaan membantu membentuk masa depan industri.  Satu perusahaan telah mengembangkan manipulator robotik yang dapat memetik buah yang memenuhi standar kualitas tertentu.  Perusahaan lain memiliki drone tanpa pilot yang dapat memantau ladang dan ternak.  Ada juga banyak mesin tanpa pengemudi dan peralatan pertanian, dari traktor hingga mesin penggilingan. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi pertanian presisi yang tetbaik.

Potensi Dampak Pertanian Presisi

Seperti yang disebutkan, pertanian presisi dapat membantu mengurangi tenaga kerja manual dan meningkatkan efisiensi di pertanian.  Penerapan praktik pertanian yang efisien secara luas dapat membantu:

  •  Mengurangi biaya makanan
  • Membantu pertanian tetap menguntungkan
  • Tingkatkan suplai makanan segar

Pestisida, pupuk, benih, dan sumber daya lain yang terbuang percuma dan terbatas membantu mengurangi biaya produksi pangan.  Penghematan yang diberikan oleh pertanian presisi membantu pertanian tetap menguntungkan sekaligus menurunkan harga di toko bahan makanan.

Meskipun harga yang lebih rendah dan pertanian yang menguntungkan merupakan keuntungan besar, dampak terbesar dari pertanian presisi mungkin adalah peningkatan pasokan makanan segar.  Para ahli memperkirakan bahwa hasil panen saat ini perlu meningkat 2,4% per tahun untuk memenuhi permintaan populasi dunia yang terus meningkat.

Baca juga : Cara Kerja Pertanian Presisi

Pada tingkat saat ini, generasi mendatang mungkin menghadapi kekurangan pangan.  Menggunakan teknologi untuk meningkatkan hasil dapat membantu petani memasok cukup makanan untuk mencegah krisis pangan dunia.

Sensor dan perangkat lunak sudah tersedia untuk membantu meningkatkan efisiensi pertanian.  Namun, banyak perusahaan teknologi dan pabrikan besar di industri pertanian secara aktif mengembangkan teknologi baru.  Anda dapat melihat banyak perkembangan baru di tahun-tahun mendatang, terutama karena semakin banyak petani yang mulai menerapkan teknologi yang dibahas. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi pertanian presisi yang tetbaik.

Teknologi yang digunakan juga harus lebih canggih dan tepat.  Dengan akurasi yang lebih tinggi, lebih banyak petani mungkin bersedia mengadopsi perangkat pintar dan sensor.

Masa Depan Pertanian akan Diberdayakan Teknologi

Teknologi AI telah menjadi sangat maju sehingga sekarang memiliki mesin traktor yang menyiangi tanaman yang terinfeksi dan citra satelit yang memberikan gambar pola kekeringan.  Aplikasi tanaman bertenaga AI ‘Plantix’ terbukti menjadi berkah sejati bagi para petani.  Ini adalah penyakit tanaman dan alat diagnostik, yang memberikan informasi lengkap tentang tanaman.  Ini membantu dalam mengidentifikasi penyakit tanaman dan menyarankan tindakan korektif yang harus diambil oleh petani. Ini merupakan salah satu contoh aplikasi pertanian presisi yang tetbaik.

Jadi, masa depan pertanian ada di tangan teknologi dan mesin pintar, dan pengguna awal pasti akan mendapatkan keuntungan maksimal.  Walaupun total biaya belum jelas tapi satu hal yang pasti, dengan semakin banyaknya pemain teknologi yang masuk ke pasar, persaingan yang semakin ketat membawa efikasi dan pengurangan biaya yang mengakibatkan adopsi massal, dimana bukan hanya petani, tapi kita semua  akan mendapatkan keuntungan dari hasil pertanian dan produktivitas pangan.  Para petani tidak hanya dapat menyingkirkan kesengsaraan pertanian yang telah berlangsung lama tetapi juga meraup keuntungan besar dari lahan pertanian terbatas yang mereka miliki, dengan mengubah mereka dari ‘kecil’ menjadi ‘pintar’.

Baca juga : Cara Kerja Pertanian Presisi

Namun, untuk mewujudkannya, para pemimpin pemikiran industri, perusahaan teknologi, dan pakar pertanian harus berkolaborasi dan bekerja terus menerus untuk meningkatkan, berinovasi, dan memanfaatkan potensi AI.  Selain itu, pemerintah di seluruh dunia harus menyebarkan pesan tentang betapa pentingnya Pertanian Presisi bagi para petani dengan mendidik dan mendorong mereka untuk merangkul teknologi baru seperti AI, yang terbukti menjadi pengubah permainan yang memiliki potensi luar biasa untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian.

manfaat pertanian presisi

Manfaat Pertanian Presisi

Agung Sanjaya in Info IT
  ·   4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *