Info IT

Cara Unik Mengatasi Lupa Password Instagram

Instagram adalah media sosial paling populer dan terkini saat ini. Berbeda dengan yang lain, platform ini lebih fokus pada berbagi foto dan...

Written by Agung Sanjaya · 2 min read >
cara-reset-instagram-password

Instagram adalah media sosial paling populer dan terkini saat ini. Berbeda dengan yang lain, platform ini lebih fokus pada berbagi foto dan video. Anda dapat berinteraksi secara sosial, mengiklankan bisnis, berinteraksi dengan konsumen, untuk sekadar memamerkan selfie melalui Instagram. Dilengkapi dengan keamanan yang ketat, Instagram menerapkan kebijakan untuk melindungi keamanan akun penggunanya. Sayangnya, keamanan Instagram ini bisa menjadi masalah jika Anda lupa kata sandi Instagram Anda. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Lihat cara mudah mendapatkan kembali akun Instagram Anda di bawah ini :

cara-reset-instagram-password

Ubah kata sandi Instagram Anda melalui aplikasi Instagram di perangkat seluler

Jika Anda lupa kata sandi Instagram Anda, Anda dapat segera mengubahnya melalui perangkat seluler. Caranya cukup mudah. Berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda ambil.

  1. Di halaman utama Instagram, tekan tombol “Dapatkan bantuan masuk” atau “Dapatkan Bantuan Masuk”.
  2. Anda akan disajikan di halaman Cari Akun Anda. Kemudian, masukkan nama pengguna Instagram, email, atau nomor telepon Anda yang tertaut ke akun Anda.
  3. Selanjutnya, Anda akan diberikan empat pilihan untuk membuka akses akun.
  4. Kirim email
  5. Kirim SMS
  6. Kirim melalui Whatsapp
  7. Login dengan Facebook

Lalu, pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Anda akan menerima tautan untuk mereset kata sandi. Klik tautan dan Anda akan diundang untuk mengisi kata sandi baru.
  2. Selamat! Akun Instagram Anda sekarang dapat diakses lagi!

Ubah kata sandi Instagram Anda melalui browser web di laptop atau komputer

Metode ini sedikit berbeda dari aplikasi Instagram di perangkat seluler yang memberikan empat opsi untuk membuka akun Instagram. Di laptop atau komputer, Anda hanya diberi opsi untuk mengatur ulang kata sandi melalui email atau nomor ponsel. Metodenya hampir sama, yaitu sebagai berikut:

  1. Buka halaman Instagram utama di browser web, https://www.instagram.com/.
  2. Tekan tombol “Lupa Kata Sandi” atau “Kata Sandi Lupa” di bawah formulir login.
  3. Anda akan dihadapkan dengan nama pengguna, email atau nomor ponsel yang ditautkan ke akun Instagram.
  4. Isi email Anda dan tekan tombol “Kirim Tautan”.
  5. Periksa email. Anda akan diberikan tautan untuk mereset kata sandi. Klik tautannya dan Anda akan diundang untuk mengisi kata sandi baru.
  6. Akun Anda akan dibuka kembali dengan kata sandi baru.

Bagaimana jika Anda tidak menemukan akun Instagram Anda?

Saat mengisi formulir email atau nomor ponsel yang tertaut ke akun Instagram, ada kemungkinan Anda melakukan kesalahan dalam memasukkan data. Untuk itu, pastikan:

  1. Masukkan nama pengguna, alamat email, atau nomor ponsel Anda dengan benar, terutama jika nama pengguna menggunakan karakter yang berulang.
  2. Tidak perlu menggunakan simbol @ saat memasukkan nama pengguna Anda.
  3. Periksa email Anda, apakah ada email dari Instagram yang memberi tahu Anda bahwa informasi akun Anda telah diubah. Jika demikian, sangat mungkin akun Anda telah disusupi atau diretas.

Saya tidak memiliki akses ke email atau nomor ponsel yang saya daftarkan hilang. Bagaimana cara membuka Instagram yang terkunci?

Untuk membuka akses Instagram, Anda setidaknya harus memiliki salah satu cara akses, yaitu melalui nomor HP, email, atau Facebook yang ditautkan ke akun Instagram. Jika tidak, maka Anda dapat meminta bantuan dari Instagram melalui langkah-langkah berikut.

  1. Buka halaman Instagram utama dan pilih Dapatkan Bantuan untuk masuk di bagian bawah.
  2. Setelah itu, pilih “Butuh Bantuan Lainnya?” dan ikuti instruksi di layar.
  3. Pastikan untuk memberikan alamat email aman yang hanya dapat diakses oleh Anda. Instagram akan mengirim email dengan langkah selanjutnya dan memverifikasi identitas Anda.
  4. Anda akan diminta untuk mengambil foto diri Anda memegang kertas yang berisi kode tulisan tangan. Kode dikirim oleh Instagram.
  5. Anda juga akan diminta untuk memberikan nomor telepon, email, dan jenis perangkat yang digunakan saat mendaftar.
  6. Setelah selesai, akun Instagram Anda akan memiliki email, nomor telepon, dan kata sandi

Namun, tidak ada salahnya untuk mencegah hal ini terjadi lagi. Anda dapat mengamankan kata sandi Instagram Anda, menghubungkan Instagram dengan Facebook, dan nomor ponsel yang saat ini digunakan. Ini juga merupakan ide bagus untuk membuat kata sandi yang unik, namun mudah diingat. Dengan begitu, Anda bisa mengamankan akun dan bisa masuk dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *