Info IT

Cara mudah membuat tanda tangan di Microsoft Word

Cara mudah membuat tanda tangan di Microsoft Word – Tanda tangan dalam sebuah surat resmi adalah hal yang sangat penting. Kalau menanda...

Written by Rachmad · 1 min read >
cara-merubah-text-jadi-tabel-word-2013-infomudah

Cara mudah membuat tanda tangan di Microsoft Word – Tanda tangan dalam sebuah surat resmi adalah hal yang sangat penting. Kalau menanda tangani sebuah surat resmi saat sudah di print diatas selembar kertas bukanlah hal yang sulit. Tapi kalau tanda tangan harus dilakukan diatas sebuah dokumen yang masih berupa MS Word, adalah sebuah hal yang sulit apabila belum mengetahui caranya.

Mungkin beberapa dari Anda bisa mengatakan kalau tanda tangan diatas kertas saja, scan lalu tempelak ke dokumen di MS Word. Tapi pada kenyataannya tidak sesimpel dan sesederhana itu, karena walaupun tanda tangan diatas kertas yang berwarna putih sekalipun akan sedikit terjadi perubahan warna saat masuk ke MS Word.

Ada juga yang pernah mencoba menggunakan microsoft paint untuk membuat tanda tangan yang semirip mungkin dengan aslinya, namun yang terjadi adalah tanda tangannya tidak bisa menjadi seperti aslinya dan terlihat sangat berantakan.

Lalu harus bagaimana?

Kalau cara profesional sebenarnya yang dibutuhkan adalah alat scanner dan Adobe Photoshop supaya bisa melakukan scan tanda tangan Anda dan dipindah ke photoshop untuk dihapus background nya supaya menjadi tanda tangan dengan background transparan dan berformat PNG. Namun apa daya tidak semua orang memiliki scanner dan mampu melakukan editing dengan photoshop.

Kali ini kita akan mempelajari bagaimana membuat tanda tangan di MS Word dengan cara yang sangat sederhana dan menggunakan tools yang Anda miliki saat ini yaitu han handphone.

Hasilnya?

Tentu saja sangat baik, karena sebenarnya di microsoft word sudah dilengkapi dengan editing sederhana  yang sudah cukup baik untuk melakukan editing membuat tanda tangan.

Cara Membuat Tanda Tangan di Microsoft Word

Langkah 1 :

Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah membuat tanda tangan diatas selembar kertas putih dengan menggunakan bolpoint hitam, dan usahakan saat melakukan tanda tangan agak menekan supaya hasil tanda tangan bisa benar benar jelas berwarna hitam untuk mempermudah editing nya.

Langkah 2 :

Foto tanda tangan tersebut dengan memenuhi objek foto lalu pindahkan file foto tanda tangan tersebut ke komputer atau laptop dengan menggunakan kabel data ataupun menggunakan bluetooth ataupun menggunakan media lain.

Langkah 3

Buka MS Word dan letakkan kursor di tempat yang ingin diletakkan tanda tangannya. Klik pada tab Insert lalu pilih Picture.

cara mudah membuat tanda tangan di microsoft word-1

Langkah 4

Tanda tangan sudah masuk ke dalam MS Word, sekarang yang harus Anda lakukan adalah mengatur ukuran dan posisi supaya bisa sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa melakukan cropping, membesarkan atau mengecilkan dengan pengaturan yang ada di dalam MS Word.

cara mudah membuat tanda tangan di microsoft word-2

Langkah 5

Proses ini masih belum selesai, karena background masih belum sama dengan background MS Word, dan apabila di print akan tidak akan sempurna hasilnya. Kebanyakan tutorial yang lain adalah melakukan editing dengan menggunakan bantuan Adobe Photoshop, namun kali ini kita akan melakukan editing sederhana tanpa mengguankan Adobe Photoshop namun hasilnya tetap bagus. Kita akan menggunakan fitur yang ada di dalam MS Word itu sendiri.

Baca juga : Tips Penggunaan Kartu Kredit yang Baik

Langkah 6

Klik kanan pada Gambar dan pilih Format Picture untuk melakukan langkah selanjutnya yaitu editing.

cara mudah membuat tanda tangan di microsoft word-3

Langkah 7

Klik pada Logo Picture – pilih Picture Color dan pilih Recolor.

cara mudah membuat tanda tangan di microsoft word-4

Langkah 8

Akan muncul beberapa pilihan warna disana, pilih pilihan Black and White: 50%.

cara mudah membuat tanda tangan di microsoft word-5

Langkah 9

Apabila Anda melakukannya dengan benar maka hasil akhirnya akan menjadi seperti ini.

cara mudah membuat tanda tangan di microsoft word-6

Cukup mudah bukan? Cara membuat tanda tangan ini bisa juga diaplikasikan di Excel dengan cara yang sama.

5 Daftar VPN Terbaik 2019

Rachmad in Info IT
  ·   2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *