Info IT

Cara Mudah Memberi Password Di Dokumen Word 2013

Sudah Tahu cara mudah memberi password di dokumen Word 2013 ? Memberi perlindungan pada dokumen word yang bersifat rahasia menjadi suatu hal...

Written by Rachmad · 1 min read >
pasang password dokumen word

Sudah Tahu cara mudah memberi password di dokumen Word 2013 ? Memberi perlindungan pada dokumen word yang bersifat rahasia menjadi suatu hal yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran informasi / data. Berikut ini adalah cara mudah memberi password di dokumen Word 2013 yang bisa anda terapkan pada semua file Word di laptop anda.

Langkah Mudah Memberi Password Di Dokumen Word 2013.

Pertama – tama buat halaman baru pada Microsoft Word atau buka dokumen word yang ingin diberikan password. Setelah itu, klik File dan pilih tab Info.

Klik Protect Documents dan lihat menu dropdown yang muncul pada layar laptop anda. Pada menu dropdown akan disodorkan beberapa opsi seperti Mark As Final, Encrypt With Password, Restrict Editing, Restrict Access, dan Add a Digital Signature.

Pilih Encrypt With Password. Kemudian, akan muncul kotak dialog kecil yang berisi bilah kosong yang harus anda isi. Isi bilah kosong tersebut dengan password yang anda inginkan. Lalu, klik OK.

Verifikasi password tersebut dengan cara mengulanginya kembali pada kotak dialog berikutnya.

Kemudian, simpan dokumen tersebut dengan mengklik Save As. Anda bebas menyimpannya di dalam sub direktori mana saja yang anda inginkan.

Tutup jendela Microsoft Word 2013. Selesai.

Untuk memeriksa kembali apakah dokumen yang anda beri password tadi benar – benar sudah diproteksi atau belum,  anda bisa membuka file tersebut dengan cara double klik pada icon file tersebut atau melalui cara lain yaitu dengan klik kanan pada icon file lalu klik Open.

Dokumen word yang sudah di lapisi perlindungan akan menampilkan kotak dialog bertajuk Password ketika dibuka. Pada kotak dialog tersebut, anda akan diminta untuk mengetikkan kata sandi pada bilah yang sudah disediakan.

Jika password yang anda masukkan benar, dokumen akan terbuka dan baru lah anda bisa melakukan pengeditan. Dengan demikian, orang asing tidak bisa membuka dokumen anda apalagi mengubah – ubah isinya.

Cara mudah memberi password di dokumen Word 2013 Part 2.

Selain cara di atas, ada juga cara lain yang bisa anda coba. Berikut ini adalah langkah – langkahnya.

Pertama, buat new document atau buka dokumen lama yang ingin anda beri password. Setelah itu klik Office Button yang terletak di sebelah kiri atas layar laptop.

Klik Save As, kemudian klik Tools. Seketika akan muncul menu drop down yang berisi beberapa opsi seperti Map Network Drive, Save Options, General Options, Web Options, dan Compress Pictures.

pasang password dokumen word

Pilih General Options. Tunggu hingga muncul kotak dialog yang menawarkan anda akses untuk menambahkan pasword sebagai bentuk proteksi terhadap file Word yang sedang anda buka.

Masukkan password pada bilah kosong di samping kanan tulisan Password To Open. Lalu pilih OK.

Anda akan diminta untuk mengulangi kata sandi dengan cara mengetikkan ulang kata sandi tersebut pada sebuah kolom kosong bertuliskan Reenter Password To Open. Klik tombol OK setelah anda selesai memverifikasi kata sandi.

Jangan lupa untuk menyimpan dokumen terlebih dahulu sebelum anda menutup jendela Microsoft Word. Selesai.

Lakukan pengecekan ulang untuk mengetahui apakah dokumen Word sudah diproteksi atau belum dengan cara double klik pada icon dokumen Word yang telah anda tambahkan password. Apabila Microsoft Word menampilkan kotak dialog berjudul Password, maka itu artinya file Word anda sudah berhasil diproteksi.

Itulah langkah bagaimana cara mudah memberi password di dokumen Word 2013. Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *