Info IT

Cara Menghapus Cache di HP Paling Cepat dan Mudah

Cara Menghapus Cache di HP – Para pengguna ponsel android belum tentu semua paham akan cache itu, sebenarnya beragam sekali penjelasan dari...

Written by Irfan · 1 min read >
Cara Menghapus Cache di HP Paling Cepat dan Mudah

Cara Menghapus Cache di HP – Para pengguna ponsel android belum tentu semua paham akan cache itu, sebenarnya beragam sekali penjelasan dari cache ini salah satunnya adalah tempat tersimpannya data seperti membuka situs, ketika log in akun dan masih banyak lagi lainnya.

Cache fungsinya juga bisa dimanfaatkan untuk membuka cepat situs yang telah anda buka sebelumnya, jadi anda tidak perlu menulis lagi di pencarian Google. Tapi yang perlu diperhatikan disini cache juga perlu di rawat apabila terlalu banyak maka akan membuat performa hp anda menjadi lemot.

Nah, dari pada hp anda semakin lemot ada baiknya lakukan cara menhapus cache di HP seperti dibawah ini :

Cara Menghapus Cache di HP Paling Cepat dan Mudah

Sebelum melakukan menghapus cache, disini akan di berikan penjelasan terlebih dahulu mengenai manfaat menghapus cache di ponsel android anda. Apa saja? Mari simak pemaparannya di sini :

  • Memori akan lebih banyak ruangnya ketika cache di delete.
  • Ponsel android akan menjadi cepat dan tidak lemot
  • Koneksi pada fitur aplikasi di android lebih baik jalannya, dan
  • Tampilannya menjadi baru ketika cache di hapus

Cara Menghapus Cache di HP

Ada saatnya anda menghapus cache untuk kebutuhan hp android, jika sedang mengalami masalah pasti anda akan menghapus salah satunnya seperti cache menumpuk. Tujuannya agar hp android menjadi normal dan stabil performannya, nah untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, buka terlebih daulu pengaturan lalu pilih “App Management” dan tab.
  2. Maka akan muncul tampilan baru seperti daftar dari aplikasi yang ada di android anda, pilihlah salah satu dari sekian banyak aplikasi. Jika sudah yakin untuk pilihanmu, maka lakukan tab dan tekan.
  3. Tunggu beberapa saat lagi akan muncul perintah “App info”. Yang berisikan tentang tiga pilihan nama seperti storage usage, data usage status, dan power saver. Tapi saat ini anda menginginkan pengosongan pada cache, yakni dengan tab nama storage usage.
  4. Beberapa detik lagi akan muncul halaman “storage usages” dengan rincian total kapasitas memori data yang masuk, dan kali ini anda pilih perintah “Clear Cache” yang berada di pjok kanan bawah.
  5. Selesai, mudah juga bukan.

Menghapus Semua Aplikasi Cache di HP

Perintah kali ini anda juga bisa menghapus semua aplikasi cache yang tersimpan di HP milik anda, carannya juga simple sebenarnya cukup lakukan langkah berikut di bawah ini :

  1. Pertama, buka pengaturan seperti biasannya. Lalu pilihlah nama perintah “Additional Settings”.
  2. Berikutnya setelah anda tab tadi maka akan muncul menu baru disebelah kanannya, lalu anda langsung tab nama “Storage”.
  3. Sampai disini tunggulah lampiran baru Storage, jika sudah tampil di layar hp milikmu. Saatnya anda pilih perintah “Clean Storage” disitu akan terlihat dari kapasitas memori cache yang tersimpan. Biasannya kapasitasnya mencapai 1 GB lebih jika anda jarang mengecek untuk menghapusnya.
  4. Untuk melanjutkannya anda langsung cari nama “Safe to Clean” dan tab.
  5. Langkah kali ini di tampilan safe to clean, akan ada dua nama dimana anda pilih salah satunnya. Untuk perintah kali ini anda pilih cache junk (diberi tanda centang) lalu tekan Clear di bawah sendiri.
  6. Cache akan berjalan terus sesuai banyaknya kapasitas dari cache tersebut.

Nah, itu tadi tentang Cara Menghapus Cache di HP Paling Cepat dan Mudah. Semoga informasi ini memberikan referensi untuk anda dan selamat mencoba.

manfaat-wifi

Manfaat Teknologi WiFi

Bambang Winarso in Info IT
  ·   3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *