Info IT

Cara Menambah Printer Via Jaringan Wi-Fi Mac dan Macbook

Cara Menambah Printer Via Jaringan Wi-Fi Mac dan Macbook – Ketika kita sedang menggunakan printer pada Mac maupun MacBook, tentu saja tidak...

Written by Bambang Winarso · 1 min read >
printer-jaringan-wifi-mac-macbook-macos

Cara Menambah Printer Via Jaringan Wi-Fi Mac dan Macbook – Ketika kita sedang menggunakan printer pada Mac maupun MacBook, tentu saja tidak akan jauh beda dengan saat menggunakan sebuah printer di PC dan juga laptop Windows. Dan yang lebih mudahnya lagi jika printer yang Kalian gunakan telah mendukung sebuah koneksi jaringan WI-FI, sehingga Kalian bisa menggunakan sebuah printer tersebut tanpa adanya kabel guna untuk mengeprint atau mencetak sebuah dokumen yang penting.

Nah, sebelum Kalian menggunakan printer pada Mac maupun MacBook dengan menyambungkan jaringan WI-FI, Kalian diharuskan menambahkan printer yang ada pada jaringan untuk kedalam sebuah sistem macOS pada Mac dan juga pada MacBook. Kemudian jika printer telah berhasil untuk ditambahkan, maka Kalian sudah bisa langsung mempergunakan printer dengan koneksi melalui jaringan WI-FI tanpa adanya kabel.

Hal yang Perlu dipersiapkan Sebelum Menambah Printer Via Jaringan Wi-Fi

menambah printer di mac

Sebelum menkoneksikan printer ke mac atau macbook, kalian harus mempersiapkan beberapa peralatan berikut ini

  1. Mac atau MacBook
  2. Printer support Wi-Fi
  3. Router
  4. Aplikasi Bawaan dari Printer untuk mengkoneksikan Wifi Ke perangkat lainnya

Jika semua peralatan diatas sudah kalian miliki, bisa lanjut ke tahap di bawah ini. Tapi jika tidak ada salah satunya, maka sebaiknya Kalian tidak melanjutkan tahapan di bawah ini. Karena percuma tidak akan bisa mengkonsksikan Printer ke Mac ataupun MacBook.

Cara Menambah Printer Via Jaringan Wi-Fi di MAC dan MACBOOK

Untuk menambah atau add printer dari jaringan Wifi ke Mac atau MacBook, Kalian harus mengikuti tahap-tahap berikut :

  1. Kalian harus memastikan bahwa printer sudah bisa tersambung kepada jaringan WI-FI ataupun sebuah router yang mirip dengan Mac maupun MacBook.
  2. Lalu, Kalian masuk ke sebuah System Preference lalu -> Printer & Scanners.
  3. Kemudian, Kalian tekan Add atau menambahkan dengan sebuah ikon bertKalian plus(+).
  4. Kalian bisa menunggu printer sampai terbaca di MAC atau MACBOOK.
  5. Kalau semuanya sudah, Kalian bisa saja langsung meng-klik printer tersebut dengan benar.
  6. Kalau software tidak bisa terdeteksi dengan secara otomatis, maka Kalian bisa memilih software atau juga driver printer dengan cara yang manual.
  7. Kalian klik Add untuk menambahan printer ke sistem macOS pada Mac maupun MacBook.
  8. Nah, sekarang Kalian sudah bisa menggunakan printer dengan koneksi jaringan WI-FI secara langsung pada Mac atau MacBook.

Agar bisa menambahkan printer tersebut kejaringan WI-FI, maka Kalian bisa mengikuti sebuah tutorial yang ada terdapat dalam masing-masing produk printer yang Kalian miliki. Baiknya jika Kalian menggunakan printer produk Cannon Pixma G3000, maka harus meregistrasi printer ke router pada jaringan rumah yang Kalian miliki dan Kalian diharuskan menggunakan aplikasi Cannon PRINT inject/SELPHY. Aplikasi tersebut sudah tersedia untuk brand iPhone, iPad, dan juga smartphone Android.

Nah, itulah cara mudah yang bisa Kalian lakukan  untuk menambah printer via jaringan Wifi. Lalu bagaimana? Apakah Kalian sudah berhasil untuk mencetak semua dokumen yang ada dengan menggunakan printer melalui jaringan WI-FI dengan menerapkan tips diatas?

Semoga Kalian semua dapat menambah printer via jaringan Wifi dengan mudah di Mac ataupun Macbook. Sehingga bisa melakukan proses print dokumen dengan lebih mudah dan praktis tanpa kabel. Selain itu, Kalian juga harus memastikan printer yang digunakan sudah support print via Wifi. Jika printer yang digunakan tidak support, maka percuma saja cara ini Kalian gunakan, karena tidak akan bisa dilakukan.

5 Daftar VPN Terbaik 2019

Rachmad in Info IT
  ·   2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *