Info IT

Cara Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca

Memperbaiki Memory Card Rusak – Apa anda salah satunya disini yang kartu SD mengalami kerusakan di smartphone milikmu, padahal pemakainnya tidak terlalu...

Written by Irfan · 1 min read >
Cara Memperbaiki Memory Card Rusak

Memperbaiki Memory Card Rusak – Apa anda salah satunya disini yang kartu SD mengalami kerusakan di smartphone milikmu, padahal pemakainnya tidak terlalu banyak untuk menyimpan file dokumen namun card SD selalu tak lepas dari kerusakan.

Mungkin ada beberapa hal yang harus anda ketahui tenang kartu SD ini, apakah kondisi memory card sudah lama/ bekas dan bahkan masih baru beli tapi tidak terbaca ketika menyimpan suatu file.

Untuk mengatasi problem di atas disini ada solusi untuk memperbaiki memory card rusak. Nah dari pada penasaran mari langsung saja simak penjelasannya di bawah ini :

Cara Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca

1.Usahakan untuk Membersihkan Memory Card

Pertama, yang harus anda lakukan terlebih dahulu jika memory card tidak terbaca di ponsel androidmu. Maka lakukan hal sederhana terlebih dahulu dengan cara bersihkan kartu pada konektor.

Cara sederhana ini perlu anda coba langsung sebelum melakukan langkah yang lebih ribet, pastinnya anda ketika ingin membersihkannya usahakan memory card di lepas dari perangkat. Anda bisa melakukan dari memory card apa saja baik itu android, kamera, dan lain sebagainnya.

2.Tes Memory Card di Ponsel Lain

Berikutnya, cara yang paling mudah dan bisa jadi berhasil ketika memory card anda tidak terbaca yaitu pindahkan kartu SD ke perangkat lainnya bisa dengan meminjam ponsel android teman maupun saudara dulu.

Tujuannya untuk melakukan ini untuk tes apakah terdeteksi atau kah tetap tidak bisa kebaca meski di perangkat lainnya. Sebelum memindahkan memory card tadi, pastikan perangkat itu seperti ponsel teman normal dan tidak mengalami masalah. Jika hasilnya masih tetap file tidak bisa terlihat di perangkat android lainnya, maka anda bisa lnsgung melepas kartu SD dengan lakukan langkah lanjutan di bawah ini.

3.Gunakan PC/laptop untuk Pengecekan

Salah satu cara ampuh untuk mengetahui memory card masih noral atau kah sudah rusak, carannya dengan menggunakan PC/laptop untuk melakukan pengecekan. Bisa juga cara menggunakan perangkat seperti laptop ini jika memory card anda benar-benar sulit untuk di hapus/format.

Langkahnya sederhana sekali anda langsung masukan memory card ke dalam kabel data untuk menyambungkannya, kemudian ganti mode “Media transfer” ke MSC (Mass Storage Mode. Sekarang anda bisa langsung open explore, dan klik kanan mouse  pada memory card.

Properties – lalu tekan tools – kemudian pilih perintah “Error Checking”. Sekarang anda bisa menunggu hasilnya hanya beberapa detik saja, untuk melanjutkannya anda bisa langsung tekan perintah “Eject”.

4.Gunakan Smartphone untuk Format kartu SD

Langkah lanjutan kali ini untuk mengetahui apakah memory card anda tetap bisa digunakan atau memang sudah rusak, carannya begitu simple dan ampuh pastinnya yakni format semua data isi kartu SD lewat smartphone.

Untuk tutorialnya anda bisa langsung masuk ke menu pengaturan, lalu tekan storage, dan pilihlah portable storage pada kartu SD. Untu meneruskan menu storage settings, pilihlah format dan tekan perintah “Erase & Format”. Selesai.

5.Menggunakan PC untuk Format kartu SD

Satu lagi rekomendasi untuk anda yang masih belum berhasil mengatasi memory card tidak usah khawatir, karena ada cara lagi untuk bisa anda lakukan juga dengan bantuan PC/laptop.

Carannya pakailah card reader untuk menyambungkan kartu SD, kemudian buka explore, dengan memilih kartu SD dan pada mouse klik kanan untuk menghapusnya “Format”. Mudah juga bukan?

Nah, itu tadi tentang Cara Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca. Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk anda semuannya. Selamat mencoba dan berhasil

manfaat pertanian presisi

Manfaat Pertanian Presisi

Agung Sanjaya in Info IT
  ·   4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *