Info IT

Cara Membuat Blog Sendiri Bagi Pemula

Cara membuat blog sebenarnya sangat mudah. Jangan takut jika Anda tidak terbiasa dengan coding atau bahasa pemrograman lainnya. Saat ini blog telah...

Written by Agung Sanjaya · 1 min read >
Cara membuat blog

Cara membuat blog sebenarnya sangat mudah. Jangan takut jika Anda tidak terbiasa dengan coding atau bahasa pemrograman lainnya. Saat ini blog telah banyak digunakan oleh berbagai macam orang untuk menunjang aktivitas menulisnya dan bahkan ada beberapa orang yang menjadikan blog sebagai sumber mata pencaharian utama.

Blog merupakan sebuah platform seperti website yang berisikan sejumlah tulisan dengan berbagai. Topik. Berbeda dengan website yang kontennya statis, pada blog konten dapat berubah-ubah sesuai dengan admin dan penulisnya. Konten tersebut biasa disebut dengan postingan.

Blog dapat dijadikan sebagai media untuk dapat mengembangkan kemampuan menulis, mengobrol dengan komunitas online, bahkan juga menampilkan iklan. Selain tulisan, blog juga dapat berisikan foto atau video yang menarik untuk di bagikan kepada pembaca.

Cara Membuat Blog

Untuk dapat membuat blog yang sederhana, dapat menggunakan situs-situs gratis ataupun berbayar yang ada di internet. Agar dapat sukses menarik pengunjung, blog haruslah memiliki konten yang menarik, hosting dan domain yang unik, dan beberapa hal lainnya. Di bawah ini akan dibahas mengenai teknik membuat blog:

  • Menentukan niche. Yang dimaksud dengan niche adalah topik yang akan menjadi fokus dan tema utama dari blog Anda. Menentukan niche akan sangat ideal apabila sesuai dengan passion yang dimiliki. Misalnya saja Anda menyukai masak-memasak maka tulislah blog yang berhubungan dengan kegiatan memasak. Begitupun bila Anda penyuka travelling, maka dapat menulis¬† blog yang berhubungan dengan perjalanan.

Jika ingin mendapatkan banyak pengunjung, maka harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Penting untuk mencari niche yang spesifik misalnya Anda memilih topik parenting yang sangat luas. Maka dalam blog perlu di spesifikasi mengenai cara merawat balita, cara memberikan mainan yang bermanfaat untuk anak, dan yang lainnya.

  • Memilih domain dan web hosting. Web hosting dapat dibedakan menjadi shared hosting, cloud hosting, dan VPS hosting. Bagi pemula sebaiknya memilih shared hosting karena harganya relatif murah dan mudah digunakan meskipun harus berbagi server dengan pengguna lainnya. Berlangganan web hosting ini biasanya dilakukan dalam jangka waktu tertentu dan dapat diperbaharui. Fungsi web hosting adalah agar blog yang kita miliki dapat diakses di world wide web.

Sedangkan domain adalah alamat URL unik yang dimiliki oleh setiap halaman blog atau website. Domain ini juga menggunakan sistem berlangganan dan kita dapat memilih nama domain di website yang menjual domain. Pastikan memilih domain yang unik dan potensial untuk menarik pengunjung.

  • Menginstall platform blogging. Selanjutnya setelah membeli nama domain dan hosting, maka Anda dapat langsung menginstal platform blogging. Pada platform ini Anda dapat menulis, mengubah konten, mengatur tema, dan yang lainnya.

Beberapa Contoh Platform Blogging

Sebenarnya platform blogging di website sangatlah banyak. Di bawah ini akan dibahas mengenai beberapa platform blogging yang populer:

  • WordPress. Merupakan situs web atau blog gratis yang sangat populer. Mereka mengklaim bahwa sekitar 39% web dan blog di internet di bangun oleh WordPress.
  • Blogger. Merupakan layanan penerbitan web dan blog yang dibeli oleh Google. Platform ini juga sangat populer terutama di kalangan anak muda.

Semoga Anda tidak kebingungan lagi dalam membuat blog dan konten setelah membaca artikel cara membuat blog. Membuat blog yang dinginkan sebenarnya sangat mudah dan sederhana, akan tetapi perlu rajin melakukan postingan tiap hari agar pengunjung semakin tertarik.

tips riset kata kunci untuk pemula

Tips Riset Kata Kunci Untuk Pemula

Dwi in Info IT
  ·   3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *