Info IT

Cara Kerja Pertanian Presisi

Pertanian Presisi mengubah lahan pertanian pedesaan menjadi pertanian yang terhubung ke internet dengan cerdas, hal ini dimungkinkan melalui kombinasi teknologi cerdas seperti...

Written by Agung Sanjaya · 4 min read >
cara kerja pertanian presisi

Pertanian Presisi mengubah lahan pertanian pedesaan menjadi pertanian yang terhubung ke internet dengan cerdas, hal ini dimungkinkan melalui kombinasi teknologi cerdas seperti AI, Big Data, Cloud, IoT, dan Pembelajaran Mesin.  Penerapannya dapat dirasakan secara luas, dari deteksi otomatis pola kekeringan hingga penelusuran pola pematangan apel atau tomat, dan dengan traktor pintar yang menyingkirkan tanaman yang sakit.  Saat ini, bahkan drone secara luas digunakan di bidang pertanian untuk analisis penelitian, keselamatan, penyelamatan, pemindaian medan, analisis spasial, pemantauan hidrasi tanah, mengidentifikasi masalah hasil, dll.

Drone pintar ini bahkan menyemprotkan dan menyemprotkan pestisida dengan tepat pada tanaman yang sakit dari hamparan luas lahan pertanian, membantu menambahkan mikro dan makronutrien, memeriksa sifat fisik seperti kelembapan, sifat kimia, keseimbangan pH dengan menambahkan kapur, dll. Pertanian presisi bersama dengan AI  Aplikasi yang diberdayakan memfasilitasi dalam mengidentifikasi kasus pencocokan – beri tahu penyakit apa yang telah melumpuhkan tanaman dan kemudian, cocokkan dari daftar basis data pencitraan penyakitnya, kirim tindakan korektif, dan sebagainya.  Jadi, kemungkinan dengan AI dan analitik data tampak tidak terbatas dalam Pertanian Presisi.  Data yang dikumpulkan dan dianalisis akan dikirim sesuai kebutuhan dan kebutuhan petani. Ini merupakan salah satu cara kerja pertanian presisi yang terbaik.

Petani yang mengadopsi teknologi AI ke dalam praktik pertanian mereka pasti akan mendapatkan keuntungan yang signifikan.  Kita membutuhkan teknologi pintar untuk hasil pertanian yang lebih besar agar menguntungkan petani.  Prosesnya melibatkan pementasan beberapa titik data di pertanian pertanian besar dan dengan mengumpulkan informasi yang tepat dan relevan dari beberapa titik data dan berbagai perangkat tepi seperti drone, sensor, dan kamera pintar, dll. Didukung dengan beberapa sistem pemantauan dan analisis cerdas yang akhirnya membantu dalam menyediakan  informasi cerdas kepada petani. Ini merupakan salah satu cara kerja pertanian presisi yang terbaik.

 Solusi Untuk Pertanian Presisi

Dengan  mesin inferensi sederhananya memiliki kemampuan tanpa batas untuk mengumpulkan dan memproses data dalam jumlah besar yang berasal dari berbagai sumber heterogen seperti sensor, drone, dan berbagai perangkat terhubung / edge yang mendukung IoT.  Software dapat dengan mulus memproses sejumlah besar node hanya dalam beberapa milidetik.  Data yang dikumpulkan dan dianalisis ditampilkan di dasbor yang sangat visual, sebagai laporan / analisis pertanian akurat yang dapat disesuaikan membantu petani dalam mengambil keputusan yang cepat & cerdas.  Hal ini membantu perusahaan pertanian, pertanian & makanan global dengan solusi teknologi terkini yang mutakhir.  Ditambah dengan software yang memanfaatkan perangkat edge to edge, aplikasi & keahlian solusi analitik, perangkat keras, perangkat lunak / rekayasa tersemat & keahlian IoT yang membantu membuat perangkat pintar (edge) terhubung yang didukung IoT seperti sensor pintar, solusi drone,  sistem pemantauan, dll., yang sebagian besar membentuk garis hidup solusi pertanian Presisi. Ini merupakan salah satu cara kerja pertanian presisi yang terbaik.

Dengan pertanian presisi memberi petani informasi yang cepat, tepat waktu, dan relevan melalui analisis waktu nyata yang sangat visual.  Wawasan tersebut memberi petani informasi yang berkaitan dengan waktu yang tepat untuk menabur, analisis tanah, jumlah air dan nutrisi yang dibutuhkan, serta pembaruan cuaca yang memungkinkan petani untuk beradaptasi dengan perubahan cuaca yang cepat dan membuat keputusan cerdas & cepat berdasarkan data, dll. Yang pasti  , Pertanian Presisi dan Pertanian Cerdas di masa depan, didukung oleh teknologi seperti AI bersama dengan analitik Big Data, IoT, AI, ML, DL akan membantu pertanian mengambil lompatan kuantum.  Ini akan membuat pertanian dan pertanian lebih menguntungkan dengan memberi petani margin keuntungan yang besar. Ini merupakan salah satu cara kerja pertanian presisi yang terbaik.

Teknologi Pertanian Presisi

Pertanian presisi bergantung pada berbagai teknologi untuk mengumpulkan dan menganalisis data.

Banyak perkembangan paling menarik dalam pertanian presisi melibatkan kombinasi teknologi.  Misalnya, petani menerapkan perangkat IoT dan AI untuk memantau dan secara otomatis mengakomodasi perubahan pada tanah, cuaca, dan tanaman.

Perangkat Internet of Things (IoT)

Perangkat IoT mencakup berbagai sensor yang terhubung secara nirkabel ke jaringan pusat di pertanian atau di cloud.  Perangkat lunak tersebut kemudian mengumpulkan data dan memberi petani lebih banyak wawasan tentang faktor-faktor yang memengaruhi panen mereka. Ini merupakan salah satu cara kerja pertanian presisi yang terbaik.

Analisis Big Data

Perangkat lunak analitik data besar membantu menganalisis data yang dikumpulkan dari perangkat IoT, drone, dan peralatan pertanian.  Data dapat disimpan dalam buku besar elektronik terdistribusi menggunakan teknologi blockchain, menawarkan alat pengumpulan data yang efisien dengan risiko keamanan minimal. Ini merupakan salah satu cara kerja pertanian presisi yang terbaik.

 Teknologi Blockchain

Ini bukan hanya untuk cryptocurrency seperti Bitcoin, dengan teknologi Blockchain mengubah pertanian dan pertanian dengan menyimpan dan menyediakan informasi penting bagi semua orang di tempat yang aman dan terjamin. Ini merupakan salah satu cara kerja pertanian presisi yang terbaik.

Drone dan Perangkat Berbasis GIS

Drone dan perangkat berbasis GIS digunakan untuk segala hal mulai dari pemantauan tanaman hingga pemetaan penggunaan lahan.  Drone juga dapat mengumpulkan data cuaca atau membantu melacak ternak. Ini merupakan salah satu cara kerja pertanian presisi yang terbaik.

AI dan Robotika

AI dan robotika sering digunakan untuk meminimalkan kebutuhan tenaga kerja manual atau untuk meningkatkan efisiensi.  Beberapa peralatan pertanian terbaru dapat terhubung ke jaringan nirkabel dan mengotomatiskan tugas-tugas padat karya.  Salah satu startup teknologi bahkan telah mengembangkan sistem yang sepenuhnya mengotomatiskan produksi tanaman, mulai dari menabur benih hingga memanen tanaman.

Pertanian presisi menggunakan solusi teknologi terintegrasi untuk menyediakan data real-time yang andal yang memungkinkan produsen menyesuaikan sumber daya dan metode budidaya agar sesuai dengan kondisi pertanian secara akurat. Ini merupakan salah satu cara kerja pertanian presisi yang terbaik.

 Optimalisasi penggunaan lahan yang lebih baik

Alat presisi membantu memastikan bahwa setiap lahan subur yang subur di pertanian dioptimalkan untuk kondisi pertumbuhan terbaik melalui pemetaan biomassa dan analisis vegetasi.  Sensor di lapangan mengirim informasi tanah kembali ke platform terpusat, sementara teknologi drone dan satelit memberi petani gambaran real-time dari tanah mereka untuk mengidentifikasi masalah.  Bagi mereka yang memiliki lahan pertanian yang luas, menemukan dan menangani masalah ini dapat luput dari perhatian, dan tidak terawat selama berhari-hari. Ini merupakan salah satu cara kerja pertanian presisi yang terbaik.

Konservasi sumber daya

Tidak ada spekulasi atau pengambilan keputusan menyeluruh dalam hal distribusi pupuk, nutrisi dan irigasi.  Itu berarti penggunaan sumber daya yang lebih baik, dan penghematan biaya bagi pemilik pertanian.  Melalui penggunaan kontrol bagian, pertanian presisi juga dapat membantu mencegah masuknya bahan kimia yang tidak perlu ke dalam tanah. Ini merupakan salah satu cara kerja pertanian presisi yang terbaik.

Praktik pertanian yang efisien

Teknologi seperti otonom, kendaraan dan drone yang digerakkan oleh GPS kurang bergantung pada sumber daya manusia.  Solusi teknologi cloud memudahkan petani untuk mengakses data dari mana saja, kapan saja, dengan aliran data yang mulus antar alat.  Itu berarti lebih sedikit penanganan ganda, dan lebih sedikit waktu yang dihabiskan di meja. Ini merupakan salah satu cara kerja pertanian presisi yang terbaik.

Seiring dengan bertambahnya akses ke data, demikian pula kemampuan petani untuk membuat keputusan berdasarkan data yang lebih cepat, lebih baik, dan lebih terinformasi yang meningkatkan hasil, melindungi lingkungan, dan memanfaatkan sumber daya dengan lebih baik.

Bagi petani, pemahaman yang lebih baik tentang apa yang terjadi di pertanian diterjemahkan menjadi apa yang terjadi di buku mereka juga penting.  Data yang diperoleh di pertanian juga dapat diintegrasikan ke alat akuntansi dan manajemen bisnis yang memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kinerja keuangan peternakan.

Baca jugaApa Itu Pertanian Presisi

Dengan informasi ini, petani memiliki posisi yang lebih baik untuk membuat keputusan cerdas seputar operasi pertanian mereka, keputusan pembelian, dan keputusan sumber daya. Ini merupakan salah satu cara kerja pertanian presisi yang terbaik.

Bisnis pertanian yang lebih menguntungkan dan berkelanjutan tidak hanya menguntungkan pemilik tanah, tetapi juga komunitas pedesaan dan ekonomi nasional mereka yang lebih luas.

manfaat pertanian presisi

Manfaat Pertanian Presisi

Agung Sanjaya in Info IT
  ·   4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *