Info IT

Cara Kerja Payment Gateway adalah

Perkembangan teknologi telah mengubah gaya hidup masyarakat modern. Tujuannya, untuk memudahkan segala aktifitas dan pemenuhan kebutuhan yang lebih cepat dan praktis. Termasuk...

Written by Agung Sanjaya · 1 min read >
Cara Kerja Payment Gateway

Perkembangan teknologi telah mengubah gaya hidup masyarakat modern. Tujuannya, untuk memudahkan segala aktifitas dan pemenuhan kebutuhan yang lebih cepat dan praktis. Termasuk pada sistem jual beli yang kini banyak mengandalkan e-commerce, ketimbang membeli langsung di toko.

Selain kualitas produk dan harga yang kompetitif, hal yang biasanya diperhatikan adalah kemudahan terhadap proses pembayaran. Sistem pembayaran inilah yang disebut dengan payment gateway. Payment gateway adalah gerbang pembayaran yang bertujuan memudahkan pembeli maupun penjual, dalam bertransaksi.

Mengenal Payment Gateway Adalah


Pernah mendengar tentang PayPal? Sistem ini memungkinkan penggunanya bertransaksi tanpa harus datang ke ATM, bank atau bahkan melalui wesel. Hanya dengan membuat akun serta mengisi sejumlah uang yang terbaca dengan sistem virtual.

Semacam dompet elektronik yang memungkinkan penggunanya berbelanja kapanpun dan dimanapun tanpa harus mengikuti pelbagai prosedur yang sesuai. PayPal inilah yang disebut sebagai payment gateway.

Berdasarkan definisinya, payment gateway merupakan sistem transaksi online yang berorientasi terhadap proses pembayaran, bisa dengan kartu kredit, transfer bank serta pembayaran langsung. Sistem enkripsi data nomor kartu debit dan kredit yang diterapkan payment gateway, bisa memberikan jaminan transaksi yang lebih aman sekaligus nyaman bagi para penggunanya.

Cara Kerja Payment Gateway

Payment gateway memiliki standar kerja yang cukup sistematis, sebagai perantara merchant bank dan website e-commerce seperti berikut ini:

  1. Pelanggan akan melihat dan memutuskan membeli satu atau beberapa produk, melihat dari informasi yang terhubung dengan sumber payment gateway.
  2. Payment gateway selanjutnya bakal meneruskan informasi yang ada ke prosesor pembayaran bank penggunanya.
  3. Melalui prosesor, meneruskan informasi transaksi untuk asosiasi pembayaran bank pengguna.
  4. Prosesor kembali meneruskan informasi seputar transaksi ke asosiasi penerbitan kartu pengguna, misal saja visa atau mastercard.
  5. Bank akan menerima permintaan yang dikirim oleh prosesor, untuk kemudian memberi balasan berupa kode khusus sekaligus mengkonfirmasi perihal transaksi berhasil atau tidak.
  6. Prosesor pembayaran bakal mengirimkan pesan kembali ke payment gateway untuk diteruskan kepada website yang dituju, juga memberi informasi kepada pengguna jika transaksi telah berhasil.

Sistem Keamanan Payment Gateway

Salah satu kelemahan dari transaksi online adalah resiko penipuan yang terbilang besar, mengingat transaksi tidak dengan tatap muka antara pedagang dan pembeli. Payment gateway menjawab masalah ini, dengan membangun sistem keamanan standar kepada penggunanya agar terhindar dari kejahatan teknologi.

  1. Address Verification System (AVS), sebuah alat yang ditujukan untuk merinci tagihan pengguna/pelanggan lalu diperiksa serta disesuaikan berdasarkan alamat kartu yang terdaftar.
  2. Card Security Code (CV2), merupakan sebuah proses transaksi yang meminta pelanggan memasukkan data berupa tiga digit terakhir pada bagian belakang kartu kredit dan debit.
  3. 3D Secure Password merupakan alat untuk mengotorisasi setiap pembayaran atau transaksi.

Ketiga standar keamanan yang ditetapkan bertujuan untuk memastikan pelanggan bisa bertransaksi dengan lancar dan aman. Prosedur payment gateway, selain kemudahan juga harus memperhatikan segmen penting lainnya terutama keamanan.

Sistem ini, nantinya bisa meminimalisir penipuan baik pada skala kecil maupun skala besar. Meski tak bisa benar-benar dihilangkan, mengingat bahkan pada pembelian konvensional tetap memiliki resiko penipuan.

Kehadiran payment gateway sebenarnya telah menjawab cukup besar masalah perihal kemudahan bertransaksi, dengan sistem proteksi yang cukup menjanjikan. Baik pembeli maupun penjual sama-sama mendapat keuntungan dalam sistem ini. Mekanisme yang serba otomatis, serta waktu yang tidak terlalu lama dalam proses pembelian menjadikan payment gateway sebagai salah pilihan transaksi modern dalam jangka panjang.

Jenis-Jenis Aset Digital

Masa Depan Aset Digital

Irfan in Info IT
  ·   3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *