Info IT

Cara Burn CD dan DVD di Mac dan Macbook

Cara Burn CD dan DVD di Mac dan Macbook – Untuk para pengguna Windows pastinya sudah tidak asing lagi dengan kata Nero,...

Written by Bambang Winarso · 1 min read >
cara mudah mengeluarkan cd dari macbook

Cara Burn CD dan DVD di Mac dan Macbook – Untuk para pengguna Windows pastinya sudah tidak asing lagi dengan kata Nero, ialah sebuah software guna untuk memburning data ke CD. Hal pertama yang mesti dilakukan didalam burn data melalui CD ini ialah memiliki sebuah laptop atau bisa juga komputer Kalian yang sudah memiliki CD-ROM ataupun juga DVD-ROM. CD maupun DVD yang telah digunakan bisa juga CD-R ataupun CD-RW. Hal itu kemudian juga yang versi DVD nya.

Apple juga beranikan diri untuk memutuskan agar tidak kembali untuk menyertakan sebuah pembaca CD maupun DVD pada MacBook dan komputer Mac yang terbarunya. Agar bisa memastikan CD ke Mac dan juga MacBook diharap para pengguna memperlukan gunakan sebuah aksesoris eksternal tambahan. Apple sekarang juga sudah membuat SuperDrive, dengan begitu untuk Kalian yang memang menginginkan sebuah aksesoris Apple guna untuk burn CD, Kalian nantinya bisa langsung saja membelinya di toko Laptop dan Komputer ataupun di Toko Online.

Persiapan Sebelum Burn CD dan DVD di MAC atau MACBOOK

Cara-Burning-CD-atau-DVD

Sebelum melakukan proses burning CD, Kalian harus mempersiapkan beberapa hal di bawah ini :

  1. MAC atau MACBOOK
  2. SuperDrive Eksternal
  3. CD atau DVD
  4. File yang ingin di Burning

Setelah semua peralatan diatas disiapkan, maka silahkan Kalian lanjutkan ke proses berikut ini.

Cara Burn CD dan DVD di MAC dan MACBOOK

Penasaran bagaimana cara burn CD dan DVD di MAC dan MACBOOK? Yuk kita intip.

  1. Memasukan CD Kalian ke Mac maupun MacBook.
  2. Untuk bagian Finder sendiri di macOS sudah akan mengenali CD maupun DVD yang kosong.
  3. Kemudian Kalian langsung saja drag and drop pada file yang nantinya akan Kalian bakar pada dalam CD di Mac tersebut.
  4. Setelah itu, Kalian bisa menekan sebuah ikon bertuliskan Burn guna untuk melakukan sebuah proses burn CD pada Mac.
  5. Nantinya sebuah dialog Burn CD akan segera muncul dengan sendirinya.
  6. Kalian juga bisa member sebuah nama CD maupun DVD yang memang sudah sesuai dengan keinginan sebelum nantinya Kalian melakukan Burn CD.
  7. Lalu, Kalian tekan Burn dan tunggu proses burn CD sampai selesai. Mungkin proses ini akan memakan sekitar beberapa saat, hal itupun tergantung dengan model CD dan juga beserta banyaknya jumlah file yang akan dibakar ke CD nantinya.
  8. Kalau sudah, maka dari itu Kalian bisa menekan Eject guna untuk mengeluarkan CD tersebut dari SuperDrive Eksternal.

Dalam proses untuk membakar file tersebut ke CD pada Mac pun memang bisa dikategorikan terlihat sangatlah mudah dan juga praktis. Yang bisa menjadikannya sulit dikarenakan tidak adanya CD atau DVD Drive untuk memburning CD maupun DVD bawaan dari MAC atau MACBOOK. Karena Kalian para pengguna diharuskan untuk membeli sebuah aksesoris yang terpisah. Mulai dari MacBook Air seri pertama sampai sekarang sudah tidak lagi terdapat sebuah pembaca pada CDnya.

Nah itu dia beberapa ulasan mengenai Burn CD yang bisa Kalian ketahui. Bagaimana apakah Kalian sudah paham cara untuk burn CD  dan DVD pada MAC ataupun MacBook yang Kalian miliki? Semoga dengan adanya tutorial ini, Kalian jadi lebih bahan, tentang apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan Burn CD dan DVD.

5 Daftar VPN Terbaik 2019

Rachmad in Info IT
  ·   2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *