Info IT

Apa perbedaan antara format gambar JPEG dan JPG

Sebelum kita melihat perbedaan antara JPG dan JPEG, alangkah baiknya kita melihat ke sejarah mengapa diciptakan format gambar itu. Apakah itu JPEG...

Written by Rachmad · 1 min read >
Perbedaan JPG JPEG PNG

Sebelum kita melihat perbedaan antara JPG dan JPEG, alangkah baiknya kita melihat ke sejarah mengapa diciptakan format gambar itu.

Apakah itu JPEG

Format JPEG mempunyai singkatan yaitu Joint Photographic Experts Group— format gambar JPEG ini diberi nama sama dengan komute yang membantu menciptakan format standar JPEG Interchange Format (JIF). Format standar ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 1992 oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO).

JPEG adalah gambar 24bit raster dengan delapan bit di setiap saluran model warna RGB tanpa saluran warna untuk alfa, yang berarti bahwa sementara JPEG dapat mendukung lebih dari 16 juta warna, tetapi format ini tidak mendukung transparansi.

Ketika sebuah gambar disimpan sebagai JPEG, beberapa datanya akan dibuang dalam proses yang disebut sebagai kompresi file lossy. Pada gilirannya, gambar membutuhkan ruang penyimpanan 50-75 persen lebih sedikit (dibandingkan dengan format lama seperti BMP) dengan sedikit atau tanpa kehilangan kualitas gambar yang nyata.

Kompresi JPEG didasarkan pada teknik kompresi gambar lossy yang disebut transformasi discrete cosine transform (DCT), yang pertama kali diusulkan oleh insinyur listrik Nasir Ahmed pada tahun 1972.

Perbedaan JPG JPEG PNG

JPEG vs JPG

Versi awal Windows (khususnya sistem file MS-DOS 8.3 dan FAT-16) memiliki batas maksimum 3 huruf dalam untuk ekstensi file. JPEG harus disingkat menjadi JPG agar tidak melebihi batas. Komputer Mac dan Linux tidak pernah memiliki aturan panjang extension file seperti itu, sehingga pengguna Mac dan Linux bisa menggunakan extension JPEG.

Program pengeditan gambar populer yang bekerja di berbagai sistem operasi — seperti Photoshop dan Gimp — pada akhirnya akan mengatur ekstensi file JPEG default ke JPG agar tidak terjadi kerancuan dan kebingungan dari user. Sehingga ekstensi file JPEG dan JPG tidak mempunyai perbedaan di antara keduanya.

JPEG vs. PNG: Mana format yang lebih baik ?

JPEG dan PNG memang dirilis dalam dekade yang sama, dengan banyaknya format file gambar digital maka bisa dibilang wajar kalau dari kita sebagai user terus menerus membandingkan manakah file format gambar yang paling unggul atau yang terbaik.

Sejujurnya, jawabannya tergantung pada jenis gambar yang Anda simpan.

JPEG lebih cocok untuk foto karena menggunakan kompresi lossy untuk menjaga ukuran file yang kecil. Foto adalah gambar yang begitu besar dan detail sehingga artefak kompresi (distorsi gambar halus yang disebabkan oleh kompresi) tidak terlalu terlihat pada mereka.

Di sisi lain, gambar dengan titik yang tajam, tepi yang tajam, dan dengan area yang luas dengan satu warna (misalnya logo vektor, seni piksel, dll.) tidak terlihat benar saat disimpan sebagai JPEG.

Di sinilah file Portable Network Graphics (PNG) digunakan. format ini dikembangkan oleh PNG Development Group empat tahun setelah rilis JPEG, PNG mendukung kompresi dan transparansi data lossless. PNG sering digunakan jika kualitas gambar harus dipertahankan dan ukuran file tidak menjadi masalah.

tips riset kata kunci untuk pemula

Tips Riset Kata Kunci Untuk Pemula

Dwi in Info IT
  ·   3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *