Info IT

Apa Itu Pertanian Presisi

Pertanian presisi memungkinkan untuk meningkatkan kualitas dan meminimalkan dampak lingkungan. Drone yang memantau ratusan hektar untuk menilai kesehatan tanaman dan hewan, sensor...

Written by Agung Sanjaya · 3 min read >
apa itu pertanian presisi

Pertanian presisi memungkinkan untuk meningkatkan kualitas dan meminimalkan dampak lingkungan. Drone yang memantau ratusan hektar untuk menilai kesehatan tanaman dan hewan, sensor pintar untuk membantu dalam deteksi dini infestasi, dan sistem penyiraman otomatis, menyuburkan, dan mengasapi setiap plot tergantung pada karakteristik spesifik dan ramalan cuaca.  Ini hanyalah beberapa keutamaan pertanian presisi, konsep yang dapat membantu mengatasi masalah pangan di masa depan yang padat penduduk.

Apa itu Pertanian Presisi

Pertanian presisi adalah tentang menggunakan teknologi baru yang muncul pada awal Revolusi Industri Keempat di bidang pertanian dan produksi ternak untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi, dengan memanfaatkan sumber daya secara maksimal dan meminimalkan dampak lingkungan.  Selain itu, penerapan teknologi di bidang pertanian dan produksi ternak akan memungkinkan peningkatan ketahanan pangan di seluruh dunia.

 Berkat teknologi baru ini, sebidang tanah pertanian dapat dibagi menjadi banyak plot karena memiliki perbedaan internal: variasi komposisi tanah, keberadaan cekungan, kecenderungan genangan air, keberadaan patogen, atau tingkat porositas di antara  karakteristik lain;  dan setiap plot dapat diberi perlakuan khusus untuk mendapatkan manfaat maksimal darinya.  Ini juga dikenal sebagai pertanian presisi.

Teknologi Pertanian Presisi

Di antara teknologi Pertanian Presisi yang merevolusi saat ini, dan yang akan menentukan masa depan pertanian, yang paling terkenal adalah:

 Drone

Drone menyederhanakan tugas pengawasan untuk pertanian dengan mampu menutupi ratusan hektar dalam satu penerbangan, berkumpul, berkat teknologi infra merah, gambar multispektral dan berbagai macam informasi tentang kondisi lahan, kebutuhan irigasi, pertumbuhan tanaman, keberadaan patogen  , dan, dalam kasus sapi, jumlah hewan, beratnya dan kemungkinan anomali seperti ketimpangan atau gerakan yang tidak biasa.

 IoT atau Internet of Things

Internet of Things memungkinkan untuk mengoptimalkan pemantauan peternakan, terutama melalui sensor pintar yang mampu mengukur segala sesuatu mulai dari radiasi matahari hingga kelembaban daun dan diameter batang, atau suhu setiap hewan dalam kasus ternak, membuatnya lebih mudah untuk membuat semuanya  macam keputusan manajemen.

 Big Data

Berkat kemampuan data besar untuk menganalisis data dalam jumlah besar, para petani dapat mengelola semua informasi yang diperoleh dari drone, Internet of Things, dan instrumen pengukur lainnya serta mengintegrasikannya dengan informasi historis untuk pertanian dan dengan data cuaca, untuk  mengoptimalkan semua tahapan proses produksi.

 Blockchain

Blockchain memungkinkan untuk memantau tanaman dan ternak dari pertumbuhan hingga serah terima ke pemasok, meningkatkan, misalnya, keterlacakan rantai pasokan.  Dengan menggunakan teknologi ini, jika sayuran impor meracuni konsumen, sumber wabah dapat dengan mudah dilacak dan hanya produk yang terkena dampak ditarik, alih-alih melarang impor sayuran dari seluruh negara asal.

 Kecerdasan Buatan

Di bidang pertanian, kecerdasan buatan dan robotisasi digunakan terutama untuk menafsirkan gambar lapangan dan menerapkan pupuk dan pestisida dengan presisi bedah, atau untuk menangani gulma.  Di sebuah peternakan, misalnya, itu berarti bahwa mikrofon dapat digunakan untuk mengidentifikasi anak sapi yang mengalami masalah karena sedang digencet oleh induknya, dan getaran dapat dikirim kepadanya melalui sensor untuk membuatnya bangun.

Aplikasi IoT Pada Pertanian Presisi

 Ada banyak jenis sensor IoT untuk pertanian serta aplikasi IoT di bidang pertanian secara umum:

 Pemantauan Iklim

Secara umum, perangkat pertanian IoT yang paling umum digunakan saat ini adalah stasiun cuaca.  Menggabungkan beberapa sensor pertanian cerdas, stasiun-stasiun ini mengambil data cuaca langsung dan memberikannya kembali ke cloud, memungkinkan pola iklim dipetakan dan pilihan yang diinformasikan dibuat di sekitar tanaman yang sesuai untuk tumbuh, memaksimalkan apa pun yang mungkin dibutuhkan tanaman tersebut dan langkah terbaik untuk melakukannya.  memaksimalkan hasil.

 Otomatisasi Rumah Kaca

Stasiun cuaca tidak hanya bagus untuk mengumpulkan informasi cuaca di luar ruangan.  Saat menempatkannya di Rumah Kaca, data yang dikumpulkan dapat digunakan untuk mengontrol sensor lain agar secara otomatis mengontrol tingkat iklim, ventilasi, irigasi, dan pencahayaan.

 Pengelolaan Tanah

Hal kunci lain dalam pertanian cerdas adalah penyelidikan tanah.  Perangkat kecil namun kuat ini memberikan analisis kondisi tanah secara real time seperti tingkat kelembaban, konduktivitas listrik, suhu, dan curah hujan hingga potensi air daun.  Ini memberikan wawasan yang sangat bagus dan terperinci tentang kesehatan tanaman dan memungkinkan membuat perubahan sedini mungkin ketika keadaan menurun.

 Pemantauan Dan Pengelolaan Ternak

Sama seperti pemantauan tanaman, ada sensor pertanian IoT yang dapat dipasang ke hewan di peternakan untuk memantau kesehatan dan kinerja log mereka.  Ini berfungsi mirip dengan perangkat IoT untuk perawatan hewan peliharaan.  Perangkat ini dapat digunakan untuk menyampaikan informasi suhu, kesehatan, aktivitas, dan nutrisi pada setiap individu sapi serta informasi kolektif tentang kawanan.

 Sistem Manajemen Pertanian Edge to Edge

Pendekatan yang lebih kompleks untuk produk IoT di bidang pertanian dapat diwakili oleh apa yang disebut sistem manajemen produktivitas pertanian.  Mereka biasanya menyertakan sejumlah perangkat dan sensor IoT pertanian, yang dipasang di lokasi serta dasbor yang kuat dengan kemampuan analitis dan fitur akuntansi / pelaporan bawaan.

Ini menawarkan kemampuan pemantauan pertanian jarak jauh dan memungkinkan untuk menyederhanakan sebagian besar operasi bisnis.  Selain kasus penggunaan pertanian IoT yang terdaftar, beberapa peluang penting termasuk pelacakan kendaraan atau bahkan otomatisasi, manajemen penyimpanan, logistik, dll.

Manfaat Pertanian Presisi

Penerapan teknologi di atas berdampak positif pada pertanian dan peternakan.  Berikut adalah beberapa manfaat utama Pertanian Presisi:

Peningkatan produksi: optimalisasi semua proses yang terkait dengan pertanian dan pemeliharaan ternak meningkatkan laju produksi.

Hemat air: prakiraan cuaca dan sensor yang mengukur kelembapan tanah berarti menyiram hanya jika diperlukan dan untuk jangka waktu yang tepat.

Kualitas yang lebih baik: analisis kualitas produk yang diperoleh terkait dengan strategi yang diterapkan memungkinkan penyesuaian untuk meningkatkan kualitas produksi selanjutnya.

Pengurangan biaya: jotomatisasi penaburan, perawatan, dan panen dalam kasus pertanian mengurangi penggunaan sumber daya.

Deteksi hama dan kesehatan hewan: deteksi dini infestasi pada tanaman atau penyakit pada hewan berarti dampaknya terhadap produksi dapat diminimalkan dan kesejahteraan hewan ditingkatkan.

Keberlanjutan yang lebih baik: menghemat sumber daya seperti air irigasi dan mendapatkan manfaat maksimum dari lahan tersebut mengurangi dampak terhadap lingkungan.

Melihat teknologi baru di dunia pertanian bukanlah hal baru.  Industri ini telah mengalami perubahan radikal selama bertahun-tahun, dengan diperkenalkannya mesin tanaman pertanian yang semakin cerdas ke prakiraan cuaca yang lebih baik, pelacakan ternak yang lebih akurat, dan lingkungan buatan yang dikendalikan dengan lebih tepat, semuanya bekerja untuk meningkatkan industri. Pasar yang berkembang dan makmur seperti itu menciptakan banyak peluang bagi bisnis untuk terlibat dan mengembangkan sistem baru lebih awal yang menciptakan dampak positif dan meninggalkan jejak mereka pada masa depan praktik pertanian dan warisan menjadi bagian dari gerakan yang menciptakan cara kerjs yang sama sekali baru.

manfaat pertanian presisi

Manfaat Pertanian Presisi

Agung Sanjaya in Info IT
  ·   4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *