Info IT

5 Bahasa Pemrograman Paling Sulit di Dunia

Pernahkah Anda menemukan bahasa pemrograman yang tidak dapat dibaca atau dipahami? Ada beberapa bahasa pengkodean yang disebut ‘bahasa pemrograman esoterik’ atau esolang....

Written by Agung Sanjaya · 1 min read >
whitespace hello world

Pernahkah Anda menemukan bahasa pemrograman yang tidak dapat dibaca atau dipahami? Ada beberapa bahasa pengkodean yang disebut ‘bahasa pemrograman esoterik’ atau esolang. Bahasa-bahasa ini dirancang untuk menguji batasan desain bahasa pemrograman komputer. Bahasa-bahasa ini tidak mempertimbangkan tujuan kegunaan dan tidak bertujuan untuk menghapus dan mengganti fitur bahasa konvensional. Bahasa seperti itu populer di kalangan peretas dan penghobi.

Berikut adalah daftar 5 bahasa pemrograman tersulit yang memberikan mimpi buruk kepada programmer konvensional. Bahasa-bahasa ini sulit dicerna dan tidak biasa untuk dipahami.

5 Bahasa Pemrograman Tersulit di Dunia

1.Malbolge

Malbolge adalah salah satu bahasa pemrograman tersulit. Nyatanya, setelah hadir, butuh waktu 2 tahun untuk menulis program Malbolge yang pertama, coba bayangkan sekarang betapa sulitnya itu? Konon penulis bahasa pemrograman Malbolge tidak pernah menulis satu program pun. Ini adalah bahasa pemrograman esoterik domain publik yang dibuat oleh Ben Olmsted pada tahun 1998.

Contoh program menampilkan tulisan Hello World di Malbolge:

malbolge hello world

2.Bahasa Pemrograman bernama Cow

Bahasa pemrograman yang bernama Cow dirilis sekitar awal tahun 2013. Bahasa instruksi terdiri dari berbagai variasi ‘moo’ yaitu, moO, MoO, mOo, mOO, Moo, dan seterusnya. Ini adalah bahasa pemrograman yang sensitif huruf besar / kecil dan kata & simbol lain di antara instruksi bahasa pemrograman tersebut diabaikan.

Contoh program menampilkan tulisan Hello World di Bahasa Pemrograman Cow:

cow programming hello world

3.Brainfuck

Brainfuck adalah bahasa pemrograman esoterik yang diperkenalkan pada tahun 1993 oleh Urban Muller. Bahasanya pemrograman yang sesuai dengan namanya yaitu ‘Brainfuck’ yang ribet dan tidak biasa. Bahasa terdiri dari delapan perintah dan programnya adalah urutan dari perintah-perintah ini. Bahasa ini memiliki pointer yang dimulai pada perintah pertama dan dijalankan secara berurutan.

Delapan perintah bahasa Brainfuck adalah (setiap simbol adalah perintah):
<> + -. , []

Contoh program menampilkan tulisan Hello World di Bahasa Pemrograman Brainfuck:

brainfuck hello world

4.Intercal

INTERCAL adalah bahasa kompilator tanpa akronim yang dapat diucapkan. Ini juga merupakan bahasa pemrograman esoterik yang dibuat oleh Don Woods dan James M. Lyon.

Contoh program menampilkan tulisan Hello World di Bahasa Pemrograman Intercal:

intercal hello world

5.Whitespace

Whitespace adalah bahasa pemrograman esoterik lain yang diperkenalkan oleh Edwin Brady dan Chris Morris. Dalam bahasa ini, karakter spasi kosong seperti spasi, tab, dan linefeed memiliki arti. Kompiler mengabaikan semua karakter non-spasi. Bahasa itu sendiri adalah bahasa berbasis stack yang penting dan mesin virtual tempat program berjalan memiliki heap dan stack. Anehnya, bahasa ini dirilis pada tanggal 1 April 2003 .

Contoh program menampilkan tulisan Hello World di Bahasa Pemrograman Whitespace

whitespace hello world

manfaat pertanian presisi

Manfaat Pertanian Presisi

Agung Sanjaya in Info IT
  ·   4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *