Info IT

10 Penyebab dan Cara Membuat Laptop Tidak Lemot

Laptop Anda sedang lemot? Pasti benar benar ngeselin keadaan kayak gini, apalagi sedang mengerjakan tugas tugas yang penting seperti misal tugas sekolah...

Written by Yoko Widito · 3 min read >
install antivirus

Laptop Anda sedang lemot? Pasti benar benar ngeselin keadaan kayak gini, apalagi sedang mengerjakan tugas tugas yang penting seperti misal tugas sekolah ataupun pekerjaan. Ditambah lagi sudah mepet dengan deadline dan harus selesai dalam waktu dekat, laptop lemot akan menjadi permasalahan yang sangat besar.

Untuk itu Anda harus secepatnya mengatasi permasalahan laptop lemot ini dengan segera. Kalau ini adalah pengalaman pertama Anda, maka tidak usah kuatir saran dari kami ini sangat mudah dilakukan dan beberapa bisa Anda lakukan sendiri dirumah kok.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi laptop yang lemot, sebelumnya akan kita bahas dulu apa yang menjadi penyebab laptop bisa menjadi lemot supaya Anda bisa melakukan antisipasi.

  1. Ada banyak software yang berjalan secara otomatis di background saat laptop dinyalakan. Banyaknya software ini akan membuat proses booting menjadi semakin lama.
  2. Hardisk sudah tua dan mengalami penurunan performa.
  3. Kapasitas hardisk penuh, kurangnya ruang kosong pada laptop akan sangat mempengaruhi kinerja laptop secara keseluruhan.
  4. RAM laptop terlalu kecil dan tidak imbang dengan penggunaan software.
  5. Software yang dibuka pada satu waktu terlalu banyak, akibatnya RAM akan terkuras.
  6. Browser menggunakan add ons terlalu banyak, ini juga akan membebani laptop dan browser.
  7. Laptop yang Anda gunakan terkena virus.
  8. Antivirus yang Anda gunakan terlalu aktif sehingga memakan RAM terlalu banyak.
  9. Jarang update OS yang Anda gunakan, dalam setiap update terbaru OS biasanya akan memberikan patch terbaru untuk memperbaiki bug yang bisa membuat laptop Anda mejadi lemot.

Setelah kita mengetahui bersama apa yang menjadi penyebab laptop lemot, sekarang kita bisa meulai masuk ke pembahasan berikutnya. Cara supaya laptop tidak lemot, beberapa bisa Anda lakukan sendiri kok

Gunakan Solid State Drive (SSD)

cara membuat laptop tidak lemot

Apabila Anda saat ini masih menggunakan Hardisk (HDD), coba Anda cek kembali sudah berapa lama umur HDD Anda, karena bisa jadi HDD yang Anda gunakan saat ini sudah berumur sehingga performanya menurun. Sebelumnya Anda bisa mencoba untuk melakukan proses defrag supaya performa HDD bisa kembali, namun apabila cara ini sudah dilakukan dan tidak mendatangkan hasil Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan HDD Anda dengan Solid State Drive (SSD) yang memiliki performa jauh lebih baik daripada HDD. Namun menginat harga SSD yang masih cukup mahal, Anda bisa kok menggunakan SSD dengan kapasitas yang kecil sebagai operating system dan tetap menggunakan HDD sebagai data.

Upgrade RAM

upgrade ram

Dari penyebab yang sudah dibahas diatas, salah satu penyebab laptop lemot adalah RAM laptop yang habis karena software yang digunakan terlalu membebani laptop. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah melakukan upgrade RAM, apalagi kalau Anda saat ini menggunakan laptop dengan budget hemat yang biasanya menggunakan RAM 2-4 GB saja. Dengan melakukan upgrade RAM biasanya akan memberikan tambahan performa pada laptop Anda. Anda bisa melihat terlebih dahulu slot yang tersedia pada laptop Anda. Kalau single slot maka pilihan Anda adalah mengganti RAM yang ada dengan RAM yang lebih tinggi. Namun kalau double slot, Anda bisa mengganti salah satu slot nya saja tidak perlu keduanya.

Lakukan perawatan Hardware secara rutin

merawat hardware

Hardware adalah salah satu komponen terpenting dalam laptop, apabila kotor akan menghambat performa laptop. Akan sangat terasa apabila kotoran menghambat kipas atau fan processor. Panas yang dihasilkan processor tidak bisa keluar dan akan membuat performa menjadi lambat. Asal Anda tahu, saat fan tidak bisa berfungsi maksimal, suhu dalam processor bisa mencapai diatas 90 derajat. Cukup berbahaya bukan? Anda bisa melakukan perawatan ini minimal 1-2 kali dalam satu tahun dan utamakan perawatan pada kipas atau fan dan motherboard. Ada baiknya juga melakukan penggantian thermal paste supaya pendinginan semakin maksimal.

Gunakan aksesori pendukung

pendingin-laptop

Laptop yang panas akan membuat performa laptop menjadi menurun. Untuk mengantisipasinya Anda bisa menggunakan beberapa aksesori tambahan seperti cooling pad ataupun vacuum cooler supaya suhu laptop tetap terjaga pada angka yang aman. Anda tidak perlu menggunakan keduanya bersamaan, namun kalau Anda membutuhkan pendinginan yang maksimal tidak ada salahnya untuk menggunakan keduanya sekaligus.

Scan laptop Anda dengan Antivirus

install antivirus

Virus dan malware adalah penyebab utama laptop menjadi lebih lambat performanya. Biasanya terkena saat download dari sumber yang tidak jelas di internet. Namun bedakan antara virus dam malware, karena keduanya terkadang tidak bisa dibasmi dengan 1 antivirus saja. Selain mempersiapkan antivirus terbaik, Anda juga wajib mempersiapkan antimalware untuk membasmi malware yang masuk ke dalam laptop Anda. Lakukan full scan untuk keduanya minimal satu minggu sekali, namun jangan lupa untuk mematikan automatic scan supaya tidak berjalan di background ya. Malah bikin laptop Anda lemot.

Uninstall software yang tidak perlu

uninstall program yang tidak perlu

Apakah Anda tahu kalau sofware yang tidak terlalu diperlukan di laptop malah akan membuat laptop menjadi crash dan membuat laptop menjadi lemot. Kalau dilihat dalam daftar software, pasti ada banyak software yang jarang digunakan. Sebaiknya software yang jarang digunakan ini di uninstall saja supaya tidak membebani laptop yang Anda gunakan. Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CC Cleaner ataupun yang lainnya.

Gunakan software versi lama

software-lama

Software update terbaru terkadang memang memanjakan mata, namun seringkali software dengan versi terbaru malah akan membuat laptop menjadi lemot. Sebagai penggantinya Anda bisa gunakan software versi lama yang biasanya lebih ringan dari versi yang terbaru. Walaupun versi lama biasanya fitur yang ada tidak terlalu jauh berbeda dibandingkan dengan yang versi terbaru, jadi masih cukup worthed bukan?

Gunakan Booster

gunakan-booster-notebook-lemot

Saat ini sudah terdapat cukup banyak aplikasi booster yang bisa Anda gunakan untuk mempercepat performa laptop seperti  CCleaner, Advance System Care ataupun yang lain dimana aplikasi ini akan melakukan optimalisasi dan tweak ke laptop Anda sehingga performanya bisa maksimal dibandingkan dengan sebelumnya. Software ini akan melakukan optimalisasi seperti menghapus history browser, cookis dan juga cache yang semakin lama akan membuat performa laptop menurun.

Gunakan OS yang ringan dan sesuai

os ringan

OS sangat mempengaruhi kinerja laptop, terkadang entah karena tidak tahu atau karena faktor lain laptop dengan RAM kecil seperti 2GB malah diinstal OS yang 64bit. Diatas kertas memang sebenarnya laptop dengan procesor jaman sekarang bisa menjalankannya, namun malah akan menghabiskan RAM karena OS dengan 64 bit akan membutuhkan RAM yang lebih besar. Install OS dengan 32 bit atau bisa mempertimbangkan untuk menggunakan linux supaya kinerja laptop akan semakin maksimal.

Install ulang OS Windows

install ulang windows os

Ini adalah alternatif terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menyelesaikan permasalahan laptop lemot Anda. Dengan melakukan install ulang OS Windows Anda akan membuat error dan crash yang disebabkan oleh software akan terselesaikan dengan solusi ini. Solusi ini bisa diambil kalau memutuskan untuk tidak mengganti HDD Anda dengan SSD karena harganya yang masih cukup mahal.

manfaat pertanian presisi

Manfaat Pertanian Presisi

Agung Sanjaya in Info IT
  ·   4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *