Info IT

10 Cara Membuat Windows 10 Lebhi Cepat dan tidak Lemot

Meningkatkan performanse Widows 10 agar lebih cepat tidaklah sulit, Anda hanya perlu beberapa tips dan trik sederhana. Artikel ini akan membahas beberapa...

Written by Rachmad · 2 min read >

Meningkatkan performanse Widows 10 agar lebih cepat tidaklah sulit, Anda hanya perlu beberapa tips dan trik sederhana. Artikel ini akan membahas beberapa tips dan trik sederhana untuk membuat Windows 10 tampil lebih cepat.

Di dalam Windows 10 ada 3 bagian untuk mengoptimalkan kinerja Windows 10 yaitu

  1. Tweking Windows 10
  2. Windows 10 Software Enhancement
  3. Menghapus aplikasi yang tidak diperlukan di Windows 10.

Ini beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mempercepat Windows 10.

A. Tweaking Windows 10

1.Mengaktifkan Game mode

Versi terbaru Windows 10 mempunyai fitur baru yang dikenal sebagai Mode Game. Sayangnya, tidak ada cara untuk terus berjalan dalam Mode Game, tetapi Anda dapat mengaktifkannya dengan menekan Tombol Windows + G. Namun, Anda harus mengaktifkan Mode Game terlebih dahulu.

Untuk mengaktifkan Game Mode (hanya tersedia di Windows 10 Creators Update) buka Settings > Gaming dan pilih Game Mode. Klik switch ke On untuk mengaktifkan Game mode.

Aktifkan Game Mode Windows 10

Ini seharusnya hanya digunakan untuk permainan, tetapi Anda dapat mengaktifkannya kapan pun Anda perlu mendapatkan sedikit kecepatan. Ini sangat berguna jika Anda memiliki banyak aplikasi latar belakang yang menyeret program intensif sumber daya.

Sayangnya, Mode Game hanya meningkatkan kinerja game dengan beberapa poin persentase.

Meski begitu, beberapa dari Anda akan mengalami peningkatan kinerja yang lebih besar daripada yang lain. Pengurangan jumlah aplikasi latar belakang dapat meningkatkan kinerja PC/Laptop anda . Secara teori, Game Mode dapat berfungsi dalam aplikasi apa pun yang menggunakan akselerasi GPU seperti Adobe Premiere, Adobe Photoshop , dll.

2. Matikan Visual Effect

nonaktifkan visual effect windows 10

Anda dapat meningkatkan kecepatan Windows 10 anda dengan mematikan visual effect di Windows 10, untuk mematikan Visual effect sebagai berikut.

  1. Buka System > Advanced system settings.
  2. Klik Advanced.
  3. Klik pada tab Visual Effect
  4. Pilih Adjust for best performance untuk mematikan semua visual effect

3.Setting Power plan untuk meningkatkan Processor

setting powerplan windows 10

Windows memiliki 3 pengaturan bagaimana processor anda bekerja, terdapat 3 pengaturan di power plan yaitu Balanced, High performance dan Power Saver.

Anda hampir selalu lebih baik menggunakan laptop menggunakan paket Balanced atau Power saver, tetapi Performa tinggi dapat membuat Windows lebih cepat tetapi bateria akan lebih cepat habis.

Bila anda merubah setting ke High performance maka Windows 10 anda akan lebih cepat karena kerja processor dan GPU akan dimaksimalkan 100%.

4.Nonaktifkan Auto-start aplikasi

Ada beberapa aplikasi Windows 10 yang berjalan di mode background dan otomatis berjalan saat masuk Windows 10, apabila dalam jumlah banyak akan membuat kinerja Windows 10 akan berjalan lambat.

Kita harus menonaktifkan program program berjalan background yang tidak penting, caranya adalah sebagai berikut.

  1. Tekan ctrl + shift + Esc untuk membuka Windows Task Manager
  2. Tekan Startup tab
  3. Kamu bisa menonaktifkan auto-start aplikasi yang tidak penting

Sebagian besar aplikasi  tidak perlu berjalan di latar belakang kecuali jika aplikasi tersebut preinstalled dengan Windows 10. Sayangnya, beberapa program bersembunyi di lokasi lain, tetapi Anda juga dapat menemukan dan menonaktifkan program tersebut.

5.Atur Windows Update anda

windows-update-active-hours

Windows update juga mengkonsumsi sumber daya komputer anda saat berjalan pada mode background, sehingga anda harus mengkonfigurasi agar Windows update untuk berjlan pda wktu tertentu, misalkan saat malam atau pagi hari dimana saat anda tidak mengerjakan pekerjaan anda  sehingga komputer anda tidak restart tiba-tiba ditengah tugas penting.

Berikut cara mengatur Windows update agar jalan diwaktu tertentu.

  1. Ketik windows update setting di Windows search bar.
  2. Di bawah Update settings anda dapat memilih waktu/jam.

6.Matikan fitur Windows 10 Search Indexing

Saat Anda mencari file, Windows tidak memindai setiap direktori di komputer Anda jika pengindeksan diaktifkan. Pengindeksan membuat manifes teks dari item yang disimpan di komputer Anda sehingga meningkatkan proses pencarian suatu file.

Pada komputer dengan spec tinggi, sebaiknya tidak menonaktifkan pengindeksan. Ada sedikit manfaat. Bahkan pada komputer modern, mematikan fitur pengindeksan Windows 10 akan secara signifikan memperlambat pencarian.

Di sisi lain, jika Anda memiliki komputer dengan spec rendah, mematikan Search Indexing akan membantu meningkatkan kinerja sistem Anda.

Berikut cara mematikan Windows 10 Search Index Tool.

  1. Ketik index di Windows Search Tool dan klik Indexing Options
  2. Uncheck pada options Indexing untuk mematikan fitur tersebut.

B. Windows 10 Software Enhancement

7.Install Malware Scanner

Malware yang berjalan pada mode hidden dan background tentu akan memperlambat kinerja PC anda disamping itu data yang ada di PC anda menjadi tidak aman karena bisa saja akan dikirim ke si pembuat malware.

Beberapa malware scanner terbaik antara lain Malwarebytes, SuperAntiSpware.

8.Registry Cleaner

Registry Windows memuat semua pengaturan untuk Windows dan program lainnya. Menginstal perangkat lunak/software menambah dan mengubah registry pada Windows anda. Namun, terkadang ketika sebuah program diuninstall, registrynya kadang masih tertinggal di Windows anda.

Seiring waktu, ribuan modifikasi registri memperlambat kinerja sistem. Pembersih registry dapat membantu anda membersihkan registry yang tidak diperlukan lagi sehingga kinerja Windows 10 bisa meningkat.

Program untuk membersihkan registry Windows terbaik adalah CCleaner.

C.Menghapus aplikasi yang tidak diperlukan di Windows 10.

9.Menghapus Bloatware Windows 10

Versi terbaru Windows hadir dengan sejumlah aplikasi preinstall ( Bloatware ). Tidak semua program ini berguna. Hapus mereka dengan metode debloating.

10.Hapus Windows 10 Default aplikasi

Windows 10 Default App Remover 1.2 dapat menghapus instalan aplikasi Windows 10 default. Cukup pilih aplikasi yang ingin Anda hapus. Misalnya, jika Solitaire membuat Anda kesal, cukup klik kiri  dan Anda akan menerima konfirmasi yang menanyakan apakah Anda berniat menghapus aplikasi tersebut. Mengkonfirmasi menghapus aplikasi.

Sekian artikel tips dan trik untuk mempercepat Windows 10, semoga bermanfaat

tips riset kata kunci untuk pemula

Tips Riset Kata Kunci Untuk Pemula

Dwi in Info IT
  ·   3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *