Info Hobi

Tips Merawat Tanaman Aglaonema

Aglaonema termasuk salah satu tanaman hias yang memiliki karakteristik tanaman yang mudah tumbuh. Akan tetapi agar pertumbuhan tanaman tersebut bisa maksimal maka...

Written by Irfan · 1 min read >
Tips Merawat Tanaman Aglonema

Aglaonema termasuk salah satu tanaman hias yang memiliki karakteristik tanaman yang mudah tumbuh. Akan tetapi agar pertumbuhan tanaman tersebut bisa maksimal maka kita harus tahu tips cara merawat tanaman tersebut.

Setidaknya ada 7 tips merawat tanaman aglaonema yang bisa kita gunakan untuk merawat aglaonema agar tumbuh dengan sehat. Cara ini juga sangat cocok dipakai bagi mereka yang membudidayakan aglaonema agar bisa menghasilkan nilai jual yang tinggi.

1. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Walaupun aglaonema bisa tumbuh dengan mudah, namun tanaman ini bisa tumbuh lebih baik jika tidak secara langsung terkena sinar matahari. Sinar matahari berlebih dapat mengakibatkan daun aglaonema menjadi kuning yang pada akhirnya akan layu.

Varietas aglaonema juga beragam serta ada juga yang mempunyai tingkat kepekaan terhadap sinar matahari. Contohnya untuk Aglaonema Nitidum, lebih menyukai hidup di daerah remang – remang.

Sedangkan untuk jenis Aglaonema suzy menyukai tempat yang terang.

2. Hindari suhu rendah dan dingin

Tanaman aglaonema tidak bisa tumbuh dengan baik pada suhu udara berada di bawah 16 derajat celcius. Jadi pastikan aglaonema yang ada pada ruangan mendapatkan kenyamanan serta kelembaban udara yang baik.

3. Jangan Terlalu sering disiram

Karena merupakan jenis tanaman yang mudah tumbuh maka kita tak perlu repot untuk mendapatkan pasokan air. Pada waktu musim kering, pemilik diharuskan bisa memastikan ketersediaan nutrisi dengan melakukan penyiraman 2-3 kali dalam sepekan.

Tetapi apabila musim penghujan maka pemilik harus mengurangi asupan air. Sehingga kita hanya dibolehkan saja menyiram tanaman sebanyak 1-2 kali dalam sepekan.

Selalu gunakan air bersih ketika kita membersihkan tanaman tersebut, disamping itu juga membersihkan daunnya dengan menggunakan lap yang basah.

4. Perhatikan penyakit dan hama

Kita juga harus selalu memperhatikan penyakit dan hama pada tanaman aglaonema. Yang sering kita jumpai penyakit pada aglaonema ini adalah jamur fusarium. Kita dapat menggunakan fungisida untuk memberantas jamur tersebut.

Disamping itu juga terdapat hama yang seringkali kita jumpai pada tanaman aglaonema ini adalah ulat. Untuk cara mengatasi ulat tersebut yaitu dengan cara manual, kita tinggal menyingkirkan dan membuang ulat yang menempel.Lalu ada juga kutu kebul, yang bisa kita hilangkan dengan menggunakan air sabun yang pekat.

5. Menjaga kilauan daun

Untuk menjaga kilauan daun aglaonema mudah sekali yaitu kita tinggal menggunakan campuran dari susu, ampas kelapa serta air. Usapkan campuran cairan tersebut pada daun dengan menggunakan spon yang lembut.

Cara seperti diatas terbukti efektif dalam menjaga agar daun aglaonema terlihat selalu mengkilap dan terlihat cerah.

6. Perawatan musim kemarau

Salah satu musim yang perlu perhatian khusus adalah musim kemarau. Pada saat musim ini kita harus selalu menjaga dan melakukan perawatan ekstra agar daunnya tetap terlihat istimewa.

Biasanya jika terjadi perubahan drastis maka daun aglaonema cenderung gugur. Agar aglaonema terlihat sehat dan mencegah rontoknya daun maka kita perlu menjaga kelembaban yang ada di media tanamannya.

7. Pemupukan

Agar tanaman dapat tumbuh subur dan berkemang dengan pedat maka perlu diberikan pupuk. Kita bisa memberikan pupuk sekali dalam 2 minggu, dan diberikan rutin sehingga tanaman akan tumbuh subur.

Jenis pupuk yang sering digunakan untuk aglaonema adalah pupuk NPK, Gandasil D, Vitabloom, Hyponex, serta growmore.

Itulah beberapa tips cara perawatan aglaonema agar tanaman dapat tumbuh dengan subur dan sehat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang ingin membudidayakan aglaonema di rumah.

Tips Merawat Bunga Krisan

Tips Merawat Bunga Krisan

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Calathea

Tips Merawat Calathea

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Lidah Buaya

Tips Merawat Lidah Buaya

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *