Info Hobi

Tips Merawat Sukulen

Dekorasi ruangan minimalis sangat pas jika menggunakan tanaman hijau. Salah satunya adalah sukulen. Sukulen cukup populer akhir-akhir ini dan banyak digunakan sebagai...

Written by Rachmad · 1 min read >
Tips Merawat Sukulen

Dekorasi ruangan minimalis sangat pas jika menggunakan tanaman hijau. Salah satunya adalah sukulen. Sukulen cukup populer akhir-akhir ini dan banyak digunakan sebagai hiasan ruangan.

Banyak yang beranggapan bahwa tanaman sukulen mudah dirawat karena hanya memerlukan penyiraman sesekali dan pencahayaan yang pas. Tetapi tahukah kamu, bahwa untuk merawat sukulen agar tidak membusuk perlu melakukan tips perawatan sukulen berikut ini :

1. Pilih menggunakan pot yang berlubang pada bagian bawahnya

Jika kita memilih pot yang berlubang pada bagian bawahnya maka air akan cepat merembes keluar pot dan tidak menggenang di dalamnya.

Air yang menggenang akan menyebabkan media sukulen basah dan lembab. Sehingga membuat akar sukulen mudah membusuk.

Jika ingin menanam sukulen menggunakan pot maka pilihlah pot yang berasal dari bahan tembikar dan terakota. Karena kedua bahan ini mudah sekali menyerap air serta mengeluarkannya dari pori-pori.

2. Persiapkan media tanaman

Karena tanaman ini tidak boleh terlalu lembab dan terkena air yang lama maka kita perlu menyediakan media tanamnya.  Kita bisa meletakkan pasir malang atau bebatuan pada lapisan bagian bawah pot. Kegunaan benda tersebut adalah untuk mengurangi kelembaban.

Lalu bagian atasnya kita bisa menggunakan tanah dengan campuran pupuk kandang serta untuk bagian atasnya lagi kita beri sekam bakar. Apabila media tanaman kamu terbatas maka bisa langsung memasukkan tanah kedalam pot, tetapi dengan catatan bahwa lubang pot tersebut mempunyai ukuran besar.

3. Simpan ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung

Walaupun sukulen mempunyai habitat asli yang panas dan kering, bukan berarti kita harus membiarkan begitu saja sukulen berada diluar dibawah sinar matahari langsung.

Tetapi sukulen hanya memerlukan waktu 5-6 jam perhari agar dapat terpapar dengan sinar matahari. Tujuannya adalah sukulen bisa tumbuh dengan baik.

Jauhkan jika sukulen berada di bawah sinar matahari langsung, karena sinar matahari dan panas bisa menyebabkan daun menjadi terbakar dan muncul noda hitam

4. Siram setia 1 atau 2 minggu sekali

Untuk intensitas cahaya sebenarnya tergantung dari sukulen diletakkan dimana. Pada saat sukulen berada di dalam ruangan maka hanya membutuhkan air yang sedikit. Sedangkan untuk tanaman ideal maka kita harus melakukan penyiraman sebanyak 12 minggu sekali .

5. Gunakan Moismeter

Moismeter merupakan alat untuk mengatur kelembaban serta jumlah air yang dibutuhkan. Bukan hanya itu alat tersebut juga bisa memberikan informasi intensitas cahaya sert pH tanah.

Terkadang pada saat kita melakukan pengecekan pada tanah, di luarnya terlihat kering namun di bawahnya terlihat sangat lembab. Oleh karena itu diperlukan alat ini agar kita bisa tahu dengan pasti kelembaban tanah tersebut.

6. Pemberian pupuk

Pemberian nutrisi sangat bermanfaat bagi sukulen. Contoh nutrisi tersebut yaitu pemberian pupuk. Kita bisa memberikan pupuk secara berkala pada tanaman sukulen.

Untuk pupuk yang biasa digunakan adalah pupuk yang terdapat dipasaran yaitu NPK. Pupuk NPK mengandung natrium, fosfor, kalium yang bisa bermanfaat bagi nutrisi tanaman. Untuk besaran takaran yang diberikan yaitu 2-3 butir saja.

7. Pastikan tidak ada air yang mengendap pada daun

Perhatikan bagian daunnya, sebaiknya daun sukulen tidak boleh tergenang oleh air karena akan menyebabkan sukulen menjadi busuk. Bulir air yang terdapat pada daun sukulen tersebut juga bisa membiaskan cahaya ke bagian daun dengan intensitas ekstrim.

Sedangkan untuk jenis kaktus seperti echeveria ini tidak boleh tergenang air dengan cukup lama. Adanya air yang menggenang ini akan memancing munculnya kutu buku.

Itulah beberapa tips merawat sukulen agar tumbuh subur dan sehat. Semoga bermanfaat.

Tips Merawat Bunga Krisan

Tips Merawat Bunga Krisan

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Calathea

Tips Merawat Calathea

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Lidah Buaya

Tips Merawat Lidah Buaya

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *