Info Hobi

Tips Merawat Monstera

Monstera sering digunakan sebagai tanaman hias yang banyak diletakkan di indoor. Peletakkan tersebut tidak beralasan, salah satu diantaranya adalah bentuk daunnya. Monstera...

Written by Rachmad · 1 min read >
tips merawat monstera

Monstera sering digunakan sebagai tanaman hias yang banyak diletakkan di indoor. Peletakkan tersebut tidak beralasan, salah satu diantaranya adalah bentuk daunnya.

Monstera mempunyai daun yang lebar dan berlubang. Inilah yang biasanya membuat tertarik bagi para tamu yang datang.

Bagi kamu yang ingin tahu perihal monstera ini , maka bisa dilihat dari beberapa tips merawat monstera berikut ini :

1. Letakkan monstera pada tempat yang mempunyai cahaya cukup

Tanaman monstera ini tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Hanya saja monstera ini memerlukan pencahayaan yang cukup agar bayangan dari tanaman tersebut bisa terlihat bagus. Oleh karena itu kita bisa meletakkan monstera pada jendela ataupun bisa diletakkan didalam rumah asalkan pencahayaan cukup terang.

Jangan meletakan monstera di dekat pendingin ruangan, karena akan menyebabkan daun monstera terlihat kuning dan turun secara prematur.

2. Perhatikan penyiraman

Lakukan penyiraman secara rutin bagi tanaman ini. Penyiraman tersebut bisa seminggu sekali. Kita juga harus selalu memastikan bahwa tidak air yang menggenang di bawah. Karena hal ini akan membuat akar monstera menjadi busuk.

3. Pastikan penyangga monstera cukup kuat

Untuk menanam monstera bisa menggunakan pot, tetapi kita pun bisa membuat tempat di pinggir tembok untuk digunakan sebagai tempat menanam monstera.

Daun monstera sangat indah jika kita pakai sebagai hiasan ruangan. Tetapi sebaiknya jika ingin menggunakan daun tersebut maka tunggulah sampai daun monstera gugur sendiri daunnya. Karena jika kita cara memotong daunya salah, akan membuat daun yang lain menjadi mati.

4. Walaupun monstera ditaruh didalam rumah, tetap memerlukan nutrisi

Jika dulu saat penanaman monstera kita memakai campuran tanah dengan kompos, maka kita pun perlu untuk tetap memberikan pupuk. Sebaiknya dalam memberikan pupuk dalam setahun dilakukan sebanyak lima kali.

Untuk pupuk yang digunakan bisa orgamik ataupun bisa juga pupuk yang tersedia di pasaran. Jangan lupa untuk mengikuti petunjuk jika kita menggunakan pupuk kimia.

Diharapkan dengan pemberian pupuk, tanaman monstera bisa tumbuh dengan sehat dan bisa melindungi tanaman dari berbagai macam penyakit.

5. Gantilah Pot secara berkala

Jika akar yang terdapat dalam pot tersebut sudah banyak, maka kita bisa memindahkan tanaman monstera dengan menggunakan pot yang baru. Pada saat memindahkan kita harus menggunakan tanah yang memiliki kualitas bagus. Atau jika tidak maka kita bisa menggunakan tanah dengan kompos dan pasir.

6. Selalu bersihkan daun

Apabila daun monstera yang ada di ruangan sudah terlihat berdebu maka kita harus membersihkan daun tersebut dengan menggunakan lap basah. Ini dilakukan agar monstera terlihat selalu segar, bersih dan enak dipandang.

7. Perhatikan suhu ruangan

Tanaman monstera juga harus mendapatkan perhatian terutama untuk masalah suhunya. Jika pada siang hari monstera bisa bertahan di suhu 23-30 derajat celcius. Dan jika malam hari maka monstera memerlukan suhu 15 derajat celcius. Jadi agar monstera tumbuh dengan optimal maka perlu memperhatikan suhu diatas.

8. Gulma

Perhatikan area sekitar tanaman monstera. Apakah ada gulma yang mengganggu? Jika iya segera bersihkan gulma tersebut. Ini dikarenakan gulma bisa menyerap air dan nutrisi yang diserap oleh monstera.

Bukan hanya itu saja, gulma juga bisa menjadi sumber hama dan penyakit yang akan mengganggu pertumbuhan tanaman monstera.jadi kita harus mencabut dan membuang gulma tersebut.

Demikianlah informasi tips cara merawat monstera. Diharapkan setelah kita membaca tulisan ini, maka tanaman monstera kita bisa tumbuh dengan optimal dan memiliki daun dan bunga yang berkualitas.

Tips Merawat Bunga Krisan

Tips Merawat Bunga Krisan

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Calathea

Tips Merawat Calathea

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Lidah Buaya

Tips Merawat Lidah Buaya

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *