Info Hobi

Tips Merawat Lidah Buaya

Aloe vera atau yang lebih dikenal dengan lidah buaya merupakan salah satu tanaman hias yang kaya akan manfaat. Tanaman ini banyak dibudidayakan...

Written by Irfan · 1 min read >
Tips Merawat Lidah Buaya

Aloe vera atau yang lebih dikenal dengan lidah buaya merupakan salah satu tanaman hias yang kaya akan manfaat. Tanaman ini banyak dibudidayakan karena bisa hidup dan tumbuh di iklim yang kering.

Naman kita juga perlu untuk mengetahui perubahan yang dialami ketika lidah buaya terjadi perubahan pada warna daunnya. Perubahan yang lainya yaitu daun lidah buaya yang rontok.

Perubahan tersebut bisa disebabkan karena masalah drainase yang kurang baik serta intensitas dari cahaya matahari dan air hujan. Dibawah ini adalah beberapa tips merawat lidah buaya yang baik dan benar.

1. Gunakan tanah kering

Untuk menanam lidah buaya maka kita bisa menggunakan tanah kering. Tapi akan lebih baik lagi jika tanah kering tersebut kita campur dengan menggunakan pasir, batu apung atau perlit. Setelah itu kita bisa menambahkan pupuk agar tanaman dapat tumbuh dengan subur.

2. Penyiraman

Sebaiknya pada saat melakukan penyiraman jangan terlalu berlebihan, ini dikarenakan lidah buaya mempunyai daun yang berdaging yang bisa menyimpan air. Oleh karena itu apabila kita menyiram lidah buaya terlalu banyak maka akan menyebabkan lidah buaya menjadi membusuk. Penyiraman dilakukan sehari sekali atau jika tanah sudah terlihat kering.

3. Pemupukan

Kita bisa menggunakan jenis pupuk organik maupun pupuk NPK. Jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan pupuk. Karena jika kita memberikan pupuk secara berlebih akan membuat tanaman lidah buaya menjadi busuk.

Untuk pemberian pupuk NPK sebaiknya yaitu 2 minggu sekali. Dan untuk takaran pemberian pupuknya sebanyak 2 gram untuk setiap polybag atau pot yang digunakan.

4. Ganti Pot

Gunakan pot yang lebar dan dalam untuk menanam lidah buaya. Ini dikarenakan pot tersebut digunakan untuk mengakomodasi pertumbuhan daun dan tunas lidah buaya.

Tanaman lidah buaya yang sehat akan memiliki banyak tunas yang tumbuh di sekitarnya. Apabila pot tersebut tidak mencukupi lagi, maka segera lakukan penggantian pot.

Jangan mengganti pot pada saat tunas lidah buaya tumbuh melebihi 10 cm. Kareena tunas tersebut akan banyak menyedot energi yang terdapat pada pohon induknya.

Pada saat memindahkan tunas lidah buaya dan menanamnya di pot yang lain maka usahakan jangan terlalu dangkal dan dalam. Karena bis menyebabkan bibit lidah buaya tersebut menjadi busuk serta mati.

5. Intensitas cahaya matahari

Lidah buaya dapat tumbuh di indoor dan outdoor. Akan tetapi sebaiknya jangan meletakkan tanaman lidah buaya di bawah sinar matahari langsung dan sangat kuat, karena akan merusak daunnya.

Apabila kita meletakkan tanaman lidah buaya di dalam ruangan maka kita juga harus memastikan tanaman tersebut mendapatkan sinar matahari yang cukup. Dan penggunaan lampu yang terang Pada ruangan bisa menggantikan sinar matahari pada kidah buaya.

Namun akan lebih baik jika tanaman lidah buaya tersebut diletakkan didalam ruangan maka bisa dijemur pada waktu pagi atau sore hari. Atau kita juga bisa meletakkan tanaman tersebut di dekat jendela.

Tanda-tanda jika lidah buaya terlalu banyak terkena sinar matahari yaitu daunnya akan terlihat bersisik serta warnanya akan berubah menjadi orange.

6. Cara Panen

Tanaman lidah buaya ini paling banyak untuk dibudidayakan serta diperjual belikan sebagai tanaman hias atau dipanen daging daunnya.

Untuk waktu panen lidah buaya setidaknya kita menunggu tanaman ini sampai dengan umur 7 bulan. Caranya yaitu dengan memotong dan memilih lidah buaya yang paling luar dengan menggunakan pisau.

Setelah dipanen maka daun lidah buaya banyak digunakan untuk keperluan industri ataupun herbal.

Tips Merawat Bunga Krisan

Tips Merawat Bunga Krisan

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Calathea

Tips Merawat Calathea

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Lavender

Tips Merawat Lavender

Rachmad in Info Hobi
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *