Info Hobi

Tips Merawat Lavender

Bunga lavender dikenal sebagai bunga yang memiliki wangi dan warna yang khas. Disamping itu lavender juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk di...

Written by Rachmad · 1 min read >
Tips Merawat Lavender

Bunga lavender dikenal sebagai bunga yang memiliki wangi dan warna yang khas. Disamping itu lavender juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk di rumah.

Agar bunga lavender dapat tumbuh dengan subur dan berbunga , maka kita harus memperhatikan beberapa tips merawat lavender di bawah ini :

1. Perhatikan cara penanamannya

Jika kamu ingin menanam lavender di halaman rumah maka kita harus memperhatikan jarak tanamnya. Sebaiknya jarak tanaman pada bunga lavender yaitu 30-45 cm. Ini menandakan bahwa jarak tanam tidak boleh terlalu dekat.

Pemberian jarak ada tanaman ini dimaksudkan agar sirkulasi udara tidak terganggu akibat adanya penumpukan tanaman.

Apabila tanah terlihat lembab juga tidak baik digunakan untuk menanam lavender, karena membuat tanaman tidak kuat dan akhirnya membusuk.

Selain itu jika kita menanam lavender dengan jarak tanam yang terlalu dekat juga membuat penyebaran dari sinar matahari menjadi tidak merata. Akibatnya ada beberapa tanaman yang tidak kebagian nutrisi dari sinar matahari tersebut.

Dan apabila kita akan menanam bunga lavender dalam pot maka kita bisa melapisi bagian bawah pot tersebut dengan menggunakan styrofoam dengan ketebalan 5 cm. Ini dimaksudkan agar pot bisa terjaga kekeringannya sehingga lavender tidak tidak mati.

2. Gunakan batu putih

Batu putih yang digunakan di sekitar tanaman lavender ini selain dapat mempercantik tampilan, gunanya juga untuk menyerap panas. Sehingga kondisi tanah tersebut akan tetap kering.

Pada cuaca yang panas bunga lavender juga akan tumbuh dengan subur. Sehingga cara penggunaan batu putih ini juga bisa membantu menjaga suhu disekitar tanaman.

3. Tips menyiram tanaman

Sudah dijelaskan diatas bahwa tanaman lavender tidak memerlukan banyak air, sehingga jika tanahnya terlalu lembab maka lavender akan mudah mati. Sebaiknya lakukan penyiraman pada waktu tanah tersebut terlihat kering.

Selain itu kita juga harus bisa memastikan jumlah air tersebut. Jangan sampai memberikan jumlah air yang terlalu banyak ataupun terlalu sedikit pada saat penyiraman lavender. Jika penyiraman menggunakan air yang terlalu sedikit maka akan mengakibatkan tumbuhnya jamur pada lavender.

4. Pastikan sinar matahari yang cukup

Apabila kita memilih untuk menanam lavender dengan menggunakan pot maka kita bisa memindahkan pot tersebut agar dapat terkena sinar matahari langsung. Hal ini dilakukan agar bunga lavender mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Tetapi jika kita menanam lavender pada halaman rumah, pastikan bahwa area tersebut mendapatkan sinar matahari yang cukup sekitar 8 jam.

5. Merapikan cabang

Rapikan cabang dan akar ketika tanaman lavender tersebut terlihat berantakan dan tidak rapi. Setidaknya setahun sekali kita melakukan pemangkasan cabang tersebut. Tetapi jika hanya untuk merapikan tanaman lavender bisa dilakukan sesering mungkin melihat kondisi tanaman.

6. Musim Panen Tiba

Apabila tanaman lavender sudah terlihat banyak, maka tanaman tersebut sudah bisa dipanen. Hasil panen tersebut bisa disimpan di tempat yang gelap dan hangat. Cara peletakannya yaitu dengan digantungkan dalam keadaan yang terbalik. Kita harus menunggu sekitar 10-14 hari agar tanaman tersebut bisa dipakai sesuai dengan kebutuhannya.

Itulah beberapa tips perawatan bunga lavender. Cara tersebut sangat mudah dan bisa dipraktekan sehari-hari. Hanya membutuhkan ketekunan saja.

Dan yang lebih menggembirakan adalah ketika bunga lavender saat tumbuh bunga bermekaran. Baunya yang khas, akan menenangkan hati. Ditambah lagi dengan warnanya yang menawan. Tidak heran jika tanaman ini banyak yang jatuh cinta karena keindahannya.

Tips Merawat Bunga Krisan

Tips Merawat Bunga Krisan

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Calathea

Tips Merawat Calathea

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Lidah Buaya

Tips Merawat Lidah Buaya

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *