Info Hobi

Tips Merawat Kaktus

Kaktus merupakan salah satu tanaman hias yang juga banyak digemari orang. Tanaman in mempunyai tampilan yang terlihat unik dan menarik. Tanaman ini...

Written by Irfan · 1 min read >
tips merawat kaktus

Kaktus merupakan salah satu tanaman hias yang juga banyak digemari orang. Tanaman in mempunyai tampilan yang terlihat unik dan menarik.

Tanaman ini juga mempunyai perawatan yang cukup mudah dibandingkan dengan tanaman hias lain. Sehingga cocok sekali buat kita yang ingin praktis dan tidak kerepotan dalam mengurus tanaman.

Walaupun tanaman kaktus mudah dalam perawatannya, tetapi kita juga perlu tahu agar tanaman ini tidak mudah mati dan membusuk. Yuuk simak bersama tips merawat kaktus berikut ini.

1. Pastikan kaktus mendapat asupan cahaya yang cukup

Untuk cara perawatan kaktus yang biasanya terletak di indoor tentu akan sangat berbeda.  Kaktus yang biasanya di indoor mempunyai jaringan yang kurang kuat karena sudah terbiasa dengan habitat indoor.

Oleh sebab itu, kaktus ini tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini dikarenakan kaktus akan terbakar dan mati.

Untuk mendapatkan sinar matahari maka kaktus bisa diletakkan di bawah jendela dengan kanopi di atas nya minimal selama 4 jam.

2. Pilih pot dengan lubang di bawahnya

Maksud dari penggunaan pot yang ada lubang di bawahnya adalah agar air saat penyiraman air tidak menggenang di bawahnya dan bisa merembes keluar.

Jika air masih tergenang di bagian bawah maka akan menyebabkan kaktus menjadi lembab sehingga kaktus akan membusuk.

Untuk pot yang terbaik maka kita bisa memilih tembikar atau terakota. Ini dikarenakan material pot tersebut bisa mengeluarkan air melalui pori-pori.

3. Jangan disiram terlalu sering

Tanaman kaktus bisa disiram seminggu sebanyak 1 sampai 2 kali.  Jangan menyiram langsung dengan menggunakan air, tetapi gunakan spray untuk menyiram tanaman tersebut. Pastikan tanah dalam keadan kering sebelum dilakukan penyiraman.

4. Secara berkala beri pupuk

Walaupun tanaman ini perawatannya cukup mudah, tetapi perlu dilakukan pemupukan menggunakan NPK. Kita bisa memberikan pupuk NPK ini sebanyak 1 sampai 2 bulan sekali. Untuk takarannya maka kita bisa memberikan 2 sampai 3 butir secara berkala.

Sebaiknya jangan sampai melebihi takaran tersebut , karena akan menyebabkan tanaman akan menjadi rusak akibat panas yang berlebih.

5. Agar waktu penyiraman lebih akurat gunakan Moisture meter

Moisture meter merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengetahui kapan penyiraman yang tepat dan seberapa banyak air yang dibutuhkan.

Selain itu apabila kita menggunakan alat ini maka kita bisa mengetahui tingkat kelembaban tanah, intensitas cahaya serta pH tanah.

Terkadang tanah yang kering di permukaannya bisa saja didalamnya terlihat basah, oleh sebab itu kita gunakan alat ini untuk membantu mendeteksi dengan tepat.

6. Pada daun pastikan air tidak mengendap

Tanaman kaktus banyak menyerap air dengan menggunakan akar. Akan tetapi berbeda dengan daunnya. Apabila air mengenai daun maka dapat menyebabkan kelembapan yang berlebih sehingga kaktus akan membusuk.

Bukan hanya itu, bulir-bulir air yang tertinggal pada daun bisa membiaskan cahaya matahari dengan ekstrim. Oleh karena itu kita harus benar0benar memperhatikan pada saat menyiram

7. Posisi kaktus secara berkala dipindah-pindah

Pada saat mempunyai tanaman kaktus di rumah maka sebaiknya kita secara berkala memindahkan tanaman kaktus tersebut agar mendapatkan sinar matahari secara merata.

Disamping itu memindah kan kaktus bisa membuat kaktus lebih kebal. Hal ini dikarenakan kaktus mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru

Baca juga : Tips Merawat Anggrek Bulan

Itulah beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk merawat kaktus yang benar. Semoga dengan mengetahui cara perawatan tersebut, tanaman kaktus kita tidak mudah membusuk dan mati.

Tips Merawat Bunga Krisan

Tips Merawat Bunga Krisan

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Calathea

Tips Merawat Calathea

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Lidah Buaya

Tips Merawat Lidah Buaya

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *