Info Hobi

Tips Merawat Bunga Mawar

Keindahan bunga mawar sudah tidak diragukan lagi. Bunga mawar juga sering digunakan sebagai lambang cinta seseorang. Warnanya pun beragam,dari mulai warna merah,putih,merah...

Written by Rachmad · 1 min read >
Tips Merawat Bunga Mawar

Keindahan bunga mawar sudah tidak diragukan lagi. Bunga mawar juga sering digunakan sebagai lambang cinta seseorang. Warnanya pun beragam,dari mulai warna merah,putih,merah muda sampai dengan warna yang asing bagi kita yaitu ungu.

Cara perawatannya pun cukup mudah. Selain itu bunga mawar juga mudah ditanam di mana saja. Dibawah ini ada beberapa tips merawat bunga mawar agar cepat berbunga dengan mudah dan praktis.

1. Rajin memangkas batang dan daun

 

Banyak yang mengeluhkan tentang bunga mawar yang mereka tanam, karena tidak berkembang dengan baik. Dan mungkin mereka lupa bahwa bunga mawar juga harus dipangkas batang dan daunnya  agar bisa berkembang dengan baik.

 

Tanaman bunga mawar pertumbuhan bunga akan terhambat dan bunganya sedikit, mungkin karena terlalu banyak dahan,bunga dan daun. Ini karena hasil fotosintesis tanaman hanya digunakan untuk pertumbuhan daun,ranting dan batang saja. Itulah kenapa kita harus selalu memangkasnya.

2. Memberikan Pupuk

Tips untuk merawat bunga mawar selanjutnya yaitu memberikan pupuk. Pemberian pupuk pada tanaman bunga mawar tanaman dapat tumbuh subur. Pupuk yang diberikan biasanya yaitu pupuk kandang yang berasal dari kotoran sapi dan kambing.

 

Selain pupuk kandang, kita juga bisa memberikan pupuk NPK. Pupuk NPK yang mengandung Nitrogen pada tanaman bunga mawar berfungsi untuk pertumbuhan vegetatif daun, fosfor berfungsi untuk pertumbuhan akar dan kalium berguna untuk pembungaan atau pembuahan.

3. Teknik penyiraman yang baik

Untuk cara penyiraman pada bunga mawar haruslah diperhatikan karena ini merupakan bagian yang penting. Air tersebut dapat mempercepat larutnya unsur hara yang akan diserap oleh tanaman. Disamping itu juga penyiraman merupakan sumber utama bagi tanaman.

Cara penyiraman yang benar pada bunga mawar yaitu dilakukan dua hari dalam sehari.untuk pagi hari kita bisa menyiram bunga mawar pada pukul 7-9 pagi. Sedangkan untuk di sore hari kita bisa penyiraman tanaman pada pukul 4-6 sore.

Untuk jumlah air yang diberikan tergantung dari kondisi tanahnya serta umur dari tanaman tersebut. Jika tanah terlihat basah karena habis di guyur hujan, maka kita hanya sedikit menyiramnya.

4. Intensitas sinar matahari cukup

 

Tanaman bunga mawar juga melakukan proses fotosintesis sama seperti dengan tanaman lainnya. Kita bisa menjemur tanaman ini pada pukul 6-10 pagi.

Jika bunga mawar tidak ingin terkena sinar matahari langsung, maka kita bisa memasang jaring- jaring diatas bunga mawar tersebut. Sehingga sinar matahari pada siang hari tidak terlalu banyak masuk ke tanaman.

5. Gulma

Kita juga harus membersihkan gulma disekitar bunga mawar. Tanaman pengganggu tersebut harus diperhatikan agar tidak mempengaruhi pertumbuhan bunga mawar.

Perlu diperhatikan pada saat kita akan melakukan pemupukan maka, gulma yang ada disekitar bunga mawar tersebut harus dibersihkan . agar pemberian pupuk kit tidak sia-sia dan bisa maksimal.

6. Pengendalian Hama

Jamur juga seringkali kita temui pada tanaman bunga mawar. Kita bisa memberantas tanaman tersebut dengan fungisida. Untuk gejala akan terlihat bercak pada daun, bunga yang membusuk serta adanya lapisan putih yang terdapat di lapisan daun.

Di Samping jamu, bunga mawar juga bisa diserang bakteri yang bisa menyebabkan bengkak pada pangkal batang nya. Oleh karena itu kita bisa mencoba untuk melakukan penyemprotan bakterisida.

Itulah beberapa tips yang bisa kita gunakan untuk merawat bunga mawar. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita yang ingin belajar menanam bunga mawar.

Tips Merawat Bunga Krisan

Tips Merawat Bunga Krisan

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Calathea

Tips Merawat Calathea

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Lidah Buaya

Tips Merawat Lidah Buaya

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *