Info Hobi

Tips Merawat Bunga Krisan

Bunga krisan atau yang lebih dikenal dengan nama bunga seruni atau bunga krisantemum ini cocok ditanam didaerah yang cenderung hangat. Bunga ini...

Written by Irfan · 1 min read >
Tips Merawat Bunga Krisan

Bunga krisan atau yang lebih dikenal dengan nama bunga seruni atau bunga krisantemum ini cocok ditanam didaerah yang cenderung hangat.

Bunga ini berasal dari Cina dan jepang serta masuk ke Indonesia pada abad Ke 17. Pada tahun 1940 lalu bunga krisan mulai dikembangkan untuk komersial.

Untuk bunga krisan sendiri mempunyai dua tipe yaitu tipe standar dan tipe spray. Untuk tipe standar biasanya akan dipelihara satu kuncup bunga serta meninggalkan bunga pada bagian teratas. Sedangkan untuk tipe spray pada kuncup bunga teratas dibuang dan untuk bunga lainnya tetap dipelihara.

Biasanya bunga krisan ini dijadikan sebagai tanaman hias atau bisa juga menjadi bunga potong yang melengkapi keindahan ruangan. Ini dikarenakan bunga krisan memiliki warna bunga yang indah.

Dibawah ini ada beberapa tips merawat bunga krisan agar dapat tubuh dengan baik :

Menyiapkan naungan atau tempat yang teduh

Hal ini dikarenakan bunga krisan berasal dari daerah yang sejuk dan dingin sehingga bunga krisan menyukai sinar matahari yang penuh. Akan tetapi jika bunga krisan ditanam pada dataran rendah yang panas maka tumbuhnya tidak akan bagus dan layu.

Oleh karena itu kita pun perlu mengkondisikan tanaman tersebut. Apabila cuaca terlalu panas maka tanaman krisan yang ada di dalam pot bisa dipindahkan pada daerah yang lebih teduh atau yang ada naungannya.

Sebaiknya tanaman krisan ditanam dalam sebuah pot Sehingga kita bisa dengan mudah memindahkan tanaman tersebut apabila cuacanya terlalu panas.

Dalam rumah kaca tanaman krisan dapat tumbuh dengan baik dan subur pada suhu 34-36 derajat celcius.

Simpan bunga krisan di bawah sinar lampu pada malam hari

Sebenarnya bunga krisan dapat tumbuh dengan baik pada daerah subtropis atau di dataran tinggi dengan suhu 21-25 derajat celcius. Sehingga jika bunga krisan ditaman pada daerah tropis akan banyak mengalami kekurangan diantaranya warna bunga lebih pudar, tanaman dan umur yang pendek.

Oleh karena itu jika kita menyimpan bunga krisan di bawah sinar lampu pada malam hari maka bisa membuat ukuran tanaman krisan menjadi lebih tinggi.

Pada saat meletakkan bunga krisan di bawah lampu maka membutuhkan jarak maksimal 2 meter. Untuk pengukuran cahaya yang diterima oleh bunga krisan maka kita membutuhkan alat yang bernama luxmeter. Nilai idealnya yaitu 70 klux.

Nah, disaat taman krisan tumbuhnya sudah mencapai ideal. Maka tanaman krisan tersebut bisa dipindah pada tempat yang tidak terkena cahaya lampu pada malam hari. Ini dimaksudkan agar tanaman krisan lebih cepat berbunga dan masuk dalam fase generatif.

Penyiraman secara teratur

Penyiraman tanaman sebaiknya dilakukan setiap pagi hari. Untuk cara penyiramannya pun hanya pada bagian akar dan batangnya saja. Hindari menyiram tanaman pada bagian daunnya.

Pemupukan

Berikan pupuk secara teratur pada tanaman. Sebaiknya menggunakan pupuk organik dan hindari pupuk kimia agar media tanam tidak tercemar bahan kimia

penerapan teknik pinching dan disbudding

Teknik pinching merupakan pembuangan pucuk yang biasanya tumbuh pada saat awal penanaman. Sedangkan teknik disbudding penyingkiran bagian bunga yang tidak diinginkan agar kita memperoleh bentuk yang sesuai dengan keinginan kita.

Itulah cara merawat tanaman krisan. Cara perawatan tanaman tersebut perlu kita ketahui agar bunga krisan bisa tumbuh subur dan berbunga sesuai dengan yang kita harapkan. Cara tersebut bisa kita aplikasikan pada tanaman krisan kita.

Tips Merawat Calathea

Tips Merawat Calathea

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Lidah Buaya

Tips Merawat Lidah Buaya

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Lavender

Tips Merawat Lavender

Rachmad in Info Hobi
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *