Info Hobi

Tips Merawat Anggrek Bulan

Indonesia mempunyai berbagai macam tanaman anggrek. Namun dari banyaknya tanaman anggrek, hanya anggrek bukanlah yang sering dijadikan tanaman hias dihalaman rumah. Bunganya...

Written by Irfan · 1 min read >
tips merawat anggrek bulan

Indonesia mempunyai berbagai macam tanaman anggrek. Namun dari banyaknya tanaman anggrek, hanya anggrek bukanlah yang sering dijadikan tanaman hias dihalaman rumah.

Bunganya yang lebar serta perawatannya yang mudah, menjadi salah satu alasan orang lebih menyukai tanaman anggrek bulan. Bunga ini juga sering dijadikan hiasan di depan rumah.

Agar tanaman anggrek dapat tumbuh dengan baik, ada beberapa tips merawat anggrek bulan yang harus dilakukan yaitu :

Sinar matahari

Tanaman anggrek tidak memerlukan banyak sinar matahari. Tetapi tanaman anggrek hanya cukup terkena sinar matahari. Untuk tahu apakah sinar matahari yang mengenai tanaman anggrek kita sudah cukup apa belum, maka kita bisa melihat dari daun tanaman tersebut.

Jika daun tanaman anggrek terlihat hijau cerah, berarti tanaman anggrek tersebut sudah cukup dalam mendapatkan sinar matahari. Tetapi jika daun tanaman tersebut terlihat hijau kecoklatan  maka tanaman tersebut harus dipindah,karena kekurangan sinar matahari. Dan jika daun tanaman anggrek berwarna coklat seperti terbakar maka tanaman anggrek terlalu banyak mendapatkan sinar matahari.

Suhu Udara

Pada siang hari tanaman anggrek akan memerlukan suhu berkisar 30 derajat celcius. Sedangkan untuk malam hari, tanaman anggrek membutuhkan suhu udara sekitar 24 derajat celcius. Dan suhu ini sanagt cocok jika ditanaman di Indonesia yang beriklim tropis.

Untuk mendapatkan hasil yang baik, maka tanaman anggrek maka shading paranet di tambahkan kipas angin di bagian atas pojok untuk membantu sirkulasi udara agar tetap dingin.

Jika suhu  terlalu panas maka kualitas bunga dari tanaman anggrek tersebut kurang baik. Selain itu tanaman anggrek juga akan mengalami dehidrasi. Hal ini karena tanaman mengalami banyak penguapan.

Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara untuk tanaman anggrek juga harus harus diperhatikan. Karena jika sirkulasi udaranya baik,maka tanaman anggrek bisa tumbuh optimal. Oleh karena itu sebaiknya tanaman anggrek jangan terlalu sering ditempatkan di dalam ruangan.

Penyiraman

Jika mempunyai tanaman anggrek bukan dirumah,maka perlu diperhatikan juga dalam penyiraman. Umumnya tanaman anggrek bukan memerlukan 2 kali penyiraman yaitu pada waktu pagi hari dan sore hari.

Untuk pagi hari sebaiknya tanaman anggrek disiram pada pukul 08.00-09.00. Dan apabila sore hari maka sebaiknya disiram diantara pukul 16.00-18.00. Tetapi jika udara terlihat panas sekali ,maka tanaman anggrek boleh disiram 3 kali.

Untuk cara penyiraman pada tanaman anggrek bulan, yaitu dengan cara penyemprotan pada bagian yang dekat dengan akar bunga. Selalu  gunakan air yang bersih dalam penyiraman. Dan hindari menggunakan bahan kimia berbahaya.

Kelembaban udara

Kelembaban udara yang baik dan ideal untuk tanaman anggrek yaitu 60 %.  Untuk membuat agar kelembapan udaranya selalu terjaga maka perlu membuat kolam-kolam kecil yang berada di bawah pot tanaman anggrek.

Jika udara terlalu lembab, maka tanaman anggrek akan mudah ditumbuhi jamur. Selain itu juga tanaman lebih mudah layu.

Penggunaan pupuk

Tanaman anggrek juga memerlukan pemupukan agar bisa tumbuh dengan baik dan nutrisinya terjaga. Biasanya menggunakan jenis pupuk organik cair. Cara pemakaiannya adalah dengan cara menyemprot bagian akar dan dilakukan seminggu sekali.

Hama dan pencegahannya

Seringkali tanaman anggrek juga terkena hama,lalat serta jamur. Agar lalat tidak mengganggu tanaman anggrek maka kita bisa menyiapkan perekat atau lem anti lalat. Lem ini ditempelkan pada sedotan yang diletakkan di atas tanaman anggrek.

Cara kerja lem tersebut adalah dengan memikat lalat yang akan hinggap di tanaman anggrek. Lalat akan menempel di sedotan dan akhirnya mati.

Untuk menghilangkan serangga ,kita juga busa menggunakan insektisida. Sedangkan untuk menghilangkan jamur menggunakan fungisida.

Tanaman anggrek mudah ditanam, yang terpenting adalah kita serius dan telaten dalam merawatnya.

Tips Merawat Bunga Krisan

Tips Merawat Bunga Krisan

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Calathea

Tips Merawat Calathea

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Lidah Buaya

Tips Merawat Lidah Buaya

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *