Info Hobi

Tips Memilih Sepeda terbaik

Tips Memilih Sepeda terbaik – Jika anda pemula yang baru saja akan membeli sepeda,  kadang merasa sedikit bingung karena begitu banyaknya pilihan...

Written by Bambang Winarso · 4 min read >
tips memilih sepeda

Tips Memilih Sepeda terbaik – Jika anda pemula yang baru saja akan membeli sepeda,  kadang merasa sedikit bingung karena begitu banyaknya pilihan sepeda yang ada.  Tips cara memilih sepeda berikut mungkin bisa membantu anda.

Tips Memilih Sepeda terbaik

tips memilih sepeda

Langkah 1 – Tentukan Jenis bersepeda Apa yang Akan Anda Lakukan

Setiap sepeda dirancang dengan sempurna untuk gaya bersepeda tertentu, jadi langkah pertama dalam memilih sepeda yang tepat adalah memutuskan jenis bersepeda yang ingin Anda lakukan.

Apakah Anda ingin bersepeda di jalan dalam grup? Mungkin Anda mencari sepeda untuk digunakan sebagai transportasi? Ingin bersepeda di jalan setapak di sekitar gunung ? Ingin sehat dan bersepeda  di taman? Hanya ingin mampir ke kafe lokal dengan penuh gaya? Atau Anda hanya mencari sepeda untuk dikendarai bersama anak-anak? Menilai apa yang ingin Anda lakukan akan dengan cepat membuat Anda ke arah yang benar.

Langkah 2 – Tempat Membeli

Mengetahui jenis bersepeda yang ingin Anda lakukan akan menjadi penentu besar dalam mempersempit poin pembelian Anda. Jika Anda ingin melakukan bersepeda teratur, maka toko sepeda spesialis mungkin merupakan pilihan terbaik. Ada juga beberapa pengecer online yang berspesialisasi dalam sepeda berkualitas, tetapi Anda membutuhkan pengetahuan dasar untuk memastikan Anda mendapatkan ukuran yang tepat dan mengaturnya dengan benar.

Jika anggaran Anda sedikit lebih terbatas, maka ada banyak opsi di luar sana untuk sepeda murah. Anda mungkin menemukan banyak di toko-toko barang olahraga umum dan membeli barang bekas juga merupakan pilihan.

Langkah 3 – Tetapkan target Harga

Penting untuk mengetahui berapa banyak yang ingin Anda habiskan untuk sepeda Anda. Harga sepeda gunung dan sepeda jalan spesialis biasanya mulai sekitar 10 Jutaan, dengan banyak yang harganya jauh lebih mahal. Untuk sepeda biasa opsi anggaran dapat mulai dari 2 Jutaan, tetapi penting untuk mempertimbangkan bahwa Anda mendapatkan apa yang Anda bayar. Konsultasi dengan toko sepeda akan memberikan gambaran yang jelas tentang jenis sepeda apa yang ada dalam titik harga Anda. Jangan lupa menganggarkan untuk komponen dan aksesori tambahan yang mungkin Anda butuhkan.

Langkah 4 – Ukuran Sepeda

Menemukan ukuran sepeda yang benar sangat penting untuk bersepeda yang nyaman dan percaya diri. Dengan banyak jenis sepeda tersedia dalam lima ukuran atau lebih, jangan asal dalam memilih ukuran sepeda . Sepeda dengan ukuran yang salah dapat menyebabkan canggung atau tidak nyaman dan bisa juga tidak aman.

Berdasarkan sejumlah faktor termasuk tinggi, panjang inseam, pengalaman bersepeda , dan fleksibilitas, menentukan ukuran sepeda yang tepat adalah sesuatu yang sering membutuhkan pengalaman. Jika membeli dari toko sepeda lokal Anda, ini adalah sesuatu yang mereka akan membantu Anda. Setelah ukuran sepeda yang benar dipilih, pastikan itu dipasang dengan benar dan disesuaikan untuk Anda. Penyesuaian yang paling umum adalah ketinggian sadel, namun, tinggi stang dan jangkauan ke setang mungkin perlu disetel juga.

Langkah 5 –  Aksesori Sepeda

Setelah Anda menentukan sepeda yang tepat untuk Anda, saatnya untuk mempertimbangkan suku cadang dan / atau aksesori. Seringkali sepeda dijual hanya dengan bagian-bagian yang diperlukan untuk mengendarainya dan tidak lebih. Terserah Anda untuk memutuskan apa yang ingin Anda tambahkan ke sepeda. Beberapa tambahan umum termasuk  pemegang untuk botol air, lampu, pompa, kunci, komputer siklus dan sadel atau pedal yang berbeda.

Helm diharuskan oleh hukum, dan aksesori lain seperti sarung tangan atau celana pendek sepeda empuk dapat sangat meningkatkan pengalaman bersepeda Anda.

Baca jugaJenis dan Tipe Sepeda Terbaik

Memilih sepeda – Tipe dan Jenisnya

Inilah keputusan terbesar yang akan Anda buat: jenis sepeda apa yang Anda butuhkan? Ini jauh dari pilihan sederhana karena ada begitu banyak jenis sepeda di luar sana. Kenyataannya adalah Anda dapat melakukan hampir semua hal dengan sepeda apa pun. Namun, sepeda dirancang untuk tugas tertentu karena suatu alasan.

Bagian ini adalah tentang mencoba memberi Anda sepeda yang Anda sukai, dan yang paling masuk akal untuk mengendarai yang ingin Anda lakukan.

Saat memulai, keputusan Anda mungkin antara tiga; sepeda jalan, hibrida atau sepeda gunung. Jika kita menggeneralisasi, pada level dasar kita dapat menggambarkan ketiga hal ini dengan cukup mudah:

Dengan meminjam istilah kendaraan bermotor, sepeda gunung adalah off-road 4 × 4 Anda. Ban besar dan suspensi yang bagus, ideal untuk berlari di lumpur tetapi tidak begitu anggun atau cepat di jalan.

Sepeda Hibrida akan menjadi sedan standar. Umumnya sedikit lebih murah daripada dua lainnya dan mampu melakukan sedikit dari segalanya. Sangat senang di jalan, tapi bisa dengan mudah menangani trek negara tanpa terlalu banyak masalah.

Sepeda jalan memiliki dua keunggulan yang sporty . Cepat dan ringan, cocok untuk melaju di jalanan. Kaku dan agresif dengan latar belakang balap.

Sepeda gunung/Mountain Bike

Sepeda gunung dirancang untuk berkendara di luar jalan. Ciri-ciri Sepeda gunung adalah.

  • Mereka umumnya memiliki suspensi ban depan atau penuh dan lebar, grippy.
  • Suspensi, baik hanya depan (hardtail) atau suspensi penuh.
  • Ban knobbly
  • Setang pipih

Pada umumnya lebih berat daripada sepeda jalan / hybrid karena suspensi dan membuatnya lebih tahan lama di medan yang kasar. Biasanya memiliki rem cakram gaya sepeda motor yang lebih baik berhenti dalam kondisi berlumpur dan gearing lebih rendah untuk memungkinkan Anda menaiki lereng curam, terutama untuk Berkendara off road / trail

Tidak disarankan membeli sepeda ini bila, Anda melakukan sebagian besar perjalanan Anda di jalan kota.

Anda merasa ingin membeli sepeda dengan suspensi hanya untuk kenyamanan. Anda akan kehilangan banyak tenaga yang Anda masukkan ke pedal melalui suspensi dan menemukan diri Anda mengendarai sepeda yang lebih berat yang akan membuat Anda kurang nyaman. Posisi beberapa tangan sepeda jalan jauh lebih nyaman di jalan daripada suspensi sepeda gunung.

Jika Anda merasa sebagian besar perjalanan Anda akan off road dengan sedikit jalan (komuter, misalnya) Anda dapat membeli sepeda gunung dengan suspensi yang dapat dikunci.

Sepeda Hibrida/Hybrid Bike

Sepeda hybrid persis seperti namanya, pertemuan dua dunia bersepeda. Sepeda hibrida dibangun  dengan beberapa fitur sepeda jalan  dan yang lain dengan fitur sepeda gunung. Mereka mengambil elemen masing-masing untuk membuat sepeda yang dapat mengambil banyak situasi yang berbeda.

Diambil dari sepeda jalan:

  • Lebih sempit, ban umumnya licin
  • Gearing lebih tinggi untuk kecepatan lebih cepat

Diambil dari sepeda gunung:

  • Posisi lebih tinggi yang membuat mereka ideal untuk melihat lebih dari mobil dalam lalu lintas
  • Setang pipih
  • Posisi yang lebih santai dengan sedikit tekanan pada bahu Anda
  • Mereka terkadang memiliki suspensi
  • Aksesori yang mudah dipasang seperti spatbor
  • Meskipun sempit, ban biasanya masih lebih lebar dari sepeda jalan biasa, yang berarti mereka dapat dijalankan pada tekanan rendah untuk kenyamanan tambahan.

Risiko membeli sepeda yang merupakan trik dari semua perdagangan, adalah bahwa mereka tidak 100% cocok untuk satu hal.

Sepeda Jalan/Road Bike

Dengan ban sempit, rangka kaku / ringan dan setang drop, sepeda ini dirancang untuk satu tujuan: penambahan kecepatan di jalan dengan upaya sekecil mungkin.

Ciri-ciri:

  • Ban sempit dan licin (biasanya 23-28mm)
  • Jatuhkan setang yang memungkinkan beberapa posisi tangan
  • Frame yang kaku memungkinkan lebih banyak transfer daya
  • Rasio gear dengan rentang besar untuk memungkinkan Anda memutar bukit dan bergerak cepat di flat
  • Terutama untuk Berkendara di jalan Touring/Komuter

Jangan beli jika

Anda berencana untuk bersepeda keluar jalan ,meskipun jika Anda ingin melakukan keduanya, Anda dapat mempertimbangkan sepeda cyclocross atau sepeda kerikil.

Intinya adalah lakukan riset Anda. Cari tahu apa kebutuhan Anda dan cari sepeda yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan itu.

Tips Merawat Bunga Krisan

Tips Merawat Bunga Krisan

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Calathea

Tips Merawat Calathea

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Lidah Buaya

Tips Merawat Lidah Buaya

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *