Info Hobi

Jenis dan Tipe Sepeda Terbaik

Jenis dan Tipe Sepeda Terbaik – Sepeda dibagi menjadi beberapa kategori dan sub-kategori yang tampaknya tidak ada habisnya. Daftar berikut akan membantu...

Written by Bambang Winarso · 4 min read >
info sepeda terbaik-infomudah

Jenis dan Tipe Sepeda Terbaik – Sepeda dibagi menjadi beberapa kategori dan sub-kategori yang tampaknya tidak ada habisnya. Daftar berikut akan membantu Anda memahami berbagai jenis dan fitur sepeda yang umum digunakan.

Berikut adalah Jenis dan Tipe Sepeda Terbaik :

Sepeda gunung

sepeda-gunung-info mudah

Sepeda gunung memiliki ban menonjol yang lebar yang memungkinkan mereka dikendarai di tanah yang datar dan melewati rintangan. Sepeda ini memiliki setang datar, bingkai dan komponen yang kokoh. Sepeda gunung sering memiliki suspensi untuk membantu pengendara sepeda menavigasi jalan gunung berbatu. Banyak orang mengendarai sepeda gunung di jalan dan juga jalan setapak. Ini tidak merusak sepeda. Ini bisa disamakan dengan mengendarai SUV di jalan raya: kendaraan akan beroperasi dengan baik tetapi bukan pilihan yang paling efisien. Sementara sepeda gaya gunung hadir dalam semua rentang harga, versi rekreasi kelas bawah tidak cocok untuk bersepeda gunung yang banyak rintangan tetapi cocok untuk perjalanan di jalur tanah yang mulus.

Sepeda Hibrid / Sport Comfort

sepeda hibrid infomudah

Sepeda Hibrid dan Sepeda Sport Comfort  memiliki fitur kenyamanan yang sama tetapi dibedakan berdasarkan ukuran roda. Secara tradisional, Sepeda Hibrid memiliki roda sepeda jalan berukuran lebih besar dengan sedikit lebih tipis dibandingkan dengan sepeda comfort . Kedua sepeda penuh dengan fitur kenyamanan dan akan bekerja sama baiknya di tanah yang halus, jalan beraspal, dan perjalanan bersepeda keluarga. Sepeda ini memiliki posisi yang sangat tegak dimaksudkan untuk kenyamanan.

Sepeda Jalan/Road Bike

sepeda jalan- infomudah

Sepeda jalan dapat dikenali dari ban kurus dan setang ke bawah atau “jatuh”. Sepeda ini menguasai jalan karena efisiensi dan kecepatannya yang ekstrem. Ban tipis yang lebih besar membantunya meluncur di sepanjang jalan dengan sedikit usaha, sementara stang multi-posisi menawarkan variasi grip dari tegak ke yang lebih agresif. Sepeda jalan adalah pilihan terbaik untuk satu tujuan naik di trotoar, terutama untuk perjalanan yang lebih lama. Ini adalah anugrah kita untuk hidup di daerah dengan banyak jalan bagus untuk bersepeda.

Sepeda Touring

sepeda touring-infomudah

Sepeda Touring adalah jenis sepeda jalan khusus lainnya. Mereka dirancang untuk dikendarai di trotoar, tetapi lebih tahan lama untuk digunakan pada naik jarak jauh mandiri. Mereka memiliki semua baut pemasangan yang diperlukan untuk rak kargo dan fender, dan meskipun mereka masih memiliki setang drop, mereka biasanya memiliki desain rangka yang lebih santai sehingga pengendara lebih tegak, untuk lebih nyaman ketika mengendarai jarak jauh selama beberapa hari di sebuah waktu. Mereka memiliki kisaran gigi yang lebih rendah dibandingkan dengan sepeda jalan biasa, untuk memungkinkan membawa beban berat ke atas bukit yang curam. Mereka juga membuat sepeda komuter yang baik, karena daya tahan dan kemampuannya untuk membawa beban berat.

Sepeda Jalan Adventure

sepeda jalan-infomudah

Sepeda Jalan Adventure adalah salah satu kategori sepeda terbaru. Mereka kadang-kadang disebut sepeda all-road, sepeda all-road, atau sepeda kerikil, dan merupakan sub-kategori sepeda jalan yang paling serbaguna. Mirip dengan sepeda cyclocross, mereka memiliki setang drop dan kemampuan untuk menggunakan ban yang lebih luas. Geometri frame lebih panjang dan lebih tegak dibandingkan dengan sepeda cyclocross, membuat sepeda ini lebih cocok untuk hari yang panjang di sepeda, tur keliling yang ringan, dan perjalanan pulang pergi.

Sepeda Triathlon / Time Trial Bike

sepeda triathlon-infomudah

Sepeda yang dibuat khusus untuk triathlon atau acara time trial pada dasarnya adalah sepeda jalan khusus. Mesin-mesin ini memiliki setang dan banteng aero berbentuk tanduk-banteng yang maju. Aero bars memungkinkan pengendara untuk bersandar ke depan dalam posisi aerodinamis. Pemindah pada sepeda ini terletak di ujung bar aero. Geometri kerangka sepeda dirancang agar sesuai dengan triathlon atau time trial racing, keduanya sangat fokus pada aerodinamika.

Sepeda BMX / Trick Bike

sepeda bmx-infomudah

BMX adalah singkatan dari Bicycle Motor Cross karena sepeda berkecepatan tunggal ini berpacu di sekitar jalur tanah  yang mirip dengan motorsport. Sering, istilah BMX digunakan untuk menggambarkan setiap sepeda kecepatan tunggal dengan roda 20 “. Sepeda ini sering sangat kuat dan tahan lama dan akan menjadi pilihan terbaik bagi siapa pun yang ingin melakukan lompatan atau trik.

Sepeda Komuter

sepeda komuter-infomudah

Sederhananya, sepeda komuter adalah sepeda yang digunakan sebagai transportasi umum, terlepas dari gaya. Sepeda komuter umumnya memiliki fasilitas praktis seperti lampu, rak belakang, tas, kunci, dan fender. Asesoris ini menjadikan sepeda sebagai alat bantu yang berguna. Jika bersepeda ke tempat kerja tidak mungkin bagi Anda, coba naik sepeda ke kantor pos, toko kelontong atau keperluan kecil lainnya. Menggunakan sepeda untuk transportasi adalah cara yang bagus untuk berolahraga, menghemat uang, membantu lingkungan, dan bersenang-senang!

Sepeda Cyclocross

sepeda cyclocross-infomudah

Sepeda cyclocross memiliki setang drop gaya sepeda jalan tetapi dengan ban menonjol yang lebih luas. Sepeda ini dirancang untuk berpacu di sekitar jalan tanah di mana hambatan telah ditempatkan pada berbagai interval. Rintangan ini mengharuskan pengendara untuk turun dan membawa sepeda untuk waktu yang singkat. Acara-acara Cyclocross sangat menyenangkan dan sepeda-sepeda itu serba guna sehingga mereka adalah sepeda serba bisa yang hebat.

Sepeda Track Bike / Fixed Gear/Fixie

sepeda trackbike-infomudah

Sepeda trek adalah sepeda jalan dengan satu gigi yang tidak menggunakan freewheel atau meluncur. Ini berarti pengendara sepeda tidak dapat meluncur dengan gaya sepeda ini. Faktanya, sepeda lintasan sejati bahkan tidak memiliki rem sehingga atlet harus menggunakan kekuatan kakinya untuk menghentikan engkol berputar, yang menghentikan gerakan sepeda. Balap trek dilakukan di trek dalam ruangan dengan belokan  yang disebut velodrome. Sepeda roda gigi tetap adalah versi luar dari sepeda trek. Biasanya memiliki satu, gigi tetap tetapi mungkin memiliki rem dan gaya setang yang berbeda.

Sepeda ini sering digunakan untuk pembalap dalam pelatihan karena mereka memaksa atlet untuk memutar kaki mereka dalam lingkaran yang konsisten dan menjalankan irama yang lebih tinggi. Mereka juga digunakan di kota-kota atau sebagai sepeda cuaca buruk. Karena ada begitu sedikit bagian yang bergerak pada gigi tetap, biasanya tidak mahal dan sedikit yang bisa salah. Akhirnya, banyak orang mengendarai “fixie” untuk semua alasan, MENYENANGKAN! Menyenangkan, ditambah dengan koneksi nostalgia yang berakar dalam  tahun-tahun awal bersepeda ketika semua sepeda seperti itu.

Sepeda lipat

sepeda lipat-infomudah

Sepeda lipat bisa menjadi teman perjalanan yang hebat. Karena mereka terlipat,  bisa masuk dengan mudah di kereta bawah tanah, di bagasi mobil, atau di atas kapal. Saat bepergian dengan pesawat orang dapat menghindari biaya tambahan dan kerumitan terkait dengan mengangkut sepeda berukuran penuh.

Sepeda Kota

sepeda kota-infomudah

Istilah “sepeda kota” tidak benar-benar merujuk pada kategori sepeda tertentu; ini lebih merupakan istilah deskriptif umum. Mereka mungkin juga disebut “sepeda komuter” atau “perkotaan”, meskipun banyak dari sepeda yang tercantum di halaman ini dapat digunakan dengan cukup baik untuk naik dan pulang pergi di kota. Namun, ada jenis sepeda tertentu yang ada dalam pikiran beberapa orang ketika mereka menggunakan istilah “sepeda kota.” Sepeda ini memiliki karakteristik sepeda hybrid dan sepeda cruiser – biasanya posisi mengendarai cruiser yang tegak, tetapi ukuran roda dari sepeda hybrid.

Sepeda kota mungkin juga memiliki beberapa atau semua fitur ini yang membuatnya lebih mudah untuk dikendarai dengan pakaian biasa, dibandingkan dengan pakaian khusus bersepeda:

  • Fender
  • Penjaga rantai
  • Pelindung rok di roda belakang

Sepeda kota mungkin juga memiliki hub belakang yang digerakkan secara internal untuk kemudahan penggunaan dan pemeliharaan, serta generator dan lampu bawaan untuk keselamatan saat berkendara setelah gelap.

Sepeda ini juga kadang-kadang disebut “sepeda Belanda,” karena kemiripannya dengan sepeda sehari-hari yang digunakan di Amsterdam dan kota-kota Eropa yang ramah sepeda.

Demikianlah artikel mengenai Jenis dan Tipe Sepeda Terbaik, Semoga bisa menjadi bahan referensi anda sebelum membeli sepeda baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *