Info Hobi

16 Tips bersepeda untuk pemula

Ada jutaan orang Indonesia yang mengendarai sepeda dan jumlah itu terus meningkat setiap saat. Mengendarai sepeda seharusnya menyenangkan, dan agar Anda dapat...

Written by Bambang Winarso · 3 min read >
tips bersepeda untuk pemula

Ada jutaan orang Indonesia yang mengendarai sepeda dan jumlah itu terus meningkat setiap saat. Mengendarai sepeda seharusnya menyenangkan, dan agar Anda dapat bersenang-senang di luar sana, kami mengumpulkan tips bersepeda untuk pemula agar bisa membantu Anda bersepeda  dengan aman dan nyaman. Ini bukan aturan;  hanya saran dan perbaikan sederhana yang akan membuat bersepeda lebih aman dan menyenangkan.

Berikut adalah 16 Tips bersepeda untuk pemula :

tips bersepeda untuk pemula

1.Lindungi kepala Anda.

Cidera kepala adalah penyebab 60 persen dari semua kematian karena bersepeda di dunia setiap tahun. Banyak dari kematian ini bisa dihindari jika semua orang memakai helm saat bersepeda. Selalu pakai helm saat mengendarai dan pastikan anak-anak Anda juga melakukannya. Banyak negara memiliki undang-undang yang berbeda tentang helm sepeda, tetapi Anda harus selalu mengenakannya kemanapun anda pergi bersepeda .

2.Jangan mengayuh dengan gigi tinggi untuk waktu yang lama.

Anda ingin mencoba dan menjaga irama Anda antara 70 dan 90 rpm. Ketika Anda mengayuh pedal pada gigi tinggi itu menambah ketegangan pada lutut Anda.

3.Gunakan gigi sepeda yang sesuai.

Saat memanjat bukit bergeser ke gigi yang akan menjaga irama Anda di kisaran rpm yang tepat sehingga Anda bisa naik bukit tanpa menempatkan tekanan yang tidak perlu pada lutut Anda.

4.Dapatkan sepeda yang pas.

Menyiapkan sepeda Anda agar sesuai dengan tubuh Anda akan membuat bersepeda jauh lebih mudah, lebih efisien, dan mengurangi rasa sakit dan nyeri selama dan setelah perjalanan.

Bagaimana sepeda Anda cocok untuk Anda adalah salah satu aspek paling penting dari mengendarai. Jika cocok menyakitkan, Anda tidak akan menghabiskan banyak waktu di sepeda, tidak peduli seberapa bersemangat Anda mengendarai sepeda baru itu. Untuk mendapatkan kesesuaian yang tepat, dua elemen adalah kuncinya: tinggi dan jangkauan jok. Ketinggian jok harus cukup tinggi untuk memberi Anda sedikit ruang di lutut ketika kaki Anda berada di bagian bawah pedal stroke.

Jangkauan yang tepat berarti lengan dan dada Anda membuat sudut 45 derajat di atas sepeda. Terlalu lama, dan punggung Anda akan sakit untuk meraih setang; terlalu pendek, dan lutut Anda akan terlalu dekat dengan lengan Anda. Saat Anda berbelanja sepeda, pastikan untuk mengambilnya untuk uji coba guna melihat bahwa ukurannya tepat untuk Anda.

5.Dapatkan jok sepeda yang tepat.

Mendapatkan jok sepeda yang tepat akan membuat perbedaan besar saat mengendarai. Jangan berpikir lapisan paling tebal akan memberi Anda perjalanan yang paling nyaman. Dudukan yang lebih panjang dengan bentuk tertentu umumnya akan menjadi jenis jok terbaik. Baca ulasan online dan cari tahu apa yang disukai orang lain, lalu uji coba beberapa.

6.Ubah posisi saat mengendarai.

Gerakkan tangan Anda di atas setang, dan gerakkan ujung belakang Anda di jok. Ini akan membuat tangan, lengan, dan belakang Anda tidak mati rasa karena waktu yang lama dalam posisi tertentu.

7.Jangan bersepeda dengan headphone aktif.

Ini bisa sangat berbahaya jika Anda tidak mendengar kendaraan darurat atau keributan lain di belakang Anda atau di samping. Jika Anda harus memiliki musik, dapatkan radio clip-on kecil dengan speaker yang bisa Anda pasang di jersey Anda.

8.Ketahui aturannya.

Kendarai lalu lintas dan patuhi semua rambu-rambu jalan. Amati semua mobil di depan Anda sehingga Anda dapat mencoba mengantisipasi apa yang akan mereka lakukan.

9.Angkat kepala.

Lihatlah ke depan cukup jauh ke depan sehingga Anda dapat bereaksi terhadap hambatan di jalan atau di bahu di depan Anda. Hal-hal seperti badai saluran pembuangan sangat buruk untuk ban sepeda jalan kurus.

10.Atur Tinggi Jok Anda dengan Benar.

Mengalami rasa sakit di depan lutut Anda? Posisi sadel Anda mungkin terlalu rendah, menyebabkan Anda terlalu melebar saat  mengayuh pedal. Ini adalah kesalahan umum di kalangan pemula karena kebanyakan orang merasa lebih nyaman dan percaya diri jika kaki mereka dapat mencapai tanah. Tetapi memiliki tinggi sadel yang salah dapat menempatkan Anda pada risiko cedera.

Untuk memperbaikinya: Angkat sadel Anda. Pada ketinggian kursi yang tepat, lutut Anda harus sedikit ditekuk di bagian bawah pedal stroke Anda, tanpa menggerakkan pinggul Anda. Ukur jarak antara braket bawah dan bagian atas kursi. Ini adalah ketinggian tempat duduk Anda.

Jika Anda butuh bantuan, datanglah ke toko sepeda setempat. Staf kemungkinan akan dengan senang hati mengatur  ketinggian sadel Anda. Kemudian, merasa nyaman mengangkat diri dari jok dan mengangkang  sehingga kaki Anda bisa menyentuh tanah saat Anda berhenti. Ini membantu untuk menyandarkan setang ke arah kaki yang ingin Anda letakkan.

11.Jangan Stres Tentang perlengkapan.

Anda tidak perlu pakaian mewah, sepatu berpotongan pendek, atau sepeda mahal untuk menjadi pengendara sepeda. Tentu, peralatan yang apik bisa sangat menyenangkan, tetapi yang penting adalah Anda harus keluar dan bersepeda. Jangan khawatir tentang kemungkinan upgrade peralatan nantinya. Anda tentu perlu beberapa hal untuk memulai dengan sepeda dan helm tentu saja, tetapi jangan stres tentang membuang banyak uang ke banyak perlengkapan baru yang mewah.

12.Jaga Sepeda Anda dengan perawatan.

Anda tidak harus menjadi ahli bengkel untuk melakukan perawatan sepeda. Perawatan rutin  seperti memberi pelumas rantai akan memperpanjang umur sepeda dan komponen Anda. Menjaga tekanan udara yang disarankan di ban Anda akan membuat perjalanan Anda jauh lebih mudah, dan memperpanjang umur ban Anda.

13.Hindari bersepeda Terlalu jauh dan Terlalu cepat

Salah satu sumber cedera terbesar berasal dari mencoba menempuh jarak tempuh terlalu jauh sebelum Anda siap. Bangun perlahan, santai, dan berikan waktu tubuh Anda untuk menyesuaikan diri dengan jarak baru. Demikian pula, jika Anda sedang dalam melakukan pelatihan, jangan memulai terlalu cepat dan berisiko kelelahan dan kelelahan di babak kedua. Lakukan pemanasan selama sepertiga pertama perjalanan, lalu rasakan ritme untuk yang kedua, dan berikan semua yang Anda miliki untuk sepertiga terakhir.

14.Bawa ban dalam atau alat tambal sederhana.

Maslah ban kempis bisa merusak segalanya jika anda tidak membawa persiapan . Sebaiknya luangkan beberapa menit dan lihat panduan  untuk mengganti ban dalam atau menambalnya. Anda tidak akan percaya betapa jauh lebih mandiri Anda akan merasa dengan alat yang tepat di tangan, ban dalam cadangan, alat tambal , tuas ban, dan pompa mini dan pengetahuan untuk membuat Anda kembali ke jalan di 15 menit.

15.Pelajari Cara bersepeda dalam Grup

Bersepeda kelompok memiliki protokol dan etiket sendiri karena suatu alasan yaitu mudah menyebabkan kecelakaan jika cara mengendarai Anda tidak dapat diprediksi. Jika ini pertama kalinya Anda bersepeda dengan grup baru, nongkrong di belakang, amati, dan minta bantuan jika Anda membutuhkannya.

16.Ingatlah untuk Mengisi Bahan Bakar

Jika Anda hanya mengendarai selama satu jam, Anda harus memiliki air tetapi tidak benar-benar perlu makan di sepeda. Jika Anda berencana untuk berkendara selama dua jam atau lebih, bawalah makanan ringan dan mulailah makan 45 menit hingga satu jam dalam perjalanan Anda. Terus makan dalam jumlah kecil setiap 15 hingga 20 menit atau lebih. Lupa mengisi bahan bakar bisa membuat tubuh Anda defisit dan menyebabkan Anda tertidur atau mengalami hipoglikemik. Kelelahan, lekas marah, pusing, mual, kebingungan.  ini bukan cara yang bagus untuk menyelesaikan perjalanan.

Demikianlah artikel mengenai 16 Tips bersepeda untuk pemula, jika Anda mengikuti tips ini, Anda akan memiliki waktu yang lebih baik, lebih aman, dan lebih menyenangkan di sepeda Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *