Info Hobi

10  Perlengkapan wajib saat bersepeda

Jika Anda baru saja membeli sepeda, atau berpikir untuk melakukannya dalam waktu dekat, penting bagi Anda untuk bersepeda dengan aksesoris bersepeda berkualitas...

Written by Bambang Winarso · 4 min read >
Helm Bersepeda infomudah

Jika Anda baru saja membeli sepeda, atau berpikir untuk melakukannya dalam waktu dekat, penting bagi Anda untuk bersepeda dengan aksesoris bersepeda berkualitas baik.

Dari kebutuhan, seperti kunci dan lampu, hingga kemewahan, seperti jam tangan bersepeda dan pelatih turbo, lihat di bawah ini untuk mengetahui aksesoris bersepeda yang mungkin ingin Anda pertimbangkan sebagai pendatang baru di dunia bersepeda.

Berikut adalah 10  Perlengkapan wajib saat bersepeda :

Yang penting

Tidak ada keraguan bahwa aksesori bersepeda terkadang sedikit membingungkan, terutama ketika ada begitu banyak yang ditawarkan. Dengan mengingat hal itu, lihat rincian dan penjelasan hal-hal penting yang Anda perlukan di bawah ini untuk membantu menjernihkan semuanya:

Helm Bersepeda

Helm Bersepeda infomudah

Pertama dan terutama, tentu saja, helm bersepeda, yang bisa dibilang merupakan aksesori bersepeda paling penting yang pernah Anda miliki.

Meskipun setiap helm bersepeda akan menawarkan beberapa tingkat perlindungan, seperti sepeda itu sendiri, mereka berbeda dalam harga, kualitas, dan gaya. Tapi seperti kebanyakan hal di dunia bersepeda, semakin banyak Anda membayar sesuatu, semakin banyak Anda akan dapatkan, karena helm yang lebih ringan dan berventilasi lebih baik, semakin banyak  biaya. yang akan dikeluarkan

Selain anggaran, Anda juga harus mempertimbangkan kecocokan, karena berbagai produsen membuat berbagai bentuk helm, dan tidak semuanya cocok dengan bentuk kepala Anda.

Satu-satunya cara untuk menguji ini adalah pergi ke toko sepeda dan mencoba helm pilihan. Pastikan ukurannya pas tapi tidak terlalu kencang.

Jika Anda menemukan yang paling pas, tetapi memiliki beberapa titik tekanan, cobalah sedikit menggeser bantalannya.

Bergantung pada jenis bersepeda yang ingin Anda lakukan, Anda harus memikirkan gaya dan aerodinamika helm.

Helm Teardrop disukai oleh para profesional tur tapi belum tentu,cocok untuk bersepeda gunung, tetapi Anda masih bisa mendapatkan helm yang mendukung aerodinamika dan fleksibilitas.

Merek helm yang perlu dipertimbangkan termasuk Kask, Bontrager, Giro, Uvex, dan Bell.

Kunci sepeda D lock & chain lock

Setelah keselamatan, keamanan juga penting, dan tidak ada keraguan bahwa Anda akan memerlukan kunci sepeda.

Anda akan menemukan serangkaian kunci sepeda dengan kualitas dan jenis yang berbeda, tetapi mendapatkan yang terbaik untuk kebutuhan Anda sangat penting.

Cara terbaik untuk menilai kualitas kunci adalah dengan memeriksa label tingkat keamanannya . Ini adalah sistem keamanan tiga tingkat, dengan tingkat emas menawarkan tingkat keamanan tertinggi.

Kunci D Lock

Kunci D Lock infomudah

Mempertimbangkan panjang, berat, dan kekokohan, kunci D dianggap sebagai kunci paling tahan lama oleh komunitas bersepeda.

Mereka dapat digunakan untuk mengunci frame sepeda ke objek yang tidak dapat digerakkan atau untuk mengamankan roda ke frame. Namun, jika Anda berencana menggunakan kunci D, pastikan untuk menggunakan kunci kabel untuk mengamankan roda.

Kunci rantai

kunci rantai infomudah

Rantai  yang biasanya ditutupi oleh selongsong plastik, kunci rantai tersedia dalam beberapa ukuran dan ketebalan. Mereka dapat diamankan dengan kunci atau semacam kombinasi atau kode.

Kunci kabel

kunci kabel infomudah

Lebih fleksibel daripada kunci rantai, kunci kabel ringan dan terdiri dari serat logam yang saling terkait.

Mereka juga dapat dikunci melalui kode kunci atau kombinasi tetapi lebih rentan terhadap pencuri sepeda, yang dapat melihat melalui kunci kabel dalam hitungan menit.

Lampu Sepeda

lampu sepeda infomudah

Buat diri Anda dikenal oleh pengguna jalan lain, gunakan lampu sepeda

Apakah Anda bepergian larut malam atau pada hari berkabut, sangat penting bahwa jika Anda berada di jalan, Anda memiliki lampu sepeda yang dipasang di bagian depan dan belakang sepeda Anda.

Jadi sebelum Anda keluar sama sekali, Anda akan membutuhkan lampu putih yang menempel di bagian depan sepeda Anda dan yang merah terpasang di bagian belakang sehingga Anda dapat dengan mudah terlihat oleh pengendara lain dan pejalan kaki .

Kecerahan lampu sepeda diukur dalam lumen, dan untuk “lampu depan” Anda akan membutuhkan lampu dari 700 lumen, hingga 1000+,  yang bisa menghasilkan seberkas cahaya terang di beberapa jalan paling gelap.

Anda juga dapat membeli lampu “terlihat”, yang dirancang untuk digunakan di jalan yang terang. Ini cenderung mulai dari 100 lumens, tetapi semakin tinggi lumen, semakin banyak jalan yang bisa Anda lihat.

Lampu sepeda juga bisa dibeli sesuai anggaran Anda, karena Anda dapat menemukan beberapa Toko online seharga Rp 20.000, sementara yang lain, yang  menawarkan lebih banyak lumens, lebih dari Rp 100.000.

Lampu sepeda off-road juga dapat dibeli jika Anda ingin mengenai jalan setapak atau sedikit off-road pada malam hari, dan ini biasanya menawarkan sekitar 1000 lumens.

Apa pun yang Anda putuskan, selalu yang terbaik untuk mendapatkan lampu yang akan memberi Anda daya tahan baterai lebih dari yang Anda butuhkan sehingga Anda selalu memiliki cadangan.

Jika memungkinkan, bawa baterai tambahan jika Anda ingin bersepeda di malam hari.

Peralatan Perbaikan dan Suku Cadang.

Sama seperti Anda mungkin memiliki suku cadang dan alat aneh untuk memperbaiki sesuatu pada mobil atau sepeda motor Anda, Anda juga akan memerlukan alat perbaikan, suku cadang, dan alat untuk sepeda Anda.

Alat Multiguna

alat multiguna infomudah
Baik Anda seorang profesional atau pemula, komuter atau pengendara sepeda gunung, Alat Multiguna adalah peralatan penting yang ingin Anda miliki setiap saat.

Mampu muat di saku Anda, atau kantong pelana Anda, Alat Multiguna bervariasi dalam ukuran, berat dan harga.

Meskipun beberapa pengendara sepeda lebih suka membawa pilihan kecil alat pada orang mereka, Alat Multiguna ada di sana untuk membuat Anda dilindungi ketika yang terburuk datang ke terburuk, tidak peduli apa pun itu.

Alat Multiguna bervariasi dalam apa yang mereka tawarkan, tetapi potongan standar biasanya memiliki kunci pas, obeng  dan alat rantai.

Alat Perbaikan Ban

alat perbaikan ban infomudah

Anda dapat menemukan Alat Perbaikan Ban di mana saja, dari toko sepeda high-end setempat, hingga toko online.

Disarankan bahwa setiap pengendara sepeda memiliki beberapa kit Alat Perbaikan Ban di tangan, dan kabar baiknya adalah Anda biasanya dapat membeli satu dengan harga hanya beberapa puluh ribu rupiah .

Kit perbaikan bervariasi dalam kualitas tergantung pada berapa banyak yang Anda cari untuk dibelanjakan, tetapi Anda mungkin tidak akan menemukan kit yang paling mahal melebihi nilai 50.000 rupiah , dan pada akhirnya, mereka semua melakukan pekerjaan yang sama.

Alat khusus terdiri dari:

  1. Tambalan
  2. Tabung perekat
  3. Pengungkit ban
  4. Ampelas
  5. Kapur
  6. Krayon marker

Juga disarankan bahwa jika Anda bepergian dalam jarak yang sangat jauh, Anda membawa ban dalam cadangan dan pompa, terutama jika Anda sedang tur.

Meskipun sebagian besar ban dapat diperbaiki di jalan, jika Anda mendapati ban Anda kempes, ada baiknya Anda menyimpan cadangan ban di garasi atau di gudang.

Spatbor

spatbor infomudah

Kecuali jika Anda adalah jenis pengendara sepeda yang menyukai lumpur dan daerah pedesaan, sebagian besar pengendara sepeda menganggap spatbor sebagai bagian dari bersepeda setiap hari.

Mereka sangat penting jika Anda benar-benar bepergian ke tempat kerja, karena bahkan di kota-kota, Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan melewatkan lubang yang dipenuhi air.

Yang mengatakan, bagaimanapun, tidak banyak sepeda dilengkapi dengan spatbor , karena kebanyakan orang percaya bahwa itu mengurangi unsur mengendarai yang lebih sporty.

Ada dua jenis spatbor yang perlu Anda pertimbangkan, “spatbor tetap” untuk bingkai dengan mata spatbor, dan spatbor clip-on, yang untuk frame tanpa bingkai.

Intinya, spatbor ada di sana untuk menghentikan air keluar dari roda dan ke tubuh, dan semakin lama seorang spatbor semakin banyak perlindungan yang akan diberikannya.

Penting untuk diingat bahwa memiliki penutup di dekat ban Anda berarti Anda mungkin mengalami kebisingan tambahan saat mengendarai, karena spatbor dapat menggosok ban atau memantul saat Anda bersepeda, jadi ketika Anda memasangnya, pertimbangkan kualitas dan keamanan ban. jaga sebelum Anda pergi.

Ransel dan Tas Bersepeda

ransel atau tas infomudah

Bagi mereka yang bepergian atau mereka yang perlu membawa pekerjaan mereka, ransel bersepeda yang dirancang khusus sebagian besar merupakan bagian penting dari peralatan bersepeda .

Ada beberapa pengendara sepeda memilih tas yang dapat dipasang ke setang atau rangka sepeda.

Namun, sebagian besar pengendara sepeda akan memilih tas punggung daripada tas barang, karena ada keuntungan yang signifikan untuk memilikinya, karena tidak ada bahan yang perlu dipasang pada sepeda.

Jaket tahan air

jaket tahan air infomudah

Untuk mencegah hujan, jaket bersepeda harus pas dalam posisi bersepeda, dengan punggung dan lengan lebih panjang dari jaket biasa. Warna visibilitas tinggi dan bahan reflektif populer karena alasan yang jelas, dan jaket terbaik keduanya sepenuhnya tahan air dan berpori sehingga Anda tidak metasa kepanasan .

Demikianlah artikel mengenai 10  Perlengkapan wajib saat bersepeda, semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *