Info Hobi

10 Jenis Tenda Terbaik Untuk Berkemah

Tenda menyediakan salah satu kebutuhan paling mendasar dalam kehidupan yaitu sebagai tempat berlindung saat kita berada di alam. Tenda memiliki berbagai bentuk...

Written by Bambang Winarso · 4 min read >
tenda-dome

Tenda menyediakan salah satu kebutuhan paling mendasar dalam kehidupan yaitu sebagai tempat berlindung saat kita berada di alam. Tenda memiliki berbagai bentuk dan ukuran dan tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua solusi. Tenda yang sempurna adalah unik untuk setiap individu dan hal-hal seperti di mana Anda berencana berkemah, berapa banyak orang dengan Anda, dan jenis cuaca apa yang Anda harapkan semua ikut menentukan .

Berikut adalah 10 Jenis tenda terbaik untuk berkemah :

Tenda Dome

tenda-dome

Tenda kubah adalah desain yang paling umum saat ini dan berbentuk seperti kubah. Mereka memiliki dua tiang yang saling bersilangan di tengah dan melengkung sampai sudut tenda.

Gaya tenda ini mudah diatur dan memiliki titik tengah yang relatif tinggi sehingga memberi cukup ruang dan ruang atas yang luas. Tepi bulat memungkinkan tenda untuk menumpahkan air dan hujan, mencegah banjir di atas.

Banyak tenda kubah memiliki area teras kecil, dan beberapa desain memiliki tiang tambahan untuk membuat ruang teras lebih besar. Meskipun tersedia dalam berbagai ukuran, tenda kubah paling cocok untuk hingga empat orang, karena semakin besar mereka semakin tidak stabil.

Kelebihan :

Lebih ringan dari tenda lainnya, Jumlah ruang atas yang cukup, Mudah dipasang

Kekurangan :

Cenderung menangkap angin, Tidak semua memiliki ruang depan, Terbatas ukurannya

Tenda bentuk A-frame

Tenda-tenda ini sangat populer pada masa lalu dan merupakan desain tenda sederhana. Seperti namanya, Tenda ini berbentuk seperti huruf kapital A. Pada umumnya  terbuat dari bahan kanvas dan didukung oleh tiang baja di kedua ujungnya, memiliki bahan tahan lama akan memastikan tenda bertahan selama bertahun-tahun. Merupakan salah satu Jenis tenda terbaik untuk berkemah.

Kelebihan:

Mudah diatur, Sangat stabil, Memiliki banyak ukuran

Kekurangan :

Berat, Tidak banyak ruang atas, Besar saat dikemas

Tenda Multi Ruang

Tenda multi ruang lebih mirip rumah daripada tenda tradisional. Mereka dirancang untuk memiliki lebih dari satu kamar untuk privasi tambahan, penyimpanan perlengkapan tambahan, dan bisa untuk semua teman dan keluarga Anda. Kamar-kamar dipisahkan oleh pembagi di dalam tenda dan beberapa memiliki 2 kamar sementara yang lain memiliki hingga 5 kamar.

Tenda-tenda ini secara signifikan lebih besar dalam ukuran membuat mereka lebih sulit untuk dikemas dan lebih berat untuk dibawa. Memasang tenda ini membutuhkan  banyak latihan dan lebih banyak orang. Tenda multi kamar sangat cocok untuk kelompok besar dan keluarga dan memberikan privasi tambahan yang tidak akan Anda temukan di tenda lain.

Kelebihan :

Memiliki Cukup ruang, ada privasi, ada Beberapa kamar

Kekurangan :

Tidak stabil dalam angin kencang  Berat, Pemasangan agak sulit.

Tenda Backpacking

tenda-backpacking

Jika perjalanan jarak jauh merupakan tujuan Anda, menemukan tenda ultralight yang dengan mudah menahan semua jenis cuaca sangat penting. Tenda backpacking berukuran lebih kecil, ringan, dan sangat tahan lama.

Umumnya, tenda backpacking memiliki profil yang lebih rendah daripada tenda lainnya dan dirancang untuk 1 atau 2 orang. Lagipula, jika Anda berencana mendaki gunung , hal yang harus dihindari adalah membawa tenda yang berat dan tidak praktis. Dengan desain profil rendah dan bahan yang tahan lama, mereka lebih cocok untuk apa saja dan segala kondisi alam. Merupakan salah satu Jenis tenda terbaik untuk berkemah.

Kelebihan :

Lebih sedikit tiang, tidak banyak aksesoris, Ukuran kecil saat dikemas

Kekurangan :

Atap rendah, Kapasitas terbatas, Hanya dibuat dalam ukuran kecil

Tenda Geodesik dan Semi-Geodesik

tenda-geodesik

Tenda geodesik adalah perkembangan  desain produk tenda yang terbaru. Tenda geodesik merupakan variasi dari tenda kubah yang menawarkan peningkatan dukungan dan stabilitas. Tiang-tiang tenda saling bersilangan beberapa kali dan berpotongan membentuk segitiga, ini memberikan stabilitas maksimum dari angin dan cuaca.

Tenda semi-geodesi memiliki desain serupa hanya dengan tiang yang lebih sedikit dan tidak sekuat itu. Tenda-tenda ini digunakan oleh pendaki dan backpacker jarak jauh yang mungkin akan menghadapi angin kencang, hujan lebat, dan salju.

Kelebihan :

Sangat stabil, Mandiri, Ruang atas yang memadai

Kekurangan :

Ukuran besar dikemas,Pemasangan agak sulit,  Ukuran terbatas.

Tenda pop up

tenda-popup

Tenda pop up relatif baru tapi telah meningkat popularitasnya dalam beberapa tahun terakhir. Tenda-tenda ini dirancang dengan tiang bermuatan pegas yang bisa membuat tenda jadi hanya dalam beberapa detik. Tenda dibuat sangat ringan, super nyaman, dan cepat diatur.

Tenda ini bagus untuk  petualangan saat festival atau berkemah. Perlu diingat bahwa tenda-tenda ini tidak dirancang untuk bisa bertahanl dalam hal cuaca dan hujan, jadi rencanakan dengan tepat. Tenda pop up sangat nyaman dan bagus untuk digunakan dalam keadaan darurat atau sementara, namun untuk berkemah yang lebih serius, tenda kubah atau tenda geodesik adalah pilihan yang lebih praktis. Merupakan salah satu Jenis tenda terbaik untuk berkemah.

Kelebihan:

Pengaturan super cepat, Tidak ada tiang , Ukuran kecil dikemas

Kekurangan :

Tidak bisa tahan angin, Stabilitas yang rendah,Tidak untuk berkemah lama.

Tenda  Terowongan

tenda-terowongan

Tenda terowongan memiliki gaya yang mirip dengan tenda kubah, namun mereka diperpanjang di bagian tengah dan akhirnya menyerupai terowongan. Mereka diangkat dengan serangkaian tiang yang membungkus dari satu sisi tenda ke sisi lain memberi mereka bentuk bulat.

Stabilitas mereka berasal dari pasak tenda, tali ikatan, dan struktur tiang. Tenda-tenda ini hampir tidak pernah berdiri bebas dan bergantung pada sejumlah besar titik pasak, terutama karena ukurannya yang besar. Mereka memiliki langit-langit tinggi dan lebih banyak ruang daripada tenda standar, menjadikannya sangat cocok untuk kelompok orang yang lebih banyak .

Kelebihan :

Ringan, Panjang tiang identik, Rasio ruang terhadap berat yang baik

Kekurangan :

Harus dipasang dengan benar, Bisa melorot di tengah, kadang tidak tahan di angin kencang

Tenda Inflatable

tenda-inflatable

Tenda tiup adalah pendatang baru dalam dunia berkemah dan tiang karet adalah perubahan desain radikal dari tiang tenda standar. Alih-alih memiliki tiang aluminium atau plastik yang menahan tenda, mereka memiliki balok udara yang Anda tiup untuk mendukung struktur tenda.

Mereka membutuhkan pompa udara untuk mengembang. Mereka masih dalam tahap desain produk yang relatif awal dan tergantung pada pabriknya, daya tahan dan kemampuan mereka untuk menangani cuaca ekstrem sangat bervariasi. Merupakan salah satu Jenis tenda terbaik untuk berkemah.

Kelebihan :

Mudah mengembang, Pemasangan oleh 1 Orang,  Tidak ada tiang logam

Kekurangan :

Lebih berat dari model lainnya, Sebagian besar berukuran lebih kecil, Membutuhkan pompa udara

Tenda TeePee

tenda-teepee

Tenda-tenda TeePee dalam bentuk aslinya seperti tempat penampungan tertutup berbentuk segitiga yang digunakan oleh penduduk asli di seluruh dunia. Mereka adalah tenda berbentuk kerucut dengan penyangga tengah, dibungkus kain kanvas di sekitarnya, dan tali untuk penyangga.

Tenda teepee saat ini memiliki desain yang serupa, namun terbuat dari bahan modern. Dengan tiang pusat yang bertindak sebagai pendukung utama, tali dan pasak memainkan peran penting dalam memberikan struktur dan bentuknya. Semakin tinggi tenda, menjadi semakin tidak stabil.

Kelebihan :

Langit-langit tinggi 1 tiang, Mudah dipasang

Kekurangan :

Alas tidak selalu ada, Berat, Titik pasang tinggi

Tenda kabin

tenda-kabin

Tenda kabin biasanya terdiri dari tiang-tiang aluminium yang saling menyatu untuk menciptakan bingkai yang terlihat seperti kabin! Poliester tahan air, nilon, atau kadang-kadang bahan kanvas membungkus bingkai untuk membentuk dinding dan atap kabin yang menyediakan banyak ruang layak huni yang biasanya dapat Anda tinggali. Tenda kabin sering dibagi menjadi kamar-kamar dengan pembagi internal, menjadikannya pilihan sempurna  untuk berkemah bersama keluarga. Ideal untuk berkemah di cuaca cerah. Merupakan salah satu Jenis tenda terbaik untuk berkemah.

Kelebihan :

Luas, Murah, Cocok untuk keluarga dan kelompok besar, Anda bisa berdiri di dalamnya

Kekurangan:

Berat, Rumit dalam pemasangan, Tidak tahan angin dan cuaca.

Dengan semua pilihan dalam ukuran tenda, struktur, dan bentuk ada tenda untuk setiap kesempatan. Kuncinya adalah menemukan satu yang memenuhi kebutuhan Anda.

Tenda dimaksudkan sebagai tempat berlindung, tetapi yang lebih penting, tenda itu dimaksudkan sebagai tempat yang nyaman dan nyaman untuk bersantai di malam hari sebelum tidur. Jadi, temukan sendiri jenis tenda yang sempurna untuk anda.

Demikianlah artikel  tentang 10 Jenis tenda terbaik untuk berkemah, semoga bisa menjadi bahan referensi dalam membeli tenda yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Tips Merawat Bunga Krisan

Tips Merawat Bunga Krisan

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Calathea

Tips Merawat Calathea

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read
Tips Merawat Lidah Buaya

Tips Merawat Lidah Buaya

Irfan in Info Hobi
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *