Info Gadget

Spesifikasi dan Fitur pada Ponsel Huawei P40 Lite E

Membahas seputar ponsel rasanya tidak akan pernah ada habisnya bukan? Hal ini tentu disebabkan karena banyaknya produsen ponsel yang melepas berbagai varian...

Written by Rachmad · 3 min read >
Huawei P40 Lite E

Membahas seputar ponsel rasanya tidak akan pernah ada habisnya bukan? Hal ini tentu disebabkan karena banyaknya produsen ponsel yang melepas berbagai varian atau seri ponsel miliknya ke pasaran dalam waktu yang singkat. Perkembangan ponsel pun kini sudah semakin cepat karena setiap produsen berlomba-lomba mengeluarkan produk yang menarik di pasaran. Salah satu ponsel yang sedang diperbincangkan adalah Huawei P40 Lite E.

Meski mungkin belum banyak diminati, seperti layaknya ponsel besutan Oppo atau Redmi. Akan tetapi, sejumlah masyarakat sudah melirik ponsel buatan perusahaan Tiongkok ini sejak lama. Bahkan, kini produk seri ini juga sudah mulai dipasarkan di wilayah Eropa. Tak heran bukan, jika banyak yang memburu ponsel seri Huawei ini.

Ponsel Huawei seri ini sejatinya akan dipasarkan pada bulan Maret 2020.

Berbicara mengenai ponsel pintar atau smartphone, tentu Anda akan membayangkan ponsel tersebut dilengkapi dengan fitur dan spesifikasi yang mumpuni. Ya, memang rata-rata ponsel pintar yang dikeluarkan oleh sejumlah perusahaan memberikan fitur dan spesifikasi yang mumpuni layaknya Huawei P40 Lite E ini.

Huawei P40 Lite E_3

Fitur dan Spesifikasi Huawei P40 Lite E

Sama halnya dengan ponsel pintar lainnya, ponsel Huawei seri ini juga mengusung sejumlah fitur dan spesifikasi menarik yang membuat banyak masyarakat ingin memilikinya. Berikut fitur dan spesifikasi ponsel besutan Huawei ini.

Sistem Operasi

Mengingat sistem operasi yang digunakan saat ini pada ponsel pintar adalah Android. Tentu saja ponsel Huawei seri ini juga menggunakan sistem operasi berbasis Android 9.0 (Pie). Ini merupakan sistem operasi Android yang paling baru.

Layar

Di bagian layarnya sendiri, ponsel ini dibekali dengan layar IPS LCD capacitive touch screen. Sementara itu, ponsel ini memiliki ukuran layar yang cukup besar yaitu 6,39 inch beresolusi 720 x 1560 pixels. Ini membuat tampilan layar ponsel terlihat jernih dan enak dilihat.

Kamera

Memiliki ponsel pintar, tentu hal yang sering menjadi acuan ketika membeli adalah kualitas kamera yang dihasilkan dari ponsel tersebut. Ponsel ini dibekali dengan kamera  utama beresolusi 48 MP yang dapat merekam video dengan resolusi maksimal 1080 p.Sementara itu, kamera depan pada ponsel ini memiliki resolusi sebesar 8 MP yang cukup untuk mendukung aktivitas selfie Anda. Hasil kameranya sendiri terbilang cukup mumpuni dan cocok digunakan untuk mengabadikan momen sehari-hari.

Kamera pada ponsel ini juga dibekali dengan beragam fitur lainnya seperti layaknya ponsel pada umumnya, yaitu LED flash, HDR, dan panorama. Ketiga fitur tersebut dapat mendukung aktivitas Anda dalam membidik foto-foto menarik.

Memori

Di bagian memori, ponsel ini  dibekali dengan memori internal sebesar 64 GB dan dipadukan dengan RAM sebesar 4 GB yang mana cukup untuk menopang berbagai aplikasi dan data di dalamnya.

Konektivitas

Biasanya, Anda akan mencari ponsel dengan kemampuan konektivitas yang beragam. Sama halnya dengan ponsel-ponsel pada umumnya, Huawei seri ini juga mendukung berbagai konektivitas seperti WLAN, hotspot,  bluetooth, infrared, radio, NFC, GPS, dan USB.

Baterai

Selain kamera, kapasitas daya baterai pada ponsel juga menjadi salah satu yang patut dipertimbangkan. Ponsel Huawei ini dibekali dengan baterai Li-ion berkapasitas 4000 mAh yang tidak dapat dilepas.

Network atau Jaringan

Jaringan yang diusung pada ponsel ini cukup lengkap, yaitu 2G, 3,G, dan 4G. Sementara itu, teknologi yang diusung juga sama dengan ponsel lain di kelasnya yaitu GSM, HSPA, dan LTE. Kecepatan jaringannya dapat membuat penggunanya mengakses internet dengan cukup cepat.

Varian Warna

Ponsel ini tersedia dalam beberapa varian warna, yaitu biru dan hitam.

Harga Ponsel

Bagi Anda yang penasaran dengan harga jual produk ini. Ponsel ini dilepas ke pasaran dengan harga yang terbilang masih terjangkau, yaitu sekitar 2,5 jutaan. Rasanya harga demikian masih terbilang terjangkau mengingat fitur yang disematkan pada ponsel ini pun sudah sangat lumayan.

Jika Anda mencari ponsel yang didukung dengan fitur sidik jari atau fingerprint. Jangan khawatir karena ponsel ini juga dilengkapi dengan akses sidik jari atau fingerprint sehingga ponsel Anda akan tetap aman karena dilindungid engan fitur tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Ponsel Besutan Huawei

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli ponsel besutan Huawei. Alangkah lebih baiknya jika Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari ponsel tersebut. Berikut kelebihan dan kekurangan ponsel Huawei yang wajib Anda ketahui.

Kelebihan dari Ponsel Huawei

Berikut kelebihan dari ponsel besutan Huawei yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum membelinya.

Unggul dari Segi Kamera

Ponsel Huawei rupanya memiliki keunggulan di sektor kameranya. Soal kamera, produk Huawei memang selalu menjamin kualitasnya sehingga banyak masyarakat yang memilih menggunakan produk ponsel ini karena kameranya yang berkualitas.

Chipset Buatan Sendiri

Berbeda dengan ponsel lainnya, Huawei justru memiliki chipset buatannya sendiri yang mana dapat diberi nama HiSilicon Kirin.

R&D yang Baik

Ponsel buatan Huawei memiliki R&D yang baik dan dibuat dengan totalitas. Hal ini membuat Huawei menjadi perusahaan urutan ke-6 terbaik dalam urusan R&D.

Teknologi Pengisi Daya Cepat

Hampir sama dengan ponsel pintar lainnya, Huawei juga melengkapi ponsel-ponselnya dengan teknologi pengisi daya cepat sehingga Anda tidak perlu berlama-lama ketika mengisi daya pada ponsel Anda.

Pembaruan OS

Hampir dapat dipastikan bahwa ponsel Huawei selalu terdapat pembaruan OS sehingga ponsel selalu dalam keadaan prima untuk digunakan karena sistem operasinya selalu dapat diperbarui.

Mampu Kalahkan Apple dan Bersaing dengan Samsung

Ponsel Huawei sendiri rupanya mampu mengalahkan kejayaan dari Apple. Selain itu, kini ia sedang bersaing ketat dengan produk Samsung sehingga tidak perlu diragukan lagi bukan kualitasnya?

Kekurangan dari Ponsel Huawei

Berikut kekurangan dari ponsel Huawei yang dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum membelinya.

Kelas Middle-end dan Low-end Terbilang Biasa

Di kelas middle-end dan low-end ponsel Huawei terbilang biasa-biasa saja, tidak seistimewa ponsel dengan kelas tinggi.

Branding yang Kurang Kuat di Indonesia

Di Indonesia, produk ponsel Huawei terbilang memiliki branding yang belum kuat sehingga tidak banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Berbeda dengan ponsel besutan Samsung atau merek lainnya, Huawei masih dianggap sebelah mata, padahal produk dari Huawei juga tak kalah dari produk ponsel besutan produsen lainnya.

Cepat Turun Harga

Ponsel besutan Huawei sayangnya sangat cepat dalam penurunan harganya sehingga ketika Anda memutuskan untuk menjualnya kembali. Bisa jadi Anda mengalami kerugian karena harganya yang cenderung turun dengan drastis.

Jadi, dari segi kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh ponsel Huawei salah satunya seri Huawei P40 Lite E ini. Apakah Anda masih tertarik untuk menjadikannya ponsel pribadi Anda sehari-hari? Anda yang memutuskan dan semoga Anda tidak salah dalam memilihnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *