Info Gadget

Samsung Galaxy A11 Generasi Penerus A10S dengan Lubang di Layar

Persaingan dunia gawai semakin menggila. Setiap tahunnya selalu ada seri terbaru yang keluar dari produk bawahan nama besar merek ponsel pintar, seperti...

Written by Bambang Winarso · 3 min read >
Samsung Galaxy A11 Review

Persaingan dunia gawai semakin menggila. Setiap tahunnya selalu ada seri terbaru yang keluar dari produk bawahan nama besar merek ponsel pintar, seperti Xiaomi, Samsung, Oppo, Asus, dan masih banyak lagi. Tidak ingin kalah dengan Xiaomi, Samsung kembali meluncurkan produk series terbarunya. Sebelumnya sudah banyak bocoran kemunculan Samsung Galaxy A11 yang merupakan generasi penerus Samsung Galaxy A10S. Belum lama ini produk series terbaru tersebut resmi dikenalkan ke publik.

Samsung Galaxy A11 kini hadir dengan spesifikasi peningkatan standar yang digadang-gadangkan lebih baik lagi dari Samsung Galaxy A10S. Gawai ini akan bersaing dengan rivalnya yang baru saja rilis, yakni Xiaomi Redmi Note 9 Pro Max. Namun Samsung siap memanaskan persaingan dan mengedepankan low budget class dengan menghadirkan series Samsung Galaxy A11 akan menampilkan desain terbaru dan kamera yang lebih baik lagi.

Samsung Galaxy A11 Review

Layar Samsung Galaxy A11

Layar menjadi bagian paling sensitif sekali. Samsung mendesain layar dengan dimensi 6,4 inchi dan tampilan layar lebih tajam karena hadir dengan layar IPS LCD. Resolusi HD+ 720 x 1520 dengan kerapatan pixel mencapai 330 ppi.

Performa yang lebih menarik lagi dengan hadirnya Corning Gorilla Glass untuk melindungi dari benturan dan goresan. Desain yang cukup menarik terlihat tipis tetapi berkelas dengan tiga pilihan warna menarik, yakni putih, merah, dan hitam. Gawai ini juga dilengkapi dengan sensor fingerprint pada bagian belakang.

Prosesor Samsung Galaxy A11

Kelebihan performa dari Samsung Galaxy A11 akan dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 625 dan akan semakin ditunjang dengan CPU Octa Core. GPU Adreno kelas menengah untuk kebutuhan akan grafisnya. Sedangkan untuk RAM sendiri, menyediakan kapasitas yang cukup lega dengan RAM 2-3 GB dan memori internal dengan kapasitas 32GB untuk kebutuhan multitasking penggunanya.

Secara garis besar, MicroSD pengguna masih dapat mengekpansi slot MicroSD. Anda juga akan menjumpai fitur seperti wifi, bluetooth, GPS dan juga memungkinkan adanya fitur USB type C pada gawai ini.

Kamera Samsung Galaxy A11

 Salah satu yang menjadi kelebihan produk Samsung ialah fitur kamera.  Siapa yang tidak tergoda dengan fitur kamera? Semua pengguna gawai pasti mencari gawai dengan kualitas kamera terbaik atau dalam artian lebih unggul. Namun Samsung memang sudah lama menjamin dan memberi kelengkapan fitur kamera yang HD. Jika disandingkan dengan produk lain.

Samsung termasuk gawai yang masih unggul dalam hal kualitas kameranya. Apapun jenis atau tipe series yang anda gunakan akan menghasilkan gambar yang jernih dan yang tidak kalah penting ialah tingkat kefokusan kamera Samsung yang selalu terjaga dengan baik.

Apalagi sekarang dengan kehadiran Samsung Galaxy A11 dilengkapi dengan triple kamera bagian belakang. Di mana kamera belakang tersebut adalah kamera utama dengan kekuatan 13 MP, kamera kedua 5MP, dan kamera terakhir dengan 2MP. Performa triple kamera tersebut akan sangat menunjang pengambilan kebutuhan foto bagian belakang dengan menggunakan Samsung Galaxy A11.

Tidak hanya kemampuan pengambilan gambar yang bersih dan rapi. Kemampuan rekam video dengan menggunakan Samsung beresolusi sampai dengan Full HD dengan kamera depan yang memiliki resolusi 8MP. Meskipun resolusinya cukup kecil tetapi kamera dari Samsung memiliki kemampuan menghasilkan foto yang jelas dan sangat diandalkan.

Baterai Samsung Galaxy A11

Performa baterai termasuk pertimbangan yang paling sensitif  sebelum membeli gawai tersebut. Pada bagian baterai Samsung galaxy A11 menghadirkan baterai dengan kapasitas yang cukup besar, yakni 4.000 mAh yang sedia memberikan screen on time lebih lama pada gawai.

Untuk pengguna yang suka bermain gawai dalam durasi yang cukup lama dengan adanya baterai dengan kapasitas besar tersebut akan sangat berguna untuk kebutuhan pengguna gawai yang super aktif bermain media sosial. Samsung Galaxy A11 juga akan hadir dengan fitur pengisian cepat. Sehingga anda tidak menunggu lama saat melakukan pengisian baterai gawai. Namun berita ini masih belum ada kepastian atau hanya sebatas rumor.

Samsung galaxy A11 ini menjadi gawai masa kini yang dilengkapi fitur fast battery charging 15W. Hal ini menunjukan perbedaan yang signifikan terhadap produk Samsung Galaxy A11 dengan pendahulunya Samsung galaxy A10S. Jadi untuk kegabutan dan menunggu pengisian ulang baterai dapat diperbaiki dengan fitur yang lebih baik dari tipe sebelumnya. Setidaknya kehadiran Samsung Galaxy A11 mampu menutupi kelemahan daripada Samsung Galaxy A10S yang memakai microUSB 2.0 biasa.

Kelebihan Samsung Galaxy A11

Samsung Galaxy A11 memiliki layar punch hole yang diletakan di pojok kiri atas layar dan di bagian belakangnya dengan dukungan triple kamera. Body belakang masih terbuat dari material plastik polikarbonat. Diluncurkan secara diam-diam Samsung menyebutkan gawai terbarunya ini memiliki dimensi 161,4 x76,3 x 8,0 mm dan beratnya 177 gram lebih ringan dari pendahulunya.

Samsung Galaxy A11 dilengkapi dengan sistem operasi Android 10. Fitur yang dimiliki Android 10 antara lain, Dark Mode yang dapat diaktifkan melalui pengaturan quick-tile atau saat anda mengaktifkan opsi penghemat baterai. Selain itu, tangkapan layar yang dibagikan menunjukan mode gelap ini akan mempengaruhi Podcast, Photos, dan Search. Selanjutnya, Smart Reply yang merupakan salah satu fitur terbaik. Fitur ini dapat memprediksi apa yang akan anda katakan ketika merespons sebuah pesan dan penggunanya dapat menggunakan fitur ini di aplikasi WhatsApp dan Facebook Messenger.

Menu Sharing yang lebih baik.

Sebagian penggemar android mengkritik fungsionalitas platform yang lambat dan tidak intuitif. Menu berbagi yang dimaksudkan ialah untuk menjadi lebih cepat daripada menu yang lama dan diharapkan memudahkan pengguna ketika berbagi kontak dan aplikasi. Mode fokus yang terdapat dalam fitur Android 10 ini akan membantu anda mengatur aplikasi yang anda anggap dapat mengganggu dan menyembunyikan pemberitahuan mereka.

Terakhir, kelebihan dari sistem Android 10 memiliki akses cepat ke pengaturan. Dengan ini pengguna dapat mengakses pengaturan dengan mudah, mengatur WiFi, bluetooth, dan opsi konektivitas lainnya. Proses akses ini akan lebih mudah ketika anda memiliki gawai dengan sistem Android 10.

Tiga gawai Samsung yang lawas mendapatkan update terbaru Android 10 DAN One Ui2.0 adalah Samsung Galaxy 6 (2018), Samsung Galaxy A7(2018), dan Samsung Galaxy A80. Update Samsung tersebut akan mendapatkan Dark Mode, navigasi gestur baru, Digital Wellbeing, namun tidak memiliki screen recording seperti One Ui 2.0 kelas high-end.

Jika dilihat dari spesifikasi yang telah dibocorkan, Samsung galaxy A11 memungkin untuk diandalkan oleh pengguna gawai atau pecinta Samsung. Meski belum dapat diketahui dengan jelas kapan gawai ini akan dipasarkan di Indonesia.

Namun melihat spesifikasi yang dibawanya, tidak ada salahnya untuk berekspektasi lebih dulu. Sampai sekarang belum ada kejelasan harga Samsung Galaxy A11 masih dirahasiakan dan ketersediaannya cukup misterius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *