Info Gadget

Review Samsung Galaxy S20 Ultra, Spesifikasi dan Harganya

Peluncuran Series Galaxy S selalu menjadi suatu euforia setiap tahunya. Kali ini Samsung kembali dengan Galaxy S terbaru yaitu Samsung Galaxy S20....

Written by Bambang Winarso · 3 min read >
amsung Galaxy S20 Ultra

Peluncuran Series Galaxy S selalu menjadi suatu euforia setiap tahunya. Kali ini Samsung kembali dengan Galaxy S terbaru yaitu Samsung Galaxy S20. Yap Samsung tidak melanjutkan nomor serial dari tahun sebelumnya Samsung Galaxy S10.

Entah ini menjadi tren baru seperti sebelumnya Google tidak melanjutkan nama embel-embel makanan “dessert” pada versi Android-nya  dan sekarang Samsung, tapi apalah arti sebuah nama. Untuk Samsung Galaxy S20, Samsung meluncurkan tiga tipe yaitu Samsung Galaxy S20, Samsung Galaxy S20 Plus, dan Samsung Galaxy Ultra secara bersamaan, perdananya bulan Februari lalu di San Fransisco, Amerika Serikat.

Pada ketiga ponsel ini ada berbeda perbedaan terutama perbedaan yang sangat signifikan itu adalah pada harganya. Artikel kali ini akan lebih fokus untuk membahas Samsung Galaxy S20 Ultra.

amsung Galaxy S20 Ultra

Review Samsung Galaxy S20 Ultra

Perbedaan yang cukup mencolok antara Samsung Galaxy S20 Ultra dengan keluarganya yang lain di Samsung Galaxy S20 serie bisa dilihat dari spesifikasi kameranya, dimensi serta bentang layarnya, kapasitas baterainya, dan  sudah pasti harganya.

Samsung Galaxy S20 Ultra dibekali dengan kamera belakang wide angle dengan resolusi 108 MP (f/1.8), kamera ultra wide 12 MO (f/22), dan kamera  telefoto 48 MP. Untuk Kamera depan juga lumayan gede untuk resolusinya bisa mencapai 40 MP9(f/f2.2)

Samsung Galaxy S20 Ultra  memiliki ukuran yang lumayan jumbo dari saudara-saudara yang lainya yaitu memiliki 166.9 x 76.0 x 8.8 mm dengan berat sebesar 220 gram. Dari segi bentang layar juga Samsung Galaxy S20 Ultra lebih besar bahkan dari series Samsung yang lainya yaitu sebesar 6.9 Inch.

Untuk kapasitas Baterai, masing-masing dari anggota keluarga seri Samsung Galaxy S20 memiliki range perbedaan sebesar 500 mAh dengan Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki kapasitas baterai yang lebih gede yaitu sebesar 5000 mAh.

Anda masih penasaran bagaimana ulasan lengkap tentang spesifikasi dari Samsung Galaxy S20 Ultra ini? Silahkan simak review Samsung Galaxy S20 Ultra ini sampai selesai.

Harga

Untuk pasar Indonesia, Samsung Galaxy S20 Ultra dibandrol dengan harga Rp 18.499.000,00. Harga tersebut perbedaanya cukup mencolok dengan saudaranya yang di Galaxy S Series yaitu Samsung Galaxy S20 Plus dengan harga Rp. 14.499.000,00, dan Samsung Galaxy S20 dengan harga Rp. 12.899.00,00. Padahal dalam segi spesifikasi dan performa ketiganya tidak jauh berbeda.

Dapur Pacu

Untuk pasar Indonesia sendiri Samsung Galaxy S20 ditenagai dengan chipset besutan Samsung Exynos 990 yang performanya kurang lebih dengan chipset besutan Qualcom terbaru Snapdragon 865 dan juga dalam jantung pacunya sudah tertanam CPU Octa Core Up to 2.84 GHz yang pastinya Anda mau main game berat gimanapun ya pasti masuk. Untuk pemrosesan grafiknya Samsung Galaxy S20 Ultra dibekali GPU Mali-G77 yang sudah pasti lancar jaya jika ingin merender grafik yang lumayan berat. Untuk Sistem operasinya Samsung Galaxy S20 Ultra menggunakan Android 10 dengan antar muka besutan Samsung One UI 2.0.

Memori

Untuk mendukung performa dari prosesor seperti yang dijelaskan diatas, Samsung Galaxy S20 Ultra dibekali dengan RAM sebesar 12 GB dengan penyimpanan internal sebesar  128 untuk  pasar Indonesia. Penyimpanan internalnya masih terasa nanggung untuk Galaxy S Series yang ada embel Ultra-nya. Di pasaran luar Anda bisa menemukan varian dengan RAM 12 GB dengan Internal 256 GB dan RAM 16 GB dengan internal 512 GB.

Namun, Anda masih bisa meng-upgrade ukuran penyimpanan Ada dengan menambahkan MicroSD (Up to 128 GB) di penyimpanan eksternal.

Body

Dari segi desain, Samsung Galaxy memiliki dimensi 166.9 x 76.0 x 8.8 mm, bobot 222 gram, resolusi layar, 1440 x 3200, dan bentang layar 6.9 Inch. Lumayan besar, untuk Anda yang memiliki telapak tangan kecil memang akan terasa agak kurang enak buat digenggam, tapi dalam hal lain misalnya saat menonton video, atau bermain game, ukuran yang cukup besar ini lumayan membantu.

Kalo dilihat tampak depan maka akan terlihat layar dengan minim bezel, infinity-o. Tampak samping Anda akan menemukan tombol volume dan power. Sedangkan dari belakang yang sangat mencolok adalah modul kamera yang lumayan gede dan tebal. Samsung Galaxy S20 ultra dilapisi dengan body frame metalik yang dilapisi kaca Corning Gorilla pada bagian belakangnya. Untuk Pasar Indonesia, varian warna yang bisa Anda pilih antara lain Cosmic Gray, Cosmic Black, Cloud Blue, dan Cloud Pink.

Kelengkapan lain dari body Samsung Galaxy S20 Ultra antara lain slot MicroSd yang menyatu dengan Dual Sim Card Slot, port USB tipe C, Speaker, tapi sayang sekali tidak ada port jack audio.

Layar

Sama seperti Galaxy S10 series, Samsung Galaxy S20 Ultra sudah didukung layar Dynamic AMOLED 2x yang menurut Samsung merupakan teknologi layar paling cantik dari seri-seri sebelumnya. Samsung Galaxy Ultra juga memiliki bentang layar sebesar 6,9 inci dengan resolusi Quad HD Plus (1440 x 3200 piksel) serta kerapatan layar 511 ppi.

Layarnya sudah mempunyai lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 6 dengan fitur HDR 10+ dan refresh rate 120 Hz yang tentu saja selain membuat tampilan layar berkesan mewah, juga memberikan kualitas gambar yang jernih.

Kamera

Ada 4 kamera pada Ponsel ini. Kamera utama Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki resolusi sebesar 108 Megapixel dan didukung beberapa lensa pendukung seperti ultra wide, Depth Sensor Lens, dan kamera telefoto. Semua kamera tersebut memiliki fungsi berbeda-beda, namun sama-sama bisa diandalkan untuk menghasilkan foto berkualitas.

Dengan hadirnya kamera 108 Megapixel, tentu Galaxy S20 Ultra bisa menghasilkan foto dengan kualitas gambar lebih detail belum lagi ditambah dengan fitur terbaru dari Samsung yaitu nona-banding dimana nantinya 9 pixel dijadikan satu untuk menghasilkan gambar yang lebih jernih. Samsung Galaxy juga mendukung night mode pada seluruh kameranya. Lebih hebatnya lagi, smartphone ini dibekali lensa telefoto beresolusi 48 Megapixel yang memiliki kemampuan 10x Hybrid Zoom dan 100x Super Resolution Zoom. Disebut Super Resolution Zoom karena pada pembesaran diatas 10x nanti bukan pembesaran dari lensanya, tapi pembesaran digital.

Tak hanya kamera belakang yang cukup mumpuni, kamera depan nya juga tidak kalah mantap. Dengan kamera depan yang memiliki resolusi sampai 40 MO, ditambah fitur nona-banding tentunya kualitas foto yang dihasilkan akan sangat berbeda dibandingkan dengan lain yang seangkatan dengan nya. Ada juga fitur slow motion, dan dukungan Gyro-EIS yang membuat hasil video lebih stabil seperti menggunakan gimbal.

Baterai dan Konektivitas

Samsung Galaxy S20 Ultra didukung dengan baterai 5000 mAh yang mungkin dalam pemakaian normal dapat bertahan selama 2 hari. Selain itu ada fitur fast charging 45W yang membuat pengisian baterai 5000 mAh ini tidak akan lama.

Untuk konektivitas sayang sekali Indonesia masih belum memiliki dukungan sinyal 5G sehingga varian yang dijual di Indonesia hanya memiliki dukungan jaringan 4G ke bawahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *